Budaya Unik Betawi yang Dapat Kamu Temui di Sudut Jakarta

Reporter : Shania Suha Marwan
Jumat, 1 Juli 2022 09:48
Budaya Unik Betawi yang Dapat Kamu Temui di Sudut Jakarta
Yuk temukan beberapa budaya unik khas Betawi, di sudut Jakarta

Dream - Baru saja berulang tahun yang ke-495 pada Rabu, 22 Juni 2022 kemarin, namun semarak Ibu Kota DKI Jakarta masih tetap kita rasakan hingga detik ini.
 
Apalagi perayaan di Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair masih berlangsung hingga 17 Juli 2022 mendatang di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.
 
Terkenal dengan ikon kebudayaan suku Betawi, di Jakarta sendiri merupakan tempat pendatang dengan perpaduan aneka suku bangsa dan ragam etnis seperti Sunda, Jawa, berbagai pulau dari Indonesia Timur, Malaka di semenanjung Malaya, hingga Tiongkok dan Gujarat di India.
 
Tapi, untuk mengenal lebih dalam budaya Betawi, kamu bisa ketahui dengan megunjungi beberapa tempat di sudut Jakarta. Atau justru sebenarnya kamu sering melewati lokasi-lokasi ini sebagai jalur aktivitas?

Simak yuk!

1 dari 1 halaman

Daerah mana saja, ya?

Cagar Buah Condet 

Pertama kamu bisa menemukan cagar buah khas Ibu Kota, yang berada di Condet, Kramat Jati. Di area seluar 3,7 hektare ini, kamu dapat menemukan buah asli khas Betawi, yaitu, salak dan duku condet yang diproduksi langsung di sini.

Kampung Rawa Belong

Sahabat Dream tentu sudah tidak asing dengan sosok legenda Betawi, Si Pitung. Yup, sang legenda ini dikabarkan lahir di Kampung Rawa Belong.

Pemukiman yang berada di Palmerah ini merupakan tempat berkembangnya seni persilatan Betawi, Cingkrik.

Kampung Setu Babakan

Beralih ke ujung Jakarta Selatan yang dekat dengan Depok, Jagakarsa, di sini ada kampung Setu Babakan, yang menjadi kampung wisata kebudayaan Betawi.

Di sini kamu dapat mencoba ragam wisata budaya seperti menyaksikan pagelaran seni musik, tari, dan teater tradisional khas Betawi.

Jangan lupa untuk melihat langsung aktivitas perkampungan budaya dan prosesi adat, membatik, serta membuat bir pletok.

Ilustrasi© shutterstock

Monumen Ondel-Ondel

Ondel-ondel merupakan maskot khas Betawi, kamu ingin melihat ondel-ondel dengan ukuran raksasa?

Mampir ke Monumen Ondel-Ondel di Kemayoran dengan mengajak si kecil dan seluruh anggota keluarga.

Sumber: Indonesia.Travel  

Beri Komentar