Suka Pakai Alat Catok? Pastikan Rambut Tetap Sehat

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 17 Mei 2021 14:12
Suka Pakai Alat Catok? Pastikan Rambut Tetap Sehat
Penggunaan flat iron bisa membuat rambut rusak jika dilakukan setiap hari.

Dream - Pemakaian alat penata rambut/ flat iron memang bisa membuat rambut lebih. Sayangnya,  jika digunakan setiap hari tanpa heat protector dan perawatan rutin bisa membuat rambut rusak parah.

Banyak kaum hawa yang tidak bisa menghindari pemakaiannya. Jika kamu salah satunya, penting mengetahui cara merawat rambut lebih intens agar kesehatanya tetap terjaga. Tak rontok atau pecah-pecah.

Dilansir dari Fustany.com, berikut hal yang harus dihindari ketika ingin menggunakan alat penata rambut bersuhu panas.

1 dari 5 halaman

1. Menggunakan alat penata rambut ketika rambut masih basah

Hal utama yang harus diperhatikan ketika ingin menata rambut adalah memastikan rambutmu sudah benar-benar bersih dan kering.

Jika tidak, kamu bisa membahayakan folikel rambut dan membuatnya rusak. Akhirnya, rambutmu bisa patah, kering, kusut, kusam serta bercabang.

2. Tidak membagi rambut menjadi beberapa bagian

Meski tidak terlalu berdampak pada kesehatan rambut, namun hal ini bisa membuat penampilanmu terlihat berantakan.

Kamu juga akan lebih berpotensi menggunakan alat penata rambut berlebihan di bagian tertentu.

Oleh karena itu, bagilah rambut menjadi beberapa bagian untuk memastikan pemakaian alat penata tidak berlebihan.

2 dari 5 halaman

3. Tidak mengatur suhu alat penata rambut dengan benar

Setiap jenis rambut memiliki suhu yang tepat ketika menggunakan alat penata rambut. Hal ini ditujukan untuk menghindari rambut rusak.

Bacalah petunjuk pada alat penata rambut yang digunakan untuk mengetahui suhu tepat untuk kesehatan rambutmu.

4. Tidak membersihan alat penata rambut

Masih banyak orang yang tidak membersihkan alat penata rambut setelah memakainya. Padahal, sisa kotoran dan minyak bisa menumpuk serta menyebabkan kerusakan rambut.

Paling tidak, bersihkanlah alat penata rambut seminggu sekali agar tetap bersih dan aman untuk kesehatan rambutmu.

5. Menarik rambut terlalu keras

Mungkin, kamu pernah melakukannya sendiri atau mengalaminya ketika menata rambut di salon. Hal ini sangat berbahaya untuk rambutmu karena bisa membuatnya rontok.

Tariklah rambut sedikit demi sedikit agar tidak membahayakan kesehatannya. Cara ini juga bisa membuat rambutmu terlihat lebih natural. (mut)

3 dari 5 halaman

3 Langkah Perawatan Rambut Setelah Keramas

Dream - Mengetahui cara pemakaian produk kecantikan sangat penting untuk penampilanmu. Pasalnya tanpa mengetahui cara pemakaian yang tepat, produk kecantikan tidak akan efektif menjaga kesehatan kulit maupun rambut.

Kamu pun harus menggunakannya dengan urutan yang tepat agar produk kecantikan menumpuk di permukaan dan justru mengakibatkan masalah kulit maupun rambut.

3 Langkah Perawatan Rambut Setelah Keramas© MEN

Jika sudah mengetahui urutan pemakaian produk perawatan kulit, kini saatnya mencari tahu urutan pengaplikasian produk perawatan rambut. Dilansir Makeup.comberikut urutan pemakaian produk perawatan rambut agar pemakaiannya lebih efektif.

4 dari 5 halaman

Langkah 1: Menyisir rambut setelah keramas

Setelah keramas menggunakan sampo dan conditioner, sisirlah rambutmu menggunakan sisir yang bergigi renggang. Sebelumnya, kamu juga bisa menggunakan detangler spray untuk menjaga kelembapan serta kesehatan rambut.

Langkah 2: Menggunakan mousse atau spray yang mampu membuat rambut lebih bervolume

Langkah ini sangat penting jika rambutmu mudah berminyak dan terasa cukup 'berat'. Gunakanlah mousse atau spray yang dapat memberikan volume, sehingga rambut terasa lebih ringan. Aplikasikan pada kulit kepala hingga ke batang rambut.

5 dari 5 halaman

Langkah 3: Menggunakan heat protector atau oil

Perawatan Rambut Penting Pasca Persalinan© MEN

Setelahnya, kamu bisa menggunakan heat protector jika ingin menata rambut dengan alat penata bersuhu panas atau mengaplikasikan minyak rambut untuk mengunci kelembapan. Pemakaian heat protector sangat penting untuk menjaganya tetap sehat serta kuat meski terpapar suhu panas.

Beri Komentar