8 Manfaat Masker Kopi Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Reporter : Ulyaeni Maulida
Jumat, 20 November 2020 09:20
8 Manfaat Masker Kopi Untuk Kesehatan Kulit Wajah
Kopi memiliki banyak kandungan baik yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Dream - Saat ini kopi menjadi salah satu minuman yang banyak digemari masyarakat. Jika kamu perhatikan, bisnis kopi mulai tumbuh dengan pesat karena peminatnya yang juga beragam.

Mulai dari anak muda hingga orang tua dari berbagai kalangan, semuanya mulai menggemari minuman dengan rasa pahit yang satu ini.

Banyak produk perawatan wajah yang menggunakan kopi sebagai bahan dasar. Biasanya kopi digunakan sebagai masker untuk wajah. Manfaat masker kopi pun begitu beragam.

Manfaat masker kopi untuk wajah ini didapat dari adanya berbagai kandungan nutrisi penting seperti riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), magnesium, kalium, dan berbagai senyawa antioksidan.

Nah, apasaja manfaat masker kopi untuk kesehatan kulit wajah? Simak ulasannya berikut ini.

1 dari 4 halaman

Manfaat Masker Kopi

Ilustrasi© Foto: MEN

 

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Manfaat kopi sebagai masker adalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kandungan antioksidan seperti polifenol pada kopi dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) sehingga kulit terhindar dari tanda-tanda penuaan.

Selain itu kopi juga dapat mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit serta membuat warna kulit menjadi lebih rata.

Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Manfaat kopi sebagai masker adalah untuk mengatasi masalah kerutan di bawah mata. Beberapa dari kamu yang sering tidur larut malam mungkin memiliki lingkaran hitam dan kerutan di bawah mata.

Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan masker kopi. Kandungan kafein dalam kopi dapat merangsang pelebaran pembuluh darah. Dengan begitu kulit di bawah mata akan mengencang secara alami.

Mencegah Radikal Bebas

Manfaat kopi sebagai masker adalah untuk mencegah radikal bebas. Masalah radikal bebas pada kulit dapat menyebabkan penuaan dini. Jika kulit kamu mengalami radikal bebas maka akan mulai muncul garis-garis halus, kerutan, dan menurunnya elastisitas kulit.

Dengan menggunakan masker kopi yang kaya akan antioksidan, maka kulitmu akan terhindar dari radikal bebas.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Manfaat Masker Kopi Selanjutnya

Ilustrasi© Foto: MEN

 

Mencegah Penuaan Dini

Adanya antioksidan di dalam kafein inilah yang dapat menyerang radikal bebas dan menghilangkannya. Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat merasakan manfaat masker kopi untuk wajah.

Kandungan dalam kopi akan meningkatkan penampilan keseluruhan kulit. Tak heran, kopi banyak digunakan sebagai krim siang dan malam anti-penuaan dalam hubungan dengan retinol. Kafein juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya berguna dalam mengurangi peradangan dan kemerahan di kulit.

Menghilangkan Mata Panda

Manfaat masker kopi untuk wajah selanjutnya dapat menghilangkan mata panda. Manfaat masker kopi ini didapat karena adanya kandungan kafein yang dapat merangsang pelebaran pembuluh darah. Sehingga mampu meningkatkan aliran darah yang dapat membantu kulit mengencang secara alami. 

Hasilnya berupa pengurangan penumpukan cairan di bawah mata. Hal ini bekerja akibat adanya senyawa kopi lainnya seperti asam klorogenik yang dapat mengurangi peradangan di sekitar mata. Untuk mendapatkan manfaat masker kopi ini, kamu bisa mengoleskan masker di sekitar mata.

3 dari 4 halaman

Manfaat Masker Kopi Berikutnya

Ilustrasi© Shutterstock

 

Meringankan Kondisi Jerawat

Manfaat masker kopi selanjutnya dapat meringankan kondisi jerawat. Hal ini dikarenakan adanya antioksidan, stimulant, dan asam klorogenat dalam kopi yang dapat menjadikannya scrub wajah yang efektif melawan jerawat.

Jerawat terjadi ketika minyak, sel-sel kulit mati, dan zat-zat lain menyumbat pori-pori yang dapat terinfeksi oleh bakteri dan mengakibatkan peradangan. Menggosok wajah dengan bubuk kopi dapat membantu membersihkan sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori.

Eksfoliasi Wajah

Bubuk kopi dapat dijadikan sebagai bahan eksfoliasi kulit wajah. Butiran kopi yang tidak larut dalam air ini sangat cocok untuk menggosok sel kulit mati pada wajah.

Hal ini dikarenakan terdapat asam caffeic, antioksidan yang dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini sel. Asam caffeic juga memiliki sifat antimikroba, yang berarti dapat membantu melindungi kulit terhadap kuman.

Mencerahkan Wajah

Manfaat masker kopi juga dapat digunakan untuk mencerahkan wajah secara alami. yaitu dengan mencampurkan kopi dan madu.

Manfaat ini didapat dari adanya kandungan antioksidan dan pelembap alami dalam kedua bahan ini, sehingga mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan juga merevitalisasi kulit wajah.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Masker Kopi

Ilustrasi© Freepik

 

Campuran Kopi dan Susu

Cara membuat masker kopi pertama adalah dengan mengaduk 1 sendok teh kopi bubuk dengan 1/2-1 sendok makan susu sampai mengental sempurna. Lalu oleskan di wajah yang sudah dibersihkan.

Diamkan 3-5 menit, kemudian pijat wajah dengan lembut. Diamkan lagi wajah selama 15-20 menit sampai masker di wajah mengering. Setelah itu, cuci dengan air dingin sambil pijat lembut wajah selama 1-2 menit untuk ekfoliasi sel kulit mati di wajah.

Campuran kopi dan susu akan membuat kulit lebih bersih dan halus. Jika kulit berjerawat, masker kopi ini juga akan mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Gunakan masker ini 2-3 kali seminggu untuk hasil maksimal.

 

Campuran Kopi, Kunyit, dan Yogurt

Campurkan 1 sdm kopi, 1 sdm kunyit, dan 1 sdm yogurt hingga teksturnya mengental. Lalu aplikasikan di kulit wajah yang bersih. Diamkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air biasa sambil melakukan pijatan ringan.

Vitamin C dalam kunyit akan mencerahkan kulit secara keseluruhan serta noda hitam di wajah. Kopi dan kunyit merupakan kolaborasi sempurna untuk membentuk kolagen yang menjaga kulit tetap kencang. AHA dalam yogurt berguna mengurangi jerawat, mencegah keriput serta tanda penuaan lain, memberi nutrisi, serta membuatnya lembap.

 

(Sumber: Dream.co.id dan Liputan6.com)

Beri Komentar