Viral Cara Bersihkan Jeroan Sapi Kurban Pakai Mesin Cuci, 30 Menit Langsung Bersih!

Reporter : Sugiono
Selasa, 12 Juli 2022 13:48
Viral Cara Bersihkan Jeroan Sapi Kurban Pakai Mesin Cuci, 30 Menit Langsung Bersih!
Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk satu kali pencucian.

Dream - Kalau bisa cepat kenapa harus lama-lama. Begitulah caption yang ditulis Muhamad Haqimi Awang dalam video viral soal cara membersihkan isi perut hewan kurban baru-baru ini.

Dalam video itu memperlihatkan temannya yang hanya ingin dikenal sebagai Alim memasukkan isi perut sapi yang masih kotor ke dalam mesin cuci.

Lelaki 22 tahun yang hanya ingin disapa sebagai Kimi ini bercerita tentang rekaman video yang diunggah pada Idul Adha lalu, hingga memancing berbagai reaksi dari netizen.

1 dari 6 halaman

Kimi sendiri sebenarnya tidak pernah menyangka Alim bisa punya ide 'out of the box' membersihkan isi perut sapi menggunakan mesin cuci.

Acara pemotongan sapi di Pondok Pasir Tumbuh, Kelantan.© mStar

" Saat melihat dia melakukan itu, saya langsung kagum karena orang biasanya mencuci dengan cara manual. Tapi baru tahun ini ada yang membersihkan isi perut sapi pakai mesin cuci," katanya.

Bersihkan isi perut sapi pakai mesin cuci.© Video TikTok

Menurut Kimi, temannya bisa langsung mencuci isi perut sapi pakai mesin cuci karena kebetulan area penyembelihan hewan kurban itu dekat dengan rumahnya. Mesin cuci itu dibawa keluar dan digunakan untuk mencuci isi perut sapi.

2 dari 6 halaman

Video berdurasi 23 detik itu memperlihatkan Alim membawa nampan berisi isi perut sapi, mulai dari babat, usus, dan sebagainya. Isi perut sapi itu masih dalam kondisi kotor.

Bersihkan isi perut sapi pakai mesin cuci.© Video TikTok

Nampan yang penuh dengan isi perut sapi itu kemudian ditaruh di teras rumah. Tak jauh dari nampan itu diletakkan, terlihat sebuah mesin cuci dengan bukaan dari atas.

Bersihkan isi perut sapi pakai mesin cuci.© Video TikTok

Tak menunggu lama, Alim langsung memasukkan beberapa isi perut sapi ke dalam mesin cuci tersebut yang sudah diisi dengan air bersih.

Bersihkan isi perut sapi pakai mesin cuci.© Video TikTok

Setelah isi perut sapi sudah masuk semuanya, Alim menyalakan mesin cuci. Terlihat isi perut sapi itu dibersihkan seperti cucian pada umumnya.

Bersihkan isi perut sapi pakai mesin cuci.© Video TikTok

Begitu dirasa isi perut sapi sudah bersih Alim langsung mengangkatnya satu per satu, dan memasukkan ke dalam ember sebagai penampung sementara.

Bersihkan isi perut sapi pakai mesin cuci.© Video TikTok

3 dari 6 halaman

Kimi kemudian menjelaskan, ide Alim mencuci isi perut sapi pakai mesin cuci sebenarnya terinspirasi dari kebiasaan tukang jagal di sekitar kampungnya.

Menurut Kimi tukang jagal dan penjual daging di tempatnya biasa membersihkan isi perut sapi, kerbau, atau kambing memakai mesin cuci karena memudahkan pekerjaan mereka.

" Teman saya pakai mesin cuci karena rumahnya kebetulan dekat dengan tempat penyembelihan hewan atau biasa disebut rumah potong," kata pria asal Malaysia ini.

Jadi, aksi Alim membersihkan isi perut sapi pakai mesin cuci sebenarnya bukan hal yang baru. Tapi sudah jadi kebiasaan penjual daging di kampungnya yang berada di Pondok Pasir Tumbuh, Kelantan.

4 dari 6 halaman

" Sudah lebih dari lima tahun menggunakan metode yang sama sebelumnya. Untuk menghilangkan semua kotoran dengan mudah, kami mencampurkan bahan seperti kapur yang ditambahkan sebelum dicuci. Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk satu kali pencucian," jelas Kimi.

Kimi menambahkan mesin cuci itu tidak dibeli khusus untuk membersihkan isi perut hewan ternak. Mesin cuci sudah lama rusak, hanya pengeringnya yang berfungsi.

" Isi perut sapi itu dimasukkan ke dalam bagian pengeringnya karena mesin cuci itu sebenarnya sudah rusak. Dia tidak mau membeli yang baru hanya untuk mencuci isi perut sapi," ujar Kimi.

5 dari 6 halaman

Namun hasil dari mencuci isi perut sapi pakai mesin cuci tidak sepenuhnya bersih dibandingkan dengan cara 'manual'. Karena itu masih perlu dibersihkan lagi.

Bersihkan isi perut sapi pakai mesin cuci.© Video TikTok

" Tapi setidaknya pekerjaan kami jadi jauh lebih ringan karena hanya perlu mengikis dan membuang sisa-sisa kotoran yang menempel kuat.

" Buat mereka yang bilang kami harus beli mesin cuci hanya untuk membersihkan isi perut sapi, itu tidak benar. Mesin cucinya setengah rusak, dan kami hanya pakai bagian pengeringnya yang diisi air," pungkas Kimi.

Sumber: mStar

6 dari 6 halaman

      View this post on Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh mStar (@mstaronlineofficial)

 

Beri Komentar