Keindahan Penajam Paser Utara, Ibu Kota Baru Indonesia

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Senin, 26 Agustus 2019 17:17
Keindahan Penajam Paser Utara, Ibu Kota Baru Indonesia
Pulau Kalimantan punya pesona alam yang menakjubkan. Itu sudah diakui.

Dream - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengumumkan lokasi yang akan menjadi Ibu Kota Negara baru menggantikan Jakarta. Lokasinya akan terletak di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur. 

Kabupaten Penajam Paser Utara terkenal dengan bentang alamnya yang indah. Bahkan Kabupaten ini juga jadi salah satu destinasi menarik yang banyak dikunjungi. 

Penajam Paser Utara memiliki wilayah seluas 3.333.06 kilometer persegi dan dihuni oleh 190.536 jiwa. Kabupaten muda yang baru diresmikan pasa 2002 lalu ini memiliki 4 kecamatan dan 24 kelurahan.

Kawasan ini juga memiliki potensi alam yang indah. Mulai dari air terjun, bukit, hingga pantai-pantainya yang menakjubkan. Berikut 5 wisata Penajam Paser Utara yang bisa dijadikan rekomendasi liburan.

1 dari 5 halaman

Air Terjun Tembinus

Salah satu tempat wisata alam yang terkenal di Penajam Paser Utara ialah Air Terjun Tembinus yang kerap disebut dengan Niagara Tembinus. Air terjun dengan ketinggian sekitar 20 hingga 25 meter ini berlokasi di Kecamatan Sepaku.

Air Terjun Tembinus© https://indonesia.travlr.com/details/niagara-tembinus-29003


Untuk bisa mencapai lokasi air terjun ini, kamu harus menyisir medan yang cukup sulit. Medan tersebut hanya bisa dilalui sepeda motor menuju Tembinus dengan kondisi jalan yang belum beraspal sepenuhnya.

Rasa lelah perjalanan akan terbayar lunas dengan suguhan pemandangan air terjun yang sangat menyejukkan. Bebatuan dan tebing menambah cantik pemandangan air terjun yang mengalir melewatinya.

Pengunjung juga bebas berenang di aliran air terjun yang dipenuhi bebatuan kali yang besar. Bagi yang ingin mengunjungi air terjun ini disarankan untuk tidak datang saat hujan, karena sangat berbahaya.

2 dari 5 halaman

Penangkaran Rusa Penajam

Rusa menjadi salah satu satwa yang mudah ditemui di Kalimantan Timur. Ada satu tempat penangkaran rusa di Penajam Paser Utara yang sangat terkenal.

Bagi kamu yang ingin menikmati waktu liburan dengan memberi makan rusa, sangat disarankan mengunjungi penangkaran ini.

Penangkaran Rusa Penajam© https://www.youtube.com/watch?v=DhG4_993Ulk#action=share


Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Penajam. Sekitar 90 menit perjalanan darat. Sesampainya di penangkaran ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan khas peternakan dengan pagar kandang rusa yang membentang.

Di penangkaran ini terdapat dua jenis rusa, yaitu rusa sambar dan rusa timor. Jumlah keseluruhannya ada kurang lebih 200 ekor rusa. Penangkaran ini juga sangat luas mencapai beberapa hektar lahan yang sudah dipagari dan 1.000 hektar lahan cadangan.

Harga tiket masuk ke penangkaran ini juga sangat murah, yaitu Rp2.000 di hari biasa dan Rp5.000 di akhir pekan.

3 dari 5 halaman

Taman Bakau Kampung Baru

Kalimantan sangat terkenal dengan hutan bakau alami. Di Penajam Paser Utara sendiri terdapat banyak hutan dan taman bakau menarik.

Salah satu taman bakau yang terkenal di Penajam Paser Utara ialah Taman Bakau Kampung Baru. Taman ini dibangun oleh Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata setempat.

Taman Bakau Kampung Baru ini terletak di lahan seluas 62 hektar dan berada tak jauh dari Pantai Tanjung Jumlai dan Pantai Corong. Tidak hanya bisa menikmati keindahan hutan bakau dengan menaiki perahu, di pintu masuk dan keluar taman ini, terdapat banyak penjual souvenir khas yang bisa dibeli pengunjung.

4 dari 5 halaman

Pantai Corong

Pantai Corong merupakan salah satu andalan wisata Penajam Paser Utara. Pantai yang terletak di Kecamatan Penajam ini berlokasi tak jauh dari pusat kota. Akses menuju ke pantai ini juga sudah cukup baik dan tidak sulit.

Pantai Corong© https://www.youtube.com/watch?v=2H3CNCxZTcE

Pantai ini memiliki kawasan pasir yang luas. Pengunjung bisa bebas bermain air dan pasir.

Kondisi air laut yang tenang membuat pantai ini sangat cocok untuk berenang. Menariknya lagi, di pantai ini pengunjung juga bisa berburu kerang laut di bibir pantai.

Pantai yang sederhana, akses yang mudah, dan pemandangan alam yang masih asri membuat pantai ini jadi ikon wisata pantai Penajam Paser Utara. Pantai ini sangat digemari oleh masyarakat sekitar dan wisatawan.

5 dari 5 halaman

Pantai Nipah-Nipah

Pantai Nipah-Nipah memiliki lokasi yang sangat strategis, yaitu di Teluk Balikpapan dan hanya berjarak 8 kilometer dari pusat Penajam Paser Utara. Dari pantai ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan senja yang indah, dan pemandangan lampu Kota Balikpapan di malam hari.

Pantai Nipah Nipah© https://www.youtube.com/watch?v=LEq0g1yfz8Y&feature=youtu.be


Pantai Nipah-Nipah juga kerap dijadikan lokasi festival dan event kebudayaan. Seperti Festival Layang-layang dan Festival Miniatur Perahu Layar.

Untuk bisa sampai ke pantai ini juga cukup mudah. Hanya butuh waktu kurang lebih 45 menit perjalanan darat dari Bandara Balikpapan.

Sumber: Wikipedia, Indonesia Travlr, Visit Kaltim

Beri Komentar