Imigrasi Luncurkan 'Jalan Tol' Buat WNA Premium yang Ingin Tinggal di Indonesia

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 23 Desember 2022 08:36
Imigrasi Luncurkan 'Jalan Tol' Buat WNA Premium yang Ingin Tinggal di Indonesia
Berbagai layanan dikelola instansi masing-masing sektor dan daerah berdasarkan kewenangan yang dimilikinya.

Dream - Second Home Visa secara resmi diluncurkan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly pada Rabu, 21 Desember 2022 kemarin di Tanjung Pinang Kepulauan Riau. Kebijakan baru ini disebut sebagai jalan tol bagi Warga Negara Asing (WNA) kelas premium karena berisi beragam kemudahan. 

Peluncuran second home visa dilakukan lebih cepat tiga hari dari ketentuan dalam Surat Edaran Dirjen Imigrasi nomor IMI-0740.GR.01.01 TAHUN 2022 yang menetapkan tanggal 24 Desember 2022 mendatang.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Imigrasi Widodo Ekatjahjana sembari menjelaskan analogi 'jalan tol' Imigrasi untuk memudahkan masuknya wisatawan mancanegara, global talent, pebisnis, dan investor global.

" Di 'jalan tol' itu juga disediakan ‘rest area’ yang mana ada outlet-outlet layanan sektoral dan daerah, seperti layanan izin untuk investasi, izin untuk pariwisata, layanan untuk berbisnis properti, layanan untuk izin ketenagakerjaan, layanan izin untuk bangun pabrik, perusahaan dan lain-lain,” jelas Widodo secara terpisah pada Senin, 19 Desember 2022.

Widodo mengatakan berbagai layanan di outlet-outlet tersebut dikelola instansi masing-masing sektor dan daerah berdasarkan kewenangan yang dimilikinya.

1 dari 6 halaman

Widodo juga mengharapkan outlet-outlet tersebut bisa memberikan sejumlah promo menarik, diskon dari layanan-layanan yang diberikan untuk menarik minat WNA premium masuk dan tinggal di Indonesia dengan masa tinggal lima atau 10 tahun.

Kebijakan Second Home Visa di Kepulauan Riau dibuat dengan pertimbangan Imigrasi ingin memberikan stimulan pengembangan sektor kepariwisataan, bisnis, dan investasi di wilayah Kepri (Kepulauan Riau).

Alasan kedua adalah jumlah kunjungan wisatawan terbesar dari 2021 hingga saat ini adalah wisata mancanegara asal Singapura. Diketahui, wilayah Kepri sendiri secara geografis berbatasan langsung dengan wilayah Singapura.

“ Dalam hal ini Imigrasi ingin turut menggenjot masuknya wisatawan mancanegara, pebisnis dan investor global untuk masuk ke wilayah Kepri sekaligus bersama dengan pemerintah pusat dan daerah untuk meningkatkan pembangunan di wilayah Kepri,” ungkap Widodo.

2 dari 6 halaman

Kebijakan ini diharapkan dapat mendorong pengembangan sektor properti dengan menjadikan Second Home Visa sebagai fasilitas izin masuk dan tinggal bagi WNA yang berminat memiliki properti di Indonesia.

Widodo juga berharap kebijakan ini mampu mendorong iklim bisnis properti di dalam negeri yang makin meningkat.

“ Dalam rangka sinergi dan kerja sama dengan instansi lainnya, kami harapkan kebijakan second home visa dapat mendorong K/L (Kementerian/Lembaga) lain yang terkait bisa memberikan kemudahan-kemudahan layanannya di tengah situasi ekonomi global seperti sekarang ini,” tegas Widodo.

(Sah, Sumber: Imigrasi.go.id, Laporan: Rena Safira)

3 dari 6 halaman

Jangan Takut Kelaparan, Ini Daftar Restoran Halal Indonesia di Singapura

Dream - Mayoritas penduduk Singapura memang bukan Muslim. Namun bukan berarti traveler Muslim bakal kesulitan menemukan restoran halal bila melancong ke Negeri Singa itu.

Wisatawan Muslim dijamin bisa mudah menemukan restoran halal di Singapura. Sehingga tidak perlu meragukan kehalalannya.

5 Rekomendasi Kegiatan Seru di Jakarta ala Gen Z

Sudah begitu, banyak menu yang dijual di resto-resto halal tersebut hampir sama dengan masakan Indonesia. Sehingga tak perlu khawatir dengan selera lidah pelancong dari Indonesia.

Jika sedang berada di Singapura, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat makan masakan Indonesia yang halal:

 

 

4 dari 6 halaman

Kintamani Indonesian Restaurant

Saat bingung ingin makan masakan Indonesia di Singapura, kita bisa berkunjung ke Kintamani Indonesian Restaurant, tempat makan yang menyajikan beragam makanan Indonesia dengan konsep buffet. 

© Ilustrasi/Shutterstock

3 Wisata Alam Menakjubkan di Maroko, Jiwa Jelajah Bakal Memanggil Para Traveler

Di sini kamu bisa menemukan masakan tradisional Bali dan masakan Indonesia lainnya, seperti gulai tunjang, sop buntut, ayam panggang, dan masih banyak lainnya. 

Jangan khawatir soal kehalalan makanan di sini, karena restoran ini sudah memiliki sertifikasi halal. Selain itu, kamu juga bisa mampir dan shalat di musolah yang disediakan.

  • Tok Tok Indonesian Soup House

Makanan yang paling direkomendasikan di sini adalah soto madura. Namun, kita juga bisa mencicipi siomay bandung, nasi campur bali, mie ayam bakso, dan nasi kuning.

© Ilustrasi/Shutterstock

Jangan lewatkan juga makan roti bakar dan es cendol di restoran yang sudah mendapatkan sertifikasi halal ini! 

5 dari 6 halaman

Cumi Bali

Jika ingin makan santai, kita bisa berkunjung ke Cumi Bali yang menawarkan beragam masakan Indonesia dan Bali. Mulai dari olahan ayam, seafood, dan daging, semua bisa ditemukan di sini. 

© Ilustrasi/Shutterstock

5 Spot Cantik untuk Menikmati Keindahan Danau Toba

Makanan yang paling direkomendasikan di sini adalah cumi bali. Cumi yang dibakar dan disajikan dengan saus hitam manis. 

  • Bebek Goreng Pak Ndut

Di Lucky Plaza terdapat sebuah kedai Bebek Goreng Pak Ndut yang menyajikan bebek goreng krispi dengan kremesan dan sambal yang mengunggah selera. Jika kamu tidak makan bebek, kamu juga bisa mencoba ayam penyetnya. 

© Ilustrasi/Shutterstock

6 dari 6 halaman

Tambuah Mas Indonesian Restaurant

Menyajikan beragam masakan rumahan dengan style makanan Padang dan Jawa, kita bisa datang ke sini jika kangen masakan rumahan. Mencoba tahu telur yang resepnya sudah diturunkan dari beberapa generasi rasanya akan membuat kamu merasa kenyang. 

  • Warong Nasi Pariaman 

Sejak tahun 1948 restoran padang ini menjadi salah satu restoran padang tertua di Singapura. Pastikan kamu datang ke sini sebelum jam makan siang, jika tak ingin mengantre terlalu panjang. 

Wahana Super Nintendo World Hadir di AS, Debut Februari 2023 di Universal Studios Hollywood

© Ilustrasi/Shutterstock

Kamu bisa makan masakan Indonesia yang beragam, mulai dari ayam opor, begedil, dan ikan bakar sambal balado yang lezat. 

Sumber: Have Halal Will Travel

Beri Komentar