Dream - Platform perjalanan digital Agoda mengungkap tren perjalanan dan pertumbuhan daya tarik Indonesia sebagai detinasi wisata.
Menariknya, Korea Selatan masuk dalam lima besar daftar pencarian destinasi ke Indonesia untuk perjalanan inbound (wisatawan asing yang berkunjung ke sebuah negara).
Dream - Platform perjalanan digital Agoda mengungkap tren perjalanan dan pertumbuhan daya tarik Indonesia sebagai detinasi wisata.
Menariknya, Korea Selatan masuk dalam lima besar daftar pencarian destinasi ke Indonesia untuk perjalanan inbound (wisatawan asing yang berkunjung ke sebuah negara).
Agoda yang berbasis di Singapura, merupakan bagian dari Booking Holdings yang kini tersedia dalam 39 bahasa, memiliki 6.900 staf di 25 negara. Data ini mengambil dari pencarian akomodasi yang dilakukan di Agoda antara bulan Januari hingga Juni 2024 atau semester 1 tahun 2024.
ungkap Senior Country Director Agoda Indonesia, Gede Gunawan dalam Media Gathering di Jakarta Selatan, Selasa, 6 Agustus 2024.
Hasilnya, sebagian besar pencarian ke Indonesia berasal dari wisatawan Singapura, Malaysia, disusul Eropa, Australia kemudian Korea Selatan.
" Yang baru tentunya adalah Korea Selatan, ini Korea Selatan memang baru naik peringkat ke peringkat 5 untuk pencarian Indonesia," ungkap Gede.
" Jadi banyak korea yang suka sekali, selain mengunjungi Bali juga mengunjungi destinasi lain. Seperti Lombok, Labuan Baju dan lainnya," lanjutnya.
Ketertarikan wisatawan Eropa ke Indonesia juga meningkat, dengan kenaikan sebesar 23% dalam pencarian pada semester pertama 2024 dibandingkan tahun lalu. Sebagian besar pencarian Eropa berasal dari Prancis, Inggris, Jerman, Belanda dan Spanyol.
Selain Korea Selatan, menurut Gede, India juga menjadi pasar baru untuk Indonesia. Terlihat dari ketertarikan wisatawan India ke Indonesia.
Indonesia menjadi destinasi top 3 untuk wisatawan asal Australia, India, Malaysia, dan Belanda.
" India pasar baru untuk Indonesia... India adalah penduduk kedua terbesar di dunia dan mulai mengenal Indonesia," ungkap Gede.
Bali yang sangat populer tercatat sebagai tiga destinasi terfavorit bagi wisatawana asal India dan Belanda.
Kemudian Bali menjadi destinasi utama bagi wisatawan Australia dan Selandia Baru.
Indonesia juga menjadi destinasi yang semakin populer di kalangan wisatawan asal Asia Utara.
Pertumbuhan dari Asia Utara telah meningkat pada enam bulan pertama tahun ini, dengan pencarian akomodasi dari Hong Kong naik 57%, Korea Selatan naik 54%, Jepang naik 50%, dan Taiwan naik 38%, dibandingkan semester pertama 2023.
Data lain dari Agoda juga menunjukkan, Indonesia masuk sebagai destinasi pencarian utama untuk outbound (wisatawan yang meninggalkan negara asalnya untuk berkunjung ke negara lain) bagi negara Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang dan Korea Utara.