Cara Membuat Masker Kain dari T-Shirt Tak Terpakai

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Rabu, 8 April 2020 18:12
Cara Membuat Masker Kain dari T-Shirt Tak Terpakai
Ini dia cara membuat masker kain dari T-Shirt Lama. Semoga bermanfaat.

Dream - Virus Corona penyebab penyakit Covid-19 membuat semua orang di semua negara waspada. Saat ini setiap orang, tak hanya orang sakit, diimbau selalu menggunakan masker saat keluar rumah mereka.

Dengan persediaan masker medis yang hampir mengalami kelangkaan di seluruh dunia, penggunaan masker kain masih bisa digunakan sebagai alternatif penyaring dari virus corona. Masyarakat diimbau untuk mengutamakan kebutuhan masker bedah dan N95 untuk tenaga kesehatan dan dokter yang bersinggungan dengan pasien Corona Covid-19.

Masker kain memang tidak bisa 100 persen efektif menyaring semua virus berukuran mikro. Namun masker kain bisa minimal mencegah separuh kemungkinan kamu terpapar penyakit Covid-19. Kabar baiknya, kamu bisa mencoba membuat masker kain sendiri di rumah lho.

Berikut Dream berikan panduan cara membuat masker kain yang mudah menggunakan t-shirt lama kamu.

1 dari 7 halaman

Panduan DIY

 Ilustrasi© twitter @lee_gsc

Dilansir dari laman twitter @lee_gsc, seorang wanita membagikan panduan DIY membuat masker dari T-Shirt bekas.

" CDC sekarang merekomendasikan masker untuk digunakan masyarakat. Berikut panduan membuat masker dari t-shirt (tanpa mesin jahit!)" tulisnya.

Bahan yang diperlukan:

  • Kain katun campuran polyester (kain terbaik untuk digunakan sebagai masker dan membuat kita tetap bisa bernapas dan nyaman)
  • Jarum dan benang jahit

2 dari 7 halaman

Membuat Masker

Langkah pertama, potong kaos seperti yang digambarkan dibawah ini. Potong kedua lengan untuk alas masker. Potong bagian bawah hem dan lipatan ketiak menjadi dua bagian yang sama masing-masing untuk membuat tali masker.

 Ilustrasi DIY© twitter @lee_gsc

 

Waktu nya menjahit!

  • Jahit sisi-sisi lengan pundak bersama-sama dua kali (jahitan akan berada di luar topeng)
  • Jahit tali ujung bawah ke bagian bawah topeng
  • Jahit tali ketiak ke bagian atas topeng
  • Jahit bagian sisi topeng tertutup

Nantinya akan berbentuk seperti ini

 Ilustrasi Masker© twitter @lee_gsc

 

Tambahan : Jahit 1/4 inci bagian kain di bagian atas masker dan jahit bersama untuk memastikan masker pas di wajah.

Sesuaikan dengan bentuk wajahmu. Cobalah masker yang sudah dibuat dan cek apakah perlu memperpendek tali atau tidak. Jika kamu lebih suka masker yang lebih rapat, kamu bisa melipat bagian bawah masker ke arah luar.

 Ilustrasi Masker© twitter @lee_gsc

 

Sudah jadi. Mudah kan. Sahabat Dream juga bisa mencobanya di rumah ya.

(Sah, Sumber Boredpanda)

3 dari 7 halaman

Aturan Pakai Masker Kain Agar Maksimal Cegah Virus Corona

Dream – Masker kain buatan sendiri memang tidak sepenuhnya bisa mencegah tertular virus corona Covid-19. Dikabarkan kemampuan masker ini hanya 70 persen untuk menangkat virus corona. Dengan stok masker medis yang terbatas, masker kain ini lebih baik digunakan daripada tidak sama sekali.

Penyebaran virus yang sangat cepat dan kepanikan sejumlah masyarakat yang menimbun masker kesehat telah membuat tenaga medis kekurangan pasokan. Raina Maclntyre, Kepala Program Penelitian Biosecurity di Universitas New South Wales di Australia mengatakan tragedi pandemik ini menyebabkan kematian di masyarakat dan tenaga medis makin tinggi karena mereka tak mendapatkan masker medis yang layak. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, (CDC) merekomendasikan penggunaan masker kain buatan rumah jika tak ada pilihan lain. Meski kemampuan penyaringan virus oleh masker ini tak sepenuhnya mengurangi risiko terpapar corona karena biasanya kain cenderung lembab dan sering digunakan kembali.

4 dari 7 halaman

Masker Kain Buatan Sendiri Adalah Pilihan Terakhir

 Masker Kesehatan by Shutterstock© (Foto: Shutterstock)

Melansir dari Live Science, peneliti dari Australia itu akhirnya mengatakan jika masker kain adalah pilihan terakhir yang harus digunakan timmedis ketika merawat pasien. Hal ini lebih baik daripada merawat pasien tanpa menggunakan masker sama sekali.

Sementara laporan The Journal Disaster Medicine and Public Health Preparedness, menemukan bahwa masker bedah tiga kali lebih efektif daripada masker kain untuk mencegah penyebaran flu. Karena masker kain lebih longgar, tidak seperti masker N95 yang dirancang ketat untuk menyaring partikel virus yang sangat kecil.

Kesimpulan dari jurnal tersebut adalah masker kain buatan sendiri hanya dijadikan sebagai upaya terakhir, karena lebih baik daripada tidak menggunakan sama sekali.

5 dari 7 halaman

Peneliti dari Universitas Cambridge di Inggris menerbitkan instruksi tentang aturan pakai masker kain agar maksimal cegah virus corona. Nah, untuk rinciannya mari kita simak ulasan di bawah ini: 

  1. Pastikan anda terhindar dari kontak dekat dengan orang yang kelihatan tidak sehat atau yang sedang sakit demam dan batuk.
  2. Jika anda batuk dan bersin usahakan untuk menutupi hidung dengan tangan atau tisu, jangan lupa tisu bekas bersin segera dibuang.
  3. Jangan lupa untuk mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air untuk mengurangi penyebaran virus dari tangan ke tangan.
  4. Bersihkan permukaan benda keras seperti gagang pintu dengan pembersih.
  5. Apabila anda sedang merawat seorang penderita flu, gunakan masker untuk menutupi hidung dan mulut untuk mengurangi risiko penularan. 

 

6 dari 7 halaman

Cara Pakai Masker Kain Buatan Sendiri

 Ilustrasi© Pexels

Para peneliti menganjurkan untuk mengikuti instruksi cara memakai masker kain untuk cegah virus corona. Berikut ulasannya: 

  1. Gunakan warna kain yang berbeda antara bagian sisi luar dan sisi dalam untuk membedakan sisi yang terkontaminasi.
  2. Pastikan jika anda menggunakan masker kain untuk mencucinya setiap selesai dipakai. Cucilah masker dengan menggunakan cuci.
  3. Lepaskan masker kain anda dengan menarik tali dari bagian belakang kepala anda dan Tarik ke depan. Jangan sampai tangan anda menyentuh bagian body masker.
  4. Apabila anda lupa menyentuhnya, maka cucilah tangan anda dengan sabun dan air sebelum dan sesudah menyentuh masker.

7 dari 7 halaman

Sementara itu, bagi anda yang bukan merupakan tenaga medis, dengan kata lain anda adalah masyarakat pada umumnya, penggunaan masker adalah membantu mencegah anda menyebarkan virus ke orang lain. Sebenarnya penggunaan masker sangat kecil kemungkinannya dapat melindungi anda tetap aman dari virus.  

Sehingga, cara paling aman untuk melindungi diri anda dari virus corona adalah tetap tinggal di rumah. Jika terpaksa harus keluar, maka penggunaan masker kain ini disarankan daripada tidak menggunakan sama sekali. Dan jangan lupa untuk mengikuti aturan pemakaian masker kain agar maksimal mencegah virus corona.

Beri Komentar