Manfaat Minyak Kelapa untuk Gigi

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Senin, 21 Oktober 2019 16:48
Manfaat Minyak Kelapa untuk Gigi
Mengganti pasta gigi dengan minyak kelapa bisa membuat gigi lebih sehat dan putih, benarkah?

Dream - Minyak kelapa ternyata tidak hanya bagus untuk merawat rambut. Minyak kelapa juga dipercaya mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Minyak alami yang diekstraksi dari daging kelapa ini mengandung lemak jenuh tinggi dan sangat berkalori. Minyak kelapa juga mengandung jumlah trigliserida tinggi berbentuk asam laurat.

Kandungan itu baik untuk membunuh bakteri, jamur, dan virus berbahaya dalam tubuh. Selain itu juga mampu membasmi dan mencegah pertumbuhan bakteri di mulut, terutama penyebab infeksi gusi dan pembusukan gigi.

Kita bisa memanfaatkan minyak kelapa sebagai pengganti pasta gigi atau sekadar memakainya untuk berkumur. Perawatan rutin memakai minyak kelapa ini, baik untuk kesehatan gigi dan mulut, seperti berikut ini.

1 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Gusi

Bukan cuma untuk gigi saja, memakai minyak kelapa sebagai pasta gigi dan obat kumur alami, ampuh memperkuat gusi dan membuatnya tetap sehat. Senyawa aktif dan kandungan antioksidan dalam minyak kelapa sangat baik untuk memperkuat gusi.

 Manfaat Minyak Kelapa

Ditambah dengan kandungan antibakterinya, dijamin gusi akan terhindari dari berbagai masalah seperti peradangan. Luka di gusi akan lebih cepat sembuh, apabila menggunakan perawatan minyak kelapa secara rutin.

Sahabat Dream bisa langsung memakai minyak kelapa dan menggosokkannya ke gigi dengan sikat gigi. Atau bisa mencampur beberapa tetes minyak kelapa ke dalam air hangat dan berkumur dengan larutan tersebut.

Lakukan perawatan ini minimal 2 hingga 3 kali dalam sepekan, dan lakukan secara rutin.

2 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Kelapa untuk Mencegah Karang Gigi

Minyak kelapa mengandung nutrisi dan vitamin yang membuat bakteri dalam mulut mati, terutama bakteri penyebab karang gigi. Masalah karang gigi menjadi masalah gigi yang umum terjadi, tapi kerap menjadi masalah serius dan membuat gigi berlubang.

 Manfaat Minyak Kelapa

Untuk mengatasi masalah tersebut, biasanya kita akan disarankan melakukan pembersihan karang gigi di dokter gigi. Selain itu, ternyata kita juga bisa melakukan perawatan gigi sendiri di rumah mengggunakan bahan alami, lebih aman dan lebih mudah dilakukan dengan menggosok gigi rutin menggunakan minyak kelapa.

Kita bisa membuat pasta gigi alami dari minyak kelapa dengan mencampur soda kue dan minyak kayu manis. Aduk dan gunakan adonan untuk menggosok gigi. Lakukan perawatan sederhana ini secara rutin dan dapatkan perubahan pada gigi setelah beberapa pekan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Kelapa untuk Memutihkan Gigi

Tidak hanya sehat, memakai perawatan alami minyak kelapa juga bisa membuat gigi tampak lebih putih bersinar. Tentu gigi putih menjadi impian setiap orang. Tidak hanya mampu meningkatkan kepercayaan diri saja, gigi putih biasanya menjadi tanda gigi sehat.

 Manfaat Minyak Kelapa

Kandungan alami pada minyak kelapa mampu menghilangkan bakteri dalam mulut, mencegah karang gigi dan membuat warna kuning gigi hilang. Dengan begitu, gigi tampak lebih bersih dan berkilau. Cukup dengan melakukan perawatan rutin, seperti perawatan mencegah karang gigi.

Selain bisa mencampurnya menjadi pasta gigi alami, minyak kelapa bisa dijadikan obat kumur alami. Cukup campurkan beberapa tetes minyak kelapa ke dalam wadah yang sudah berisi air hangat. Setelah itu, aduk larutan sampai menyatu. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur, setidaknya 3-4 kali dalam sepekan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Kelapa untuk Masalah Bau Mulut

Ada banyak masalah kesehatan gigi dan mulut, salah satunya bau mulut. Masalah gigi dan mulut ini umumnya disebabkan oleh penumpukan sisa makanan di dalam mulut, sehingga memunculkan bau mulut yang kurang sedap.

 Manfaat Minyak Kelapa

Pemicu penumpukan sisa makanan ini akan semakin bertambah parah bila ada gigi berlubang parah. Sisa-sisa makanan akan bersembunyi di sela lubang dan membusuk di dalamnya. Inilah penyebab umum bau mulut.

Walau begitu, kita tidak boleh menganggapnya serius, karena sisa-sisa makanan ini bisa memburuk dan mengundang bakteri. Bila itu sudah terjadi, bau mulut akan sulit dihadapi dan semakin bertambah parah. Untuk mengatasinya, Sahabat Dream bisa membuat obat kumur alami dari minyak kelapa dan rutin menggunakannya setiap hari.

5 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Kelapa untuk Mencegah Peradangan di Dalam Mulut

Peradangan menjadi penyebab utama banyak masalah kesehatan, dan bisa muncul di hampir setiap bagian tubuh manusia. Pemicu peradangan ialah radikal bebas. Bila peradangan dibiarkan begitu saja, dapat menyebabkan masalah kesehatan lebih serius, seperti infeksi dan kanker.

 Manfaat Minyak Kelapa

Masalah peradangan tentu sangat mengganggu mulut. Bahkan ada peradangan di mulut yang bisa menyebar ke area tenggorokan hingga dinding dan rongga mulut.

Peradangan bisa terjadi di gusi atau gigi, dan menyebabkan berbagai masalah mulut. Untuk mengatasi dan mencegah masalah peradangan di mulut, kita bisa memanfaatkan obat kumur alami dari minyak kelapa secara rutin.

Siap senyum indah dengan gigi putih? Manfaatkan minyak kelapa, yuk!

Sumber: Times of India dan berbagai sumber lain

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting