Sempat Tumbang, Situs Kominfo Dapat Diakses Lagi

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 12 Februari 2019 12:38
Sempat Tumbang, Situs Kominfo Dapat Diakses Lagi
Peristiwa serupa juga terjadi pada Senin, 11 Februari 2019.

Dream - Laman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sempat lumpuh sekitar pukul 09.00 WIB. Tampilan layar situs www.kominfo.go.id hanya menampilkan gambar bertuliskan 500 internal error

Pesan itu biasanya muncul karena terjadi masalah pada server atau script yang tidak berfungsi dengan tepat.

" Maaf, halaman situs yang Anda cari tidak dapat ditemukan. Silakan periksa kembali alamat situs yang ingin Anda kunjungi," tulis halaman itu, Selasa, 12 Februari 2019.

Selang beberapa jam laman tersebut kembali dibuka. Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu menyebut, laman Kemkomfinfo sudah bisa diakses kembali.

" Layanan website www.kominfo.go.id milik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kembali dapat diakses oleh publik pada Selasa (12/2) pukul 10.30," kata Ferdinandus dalam keterangan resminya.

Ferdinandus mengatakan, gagal sistem pada laman Kemkominfo juga terjadi pada Senin, 11 Februari 2019 pukul 14.30 WIB. Di hari itu, kata dia, terjadi kegagalan fungsi sistem virtualisasi server Data Center Kementerian Komunikasi dan Informatika.

" Penyebabnya adalah salah satu host mengalami crash," ujar dia.

Ferdinandus menyebut, layanan website lain yang sempat terdampak kerusakan host tersebut antara lain laman kominfo.go.id, e-PPID, infopublik.id, dan balitbangsdm.kominfo.go.id.

Layanan website Kominfo, sempat pulih pada pukul 15.30 WIB sampai Selasa (12/02/2019) pukul 05.00 WIB, kemudian terjadi lagi crash yang menyebabkan layanan website belum bisa diakses lagi.

" Kami menyampaikan permohonan maaf kepada publik atas gangguan beberapa jam tersebut," kata dia.(Sah)

Beri Komentar
Siap Jadi Ayah, Raditya Dika Ingin Besanan Dengan Raffi Ahmad