Surat Einstein Tentang Tuhan Dijual Rp22 Miliar, Isinya...

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 10 Oktober 2018 11:14
Surat Einstein Tentang Tuhan Dijual Rp22 Miliar, Isinya...
Einstein mengkritisi konsep mengenai ketuhanan dan keagamaan.

Dream - Surat yang ditulis fisikawan dan salah seorang pemikir terbesar dunia, Albert Einstein diperkirakan mencapai angka US$1,5 juta. Surat Einstein itu ditujukan untuk mengkritik gagasan filsuf Jerman, Erik Gutkind mengenai konsep Tuhan.

Seorang spesialis manuskrip dan buku klasik, Balai Lelang Cristie, Peter Klarnet mengatakan, surat ini menarik karena dianggap sebagai salah satu pernyataan definitif dalam perdebatan agama versus sains.

Berdasarkan Fox6Now, surat itu ditulis dalam bahasa Jerman, setahun sebelum kematian Einstein. Surat itu dtranskripsikan dalam bahasa Inggris oleh Balai Lelang Cristie.

Dalam surat itu, salah satu yang disoroti yaitu posisi Einstein mengenai penjelasan agama dan sains.

" Kata Tuhan bagi saya tidak lebih dari ekspresi dan produk kelemahan manusia. Kitab suci adalah kumpulan legenda yang meskipun mulia tetap saja primitif dan kekanak-kanakan," tulis Einstein.

Pandangan itu bukan tanpa latar belakang. Pria berdarah Yahudi itu kehilangan kepercayaan terhadap agama ketika berumur muda dan terkadang menyebut dirinya sebagai agnostik.

Dalam surat itu juga terdapat pandangannya terharap Yudaisme, kepercayaan yang dianut komunitas Yahudi. Mengenai Yudaisme, Einstein menulis, " Sama seperti agama lainnya...mewujudnya roh (inkarnasi) merupakan tahayul."

Surat mengenai pandangan ketuhanan dari Einstein ini pernah terjual di situs jual beli elektronik eBay pada 2012. Jelang pelelangan, surat itu akan dipajang di Pace Gallery di San Fracisco akhir November 2018. Surat ini akan dilelang pada 4 Desember 2018.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Tutorial Liga Dangdut Indonesia Audisi Online