Cara Memutihkan Gigi Kuning di Rumah yang Simpel dan Alami

Reporter : Ulyaeni Maulida
Selasa, 26 Mei 2020 10:12
Cara Memutihkan Gigi Kuning di Rumah yang Simpel dan Alami
Apa penyebab gigi terlihat kuning?

Dream - Banyak faktor yang dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Salah satu peyebab utama gigi kuning adalah jenis makanan tertentu yang dapat merusak enamel atau lapisan gigi terluar. Selain itu gigi kuning bisa muncul karena penumpukan plak.

Perubahan warna pada gigi sebenarnya dapat diatasi dengan rajin menggosok gigi dan menggunakan cairan pemutih. Namun cara itu terkadang tak berhasil karena gigi masih saja terlihat kuning. Biasanya ini terjadi karena enamel keras yang telah terkikis dan memperlihatkan dentin di bawahnya. Dentin adalah jaringan bertulang kuning alami yang terletak dibawah enamel gigi.

Dilansir dari healthline.com, berikut cara simpel yang dapat dilakukan dirumah untuk membersihkan gigi yang terlihat kuning.

1 dari 5 halaman

Menarik Minyak

Minyak© Pixabay.com

Menarik minyak adalah salah satu pengobatan tradisonal yang berasal dari India. Cara tersebut dianggap ampuh meningkatkan kebersihan mulut dan menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Cara yang dimaksud adalah dengan mengoleskan minyak disekitar mulut untuk menghilangkan bakteri. Jika dibiarkan bersarang di gigi, bakteri akan berubah menjadi plak dan dapat menyebabkan gigi terlihat kuning.

Orang India biasanya menggunakan minyak wijen atau minyak matahari untuk menarik minyak di mulut. Namun secara umum, anda dapat menggunakan jenis minyak lainnya. Seperti contohnya minyak kelapa.

Minyak kelapa kaya akan manfaat. Rasanya yang cukup nikmat juga menjadi alasan penggunaan minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat yang berguna untuk mengurangi peradangan dan membunuh bakteri.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, penarikan minyak setiap hari dapat mengurangi bakteri dalam mulut bersamaan dengan plak yang menempel dan dapat meredakan radang gusi.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, streptococcus mutans adalah salah satu jenis bakteri utama dalam mulut. Bakteri tersebut dapat menyebabkan plak dan radang gusi.

Dalam studi lain menunjukkan, mengololesi mulut dengan minyak wijen secara teratur, dapat mengurangi bakteri streptococcus mutans secara signifikan dalam waktu 1 minggu.

2 dari 5 halaman

Menggosok gigi dengan baking soda

Gosok Gigi© Pexels.com

Soda kue memiliki kandungan pemutih alami. Hal inilah yang menjadikan baking soda sebagai salah satu bahan dalam pasta gigi komersial. Kandungan dalam baking soda mampu menghilangkan noda pada permukaan gigi.

Selain itu, baking soda juga menciptakan lingkungan alkali dimulut. Hal tersebut membuat bakteri sulit untuk bertumbuh.

Namun yang perlu diperhatikan adalah baking soda tidak dapat langsung terlihat memutihkan dalam waktu semalaman. Perlu usaha yang konsisten untuk melihat perubahannya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue, memiliki efek memutihkan yang signifikan. Salah satu studi menemukan bahwa, pasta gigi yang mengandung baking soda secara signifikan lebih efektif dalam menghilangkan noda kuning pada gigi. Dibandingkan dengan pasta gigi yang tidak menggunakan baking soda dalam bahan pembuatannya. Sehingga semakin tinggi konsentrasi baking soda, maka semakin besar pula efek yang diberikan.

3 dari 5 halaman

Menggunakan cuka sari apel

Cuka apel© Pixabay.com

Cuka sari apel telah digunakan sebagai produk pembersih alami dan disinfektan selama berabad-abad. Asam asetat yang merupakan bahan aktif utama dalam cuka sari apel, dapat berfungsi membunuh bakteri. Menurut penelitian, sifat antibakteri dalam cuka lah yang berguna untuk membersihkan mulut dan memutihkan gigi.

Namun yang perlu diingat adalah asam asetat yang terkandung dalam cuka, dapat mengikis enamol pada lapisan gigi. Untuk itu tidak disarankan menggunakan cuka setiap hari. Selain itu, sebaiknya cuka juga tidak boleh langsung bersentuhan dengan gigi.

Untuk menggunakan cuka sari apel, anda dapat membuatnya sebagai obat kumur. Encerkan dengan air dan oleskan disekitar mulut. Setelah itu bilas dengan air putih. Batasi penggunaan cuka hanya 2-3 kali seminggu.

4 dari 5 halaman

Mengkonsumsi buah dan sayuran

Buahan© Pexels.com

Dikutip dari healthline.com, buah dan sayuran mentah dapat membantu menghilangkan plak saat anda mengunyah. Strawberry dan nanas adalah dua buah yang diklaim dapat membantu memutihkan gigi.

Strawberry

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa campuran strawberry dan baking soda menghasilkan sedikit perubahan pada warna gigi dibandingkan dengan produk pemutih komersial.

Para pendukung metode ini mengklaim bahwa, asam malat yang ditemukan dalam strawberry akan menghilangkan perubahan warna gigi, sementara baking soda akan dapat menghilangkan noda pada gigi.

Meskipun strawberry dapat membantu mengelupas gigi dan membuatnya tampak lebih putih, strawberry tidak dapat menembus noda pada gigi.

Penelitian menunjukkan bahwa pasta strawberry dan baking soda memiliki efek mengikis enamel pada gigi. Sehingga dalam penggunaanya tidak dianjurkan untuk dilakukan setiap hari. Kamu dapat menggunakannya 2-3 kali dalam seminggu.

Untuk menggunakan obat alami ini, kamu bisa menghaluskan strawberry. Kemudian campurkan dengan baking soda dan gosok campuran tersebut ke gigi.  

5 dari 5 halaman

Nanas

Sebuah penelitian menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung bromelain atau enzim yang ditemukan dalam nanas, secara signifikan lebih efektif untuk menghilangkan noda pada gigi dibanding pasta gigi standar lainnya.

Konsumsilah buah-buahan dan sayuran segar secara teratur untuk membantu menghilangkan plak dan menjaga gigi tetap cerah.

Beri Komentar