Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel Secara Alami

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Kamis, 31 Oktober 2019 14:10
Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel Secara Alami
Gigi kuning dapat membuat senyuman kamu terlihat tidak menarik, tetapi untuk mengatasinya tidaklah sulit.

Dream - Tertawa atau tersenyum adalah reaksi spontan manusia dalam menerima rangsangan sesuatu yang lucu atau menyenangkan. Kedua reaksi tersebut adalah energi positif yang penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tetapi, bagaimana jika gigi yang kita perlihatkan saat tersenyum atau tertawa berwarna kuning dan membuat orang-orang yang melihat kita menjadi tidak nyaman? Tentu saja tidak ada yang menginginkan hal itu terjadi.

Seiring bertambahnhya usia, warna gigi kita akan berubah dan itu adalah hal yang normal. Warna gigi kita yang awalnya berwarna putih bersih bisa secara normal berubah menjadi kuning kusam. Ada banyak penyebab gigi menjadi kuning. Selain karena faktor usia, makanan sehari-hari, hobi merokok, dan masih banyak lagi.

Banyak cara dalam mengatasi gigi menguning. Cara-cara ini dapat dilakukan sendiri di rumah atau pergi ke dokter gigi. Berikut akan kami jelaskan bagaimana cara memutihkan gigi kuning yang membandel secara alami dan cepat.

1 dari 3 halaman

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami.

© MEN

Ada banyak sekali cara memutihkan gigi yang dapat kita temukan. Cara-cara tersebut bisa kita temukan dimana saja, mulai dari internet, media cetak seperti majalah, bahkan bisa dari sebuah obrolan dengan kerabat atau teman dekat. Sering kali, proses cara memutihkan gigi yang kita dengar atau baca membutuhkan dana yang cukup banyak alias tidak murah.

Berikut ini akan kami berikan beberapa cara memutihkan gigi secara alami. Alat atau bahan yang digunakan bisa kamu temukan di sekitaran kita, jadi tidak terlalu merogoh kocek kamu.

Siwak

Siwak sejak dahulu kala sudah dipercaya dapat menjadi cara memutihkan gigi. Tidak hanya untuk memutihkan gigi, ada banyak khasiat siwak untuk gigi. Mulai dari menguatkan gigi, menghambat pertumbuhan bakteri, membersihkan plak, dan mencegah gigi berlubang. Produk-produk pasta gigi zaman sekarang bahkan sudah miliki varian kandungan siwak di dalamnya. Cara memutihkan gigi dengan siwak sangatlah mudah, tumbuk ujung siwak menjadi halus lalu gosok-gosokkan ke gigi seperti sikat gigi.

Daun Sirih

Apakah kamu pernah melihat kakek atau nenek kamu mengunyah sesuatu yang membuat mulut mereka berubah jadi merah? Itu dikarenakan mereka sedang menggigit daun sirih. Sama seperti siwak, daun sirih sejak dulu kala sudah menjadi resep tradisional secara alami untuk memutihkan gigi. Tidak hanya untuk memutihkan gigi, khasiat daun sirih juga bisa menguatkan gigi, menghentikan gusi yang berdarah, dan juga mampu mengatasi bau mulut. Ada banyak varian memanfaatkan daun sirih sebagai cara memutihkan gigi. Mulai dari mengunyah daun sirih seperti orang dulu lakukan, merebus daun sirih lalu air rebusannya digunakan berkumur, atau menumbuk daun sirih lalu dioleskan ke gigi secara merata.

Kulit Jeruk

Kandungan at pektin dan minyak atsiri dalam kulit jeruk berguna untuk memutihkan gigi dan menjaga kesehatan mulut secara alami. Cara memutihkan gigi dengan kulit jeruk yaitu:

1. Keringkan kulit jeruk di bawah dinar matahari sampai benar-benar kering.

2. Tumbuk sampai halus.

3. Campur dengan dengan air sampai menjadi pasta.

4. Gunakan pasta kulit jeruk tersebut sebagai pengganti pasta gigi.

Daun Salam

Daun ini memiliki banyak kandungan yang dapat menjaga kesehatan gigi secara maksimal. Kandungan tersebut antara lain Minyak atsiri, tannin, sitral, flavonoid, meta kavikol, kalsium, zat besi, kalium, magnesium dan juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B, C, dan D. Cara memutihkan gigi dengan daun salam yaitu:

1. Tumbuk daun salam sampai halus.

2. Campurkan dengan air sampai menjadi pasta.

3. Gunakan pasta daun salam ini sebagai pengganti pasta gigi biasanya.

Daun Mimba

Kandungan Azadirahtin dalam daun mimba dapat membunuh bakteri pada gigi dan membuatnya menjadi putih. Penggunaannya sebagai cara memutihkan gigi sama dengan membuat pasta gigi daun salam diatas.

2 dari 3 halaman

Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel

© MEN

Gigi kuning dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang saat tersenyum. Penyebab gigi kuning ada banyak, hobi merokok, sering minum kopi, bahkan faktor usia juga bisa menjadi penyebab gigi kamu menguning. Berikut akan kami berikan beberapa cara memutihkan gigi juning yang membandel.

Lemon

Kandungan asam dalam lemon mampu menjadi alkali alami dan membuat kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu, lemon juga mampu membunuh bakteri yang membuat gigi menguning. Cara memutihkan gigi dengan lemon yaitu:

1. Peras 1 buah lemon

2. Campurkan perasan lemon tersebut dengan segelas air hangat

3. Gunakan air campuran air hangat dan perasan lemon tersebut sebagai obat kumur, lakukan hal ini 3 kali sehari-hari

Jeruk nipis

Jika kamu kesulitan untuk menemukan lemon sebaga cara memutihkan gigi, maka jeruk nipis bisa menjadi penggantinya. Jeruk nipis juga memiliki kandungan yang dapat membunuh bakteri gigi menguning. Prosesnya juga sama seperti penggunaan lemon diatas.

Pinang

Kandungan zat astringent, hemostatik, dan tanin dapat mengatasi gigi kuning yang membandel. Cara memutihkan gigi menggunakan pinang yaitu:

1. Bakar biji buah pinang sampai hangus.

2. Tumbuk biji buah pinang tersebut sampai halus.

3. Hasil tumbukan biji buah pinang tersebut oleskan pada gigi secara merata.

Minyak Cengkeh

Tidak hanya untuk mengobati gigi yang sakit, minyak cengkeh juga bisa menjadi cara memutihkan gigi kuning yang membandel. Caranya sangat mudah, cukup oleskan minyak cengkeh ke gigi yang menguning secara merata.

Arang

Tidak disangka arang dapat menjadi cara memutihkan gigi kuning yang membandel. Sifat alkali pada arang dapat mengikis noda kuning pada gigi. Karena akan terlihat kotor, penggunaannya tidak usah terlalu banyak. Jenis arang yang digunakan pun hanya arang batok kelapa. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Tumbuk arang batok kelapa sampai halus, kemudian diayak.

2. Campur tumbukan arang batok kelapa tersebut dengan 1 sendok makan air perasan lemon.

3. Gunakan campuran tersebut sebagai pengganti pasta gigi biasanya.

3 dari 3 halaman

Cara Memutihkan Gigi dengan Cepat

© Dream

Banyak cara memutihkan gigi di luar sana. Jika kamu tidak puas dengan cara alami yang terbilang lambat mengatasinya, maka pergi ke dokter gigi adalah solusinya. Di dokter gigi, banyak solusi yang dokter berikan yang mampu secara cepat memutihkan gigi kamu.

Veneer

Veneer adalah cara memutihkan gigi yang paling populer. Veneer adalah lapisan tipis dari bahan khusus yang berguna untuk melapisi permukaan gigi. Bahan yang digunakan untuk melapisi bermacam-macam, termasuk porselen, komposit, dan keramik. Lapisan buatan ini dapat secara cepat membuat gigi kamu terlihat putih bersih. Veneer juga dapat memperbaiki struktur gigi yang ridak rata atau berantakan.

Meski efektif dan secara cepat memutihkan gigi, metode ini membuat gigi kamu lebih sensitif. Enamel gigi yang dikikis dalam proses pemasangannya menjadi penyebab gigi menjadi lebih sensitif. Lapisan veneer juga mudah mengalami kerusakan. Ketika kita menggigit atau mengunyah benda yang keras, lapisan veneer ini bisa longgar atau rontok.

Dental Bonding

Dental bonding adalah cara lain selain veneer untuk memutihkan gigi, bahkan lebih murah. Sama seperti veneer, dental bonding tidak hanya berhasil memutihkan gigi secara cepat. Dental bonding juga mampu memperbaiki kerusakan gigi, seperti memperbaiki gigi yang sudah lapuk dan retak, menutup celah kecil di antara gigi, bahkan mampu mengubah ukuran gigi.

Cara memutihkan gigi dengan metode dental bonding hanya membutuhkan waktu 30-60 menit. Dalam melakukan metode ini, dokter akan mengikir permukaan gigi kamu sampai kasar. Lalu dokter akan mengoleskan cairan khusus ke permukaan gigi kamu yang kasar sebagai at pengikat. Kemudian, dokter gigi akan meletakkan resin komposit di permukaan gigi yang bermasalah. Resin komposit merupakan bahan khusus yang mampu menggantikan struktur gigi yang hilang serta memperbaiki warna dan kontur gigi. Setelah dokter gigi meletakkan resin komposit di permukaan gigi kamu, dokter akan mengeraskannya menggunakan sinar ultraviolet.

Gel Pemutih

Gel pemutih gigi ini berwarna bening dan memiliki kandungan hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida adalah zat kuat yang banyak digunakan produk pembersih dan pemutih gigi. Cara pakainya sangat mudah, seperti pasta gigi pada umumnya. Cukup letakkan gel pemutih sebesar biji jagung ke sikat gigi, lalu oleskan ke permukaan gigi. Hasilnya akan terlihat setelah bebeapa kali pemakaian. Metode ini biasanya bertahan sampai 4 bulan lamanya.

Setrip Pemutih

Setrip pemutih ini berbentuk lembaran tipis transparan yang hampir tak kasat mata. Sama seperti gel pemutih, setrip pemutih juga mengandung hidrogen peroksida. Cara pemakaiannya sangat mudah, cukup tempelkan lembaran setrip pemutih langsung ke permukaan gigi. ratakan sesuai alur baris gigi. Biarkan setrip menempel di gigi kamu selama 30 menit. Lakukan metode ini 2 kali sehari selama 14 hari berturut-turut. Metode ini mampu bertahan sampai 4 bulan lamanya.

 

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

Beri Komentar