12 Manfaat Kopi Hitam yang Pahit Sebagai Masker dan Minuman

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Kamis, 19 Desember 2019 09:37
12 Manfaat Kopi Hitam yang Pahit Sebagai Masker dan Minuman
12 Manfaat Kopi Hitam yang Pahit Sebagai Masker untuk Wajah dan Minuman

Dream - Saat ini kopi menjadi salah satu minuman yang banyak digemari masyarakat. Jika kamu perhatikan, bisnis kopi mulai tumbuh dengan pesat karena peminatnya yang juga beragam.

Mulai dari anak muda hingga orang tua dari berbagai kalangan, semuanya mulai menggemari minuman dengan rasa pahit yang satu ini.

Namun, taukah kamu jika kopi memiliki manfaat untuk tubuh dan wajah?

Kopi mengandung banyak zat yang dipercaya dapat menumbuhkan perasaan bahagia, meningkatkan ingatan, dan hal positif lainnya.

Kandungan dalam kopi yaitu mangan, potassium, dan vitamin B2 yang baik untuk tubuh. Selain itu kopi juga bisa digunakan untuk merawat kesehatan kulit wajah, loh!

Penasaran dengan manfaat kopi? Berikut kami berikan informasinya:

1 dari 4 halaman

Manfaat Masker Kopi

Banyak produk perawatan wajah yang menggunakan kopi sebagai bahan dasar. Biasanya kopi digunakan sebagai masker untuk wajah. Ingin tahu manfaat kopi dalam bentuk masker? Simak tulisan berikut ini!

 

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

 Tips Melindungi Wajah dari Paparan Sinar Matahari dan Polusi© MEN

Manfaat kopi sebagai masker adalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kandungan antioksidan seperti polifenol pada kopi dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) sehingga kulit terhindar dari tanda-tanda penuaan.

Selain itu kopi juga dapat mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit serta membuat warna kulit menjadi lebih rata.

 

Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Manfaat kopi sebagai masker adalah untuk mengatasi masalah kerutan di bawah mata. Beberapa dari kamu yang sering tidur larut malam mungkin memiliki lingkaran hitam dan kerutan di bawah mata.

Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan masker kopi. Kandungan kafein dalam kopi dapat merangsang pelebaran pembuluh darah. Dengan begitu kulit di bawah mata akan mengencang secara alami.

 

Mencegah Radikal Bebas

Manfaat kopi sebagai masker adalah untuk mencegah radikal bebas. Masalah radikal bebas pada kulit dapat menyebabkan penuaan dini. Jika kulit kamu mengalami radikal bebas maka akan mulai muncul garis-garis halus, kerutan, dan menurunnya elastisitas kulit.

Dengan menggunakan masker kopi yang kaya akan antioksodan, maka kulitmu akan terhindar dari radikal bebas.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kopi untuk Wajah

Sebagai bahan alami, kopi juga memiliki berbagai khasiat yang baik untuk wajah. Saat ini sudah banyak orang yang mulai merawat kulit wajah dengan menggunakan kopi. Penasaran apa saja manfaat kopi untuk wajah? Berikut kami berikan informasinya!

 

Memutihkan Wajah

 8 Cara Memutihkan Wajah dengan Cepat dan Alami© MEN

Manfaat kopi untuk wajah adalah dapat membantu memutihkan dan mencerahkan kulit wajah. Kamu bisa mengguakan kopi sebagai scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga wajah akan terlihat lebih cerah. Berikut langkah-langkah penggunaannya:

- Siapkan 1 sendok makan kopi
- Siapkan 1 sendok makan gula
- Campurkan kedua bahan tersebut
- Tambahkan sedikit air
- Aduk hingga rata
- Aplikasikan pada wajah dengan menggosok secara perlahan

 

Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat kopi untuk wajah adalah dapat membantu mengecilkan pori-pori yang membesar. Berikut langkah-langkah penggunaannya:


- Siapkan 1 sdt bubuk kopi
- Siapkan 1 sdt gula
- Campurkan kedua bahan tersebut
- Tambahkan sedikit air
- Aduk rata hingga berbentuk pasta
- Gosokkan pada wajah secara perlahan untuk mengangkat sel kulit mati

 

Menghilangkan Komedo

Manfaat kopi untuk wajah adalah dapat membantu menghilangkan komedo. Scrub dengan bahan kopi dan gula bermanfaat untuk mengangkat kulit mati yang ada pada wajah.

Setelah kulit mati terangkat, maka wajah akan menjadi halus dan bersih dari komedo hitam. Berikut langkah-langkah penggunaannya:

- Siapkan 1 sdt bubuk kopi
- Siapkan 1 sdt gula
- Campurkan kedua bahan tersebut
- Tambahkan sedikit air
- Aduk rata hingga berbentuk pasta
- Gosokkan pada area komedo secara perlahan untuk mengangkat sel kulit mati

3 dari 4 halaman

Manfaat Kopi Hitam dan Pahit

Jenis minuman kopi yang dapat memberikan manfaat kopi secara utuh adalah kopi hitam dan pahit yang tidak dicampurkan dengan bahan lain seperti gula atau susu.

Namun tentunya kamu tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi kopi terlalu banyak. Ingin tahu manfaat kopi hitam dan pahit bagi tubuh? Simak ulasan berikut!

 

Mencegah Gigi Berlubang

 15 Cara Merawat Gigi Berlubang, Berbehel, dan Gigi Palsu© MEN

Manfaat kopi hitam bisa kamu gunakan untuk mencegah gigi berlubang. Kandungan kopi hitam dapat membunuh bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Dengan menggunakan kopi hitam kamu bisa tetap menjaga kesehatan gigi.

 

Mengatasi Stres

Manfaat kopi hitam adalah untuk mengatasi stres. Meminum kopi hitam dapat membuat kamu menjadi lebih tenang. Kandungan antidepresan pada kopi, baik untuk menenangkan otak dan membuat kamu menjadi lebih bahagia.

 

Membakar Lemak

Manfaat kopi hitam bagi kamu yang sedang menjalani diet adalah untuk membakar lemak pada tubuh. Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi lemak dalam tubuh. Dengan mengonsumsi kopi kamu bisa menurunkan berat badanmu.

4 dari 4 halaman

Manfaat Minum Kopi

Saat ini minum kopi sudah menjadi sebuah kebiasaan di kalangan masyarakat. Namun sudahkan kamu mengetahui manfaat kopi yang kamu minum? Jika belum, berikut kami berikan informasi manfaat kopi sebagai minuman!

 

Meningkatkan Energi

 5 Tips Usir Bete Saat Bekerja Pada Hari Libur© MEN

Manfaat kopi adalah untuk meningkatkan energi pada tubuh. Kandungan kafein pada kopi yang diserap oleh darah dapat menghambat neurotransmitter pada otak. Dengan begitu tubuh kamu akan menjadi lebih bugar, berenergi, dan bahagia.

 

Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat kopi adalah untuk meningkatkan daya ingat. Mengonsumsi kopi cukup ampuh untuk meningkatkan kemampuan otak. Kamu akan lebih mudah mengingat dan menghafal sesuatu. Selain itu kamu juga akan lebih cepat memahami informasi baru.

 

Menurunkan Berat Badan

Manfaat kopi bisa kamu gunakan untuk menurunkan berat badan. Kopi dapat membakar lemak dalam tubuh sehingga kamu dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Konsumsi kopi tanpa menambahkan komposisi tambahan seperti krim, gula, dan susu agar kamu bisa memperoleh manfaat kopi sepenuhnya.


(Laporan: Audila Rima Ndani/Sumber: Berbagai sumber)

Beri Komentar