Trik Traveling Ramah Budget Ketika Liburan di Mesir

Reporter : Shania Suha Marwan
Jumat, 9 September 2022 18:12
Trik Traveling Ramah Budget Ketika Liburan di Mesir
Cari tahu yuk gimana cara hemat saat ingin jalan-jalan di Mesir!

Dream - Piramida, patung sphinx, kerangka raja-raja bergelar Firaun adalah beberapa alasan yang membuat Mesir menjadi daya pikat traveler dunia. Dengan statusnya sebagai destinasi internasional, satu hal yang terbayang adalah biaya yang mahal untuk bisa merasakan pengalaman travel ke Mesir.

Mesir adalah sebuah negara yang sebagian besar daerahnya masuk dalam benua Afrika. Selain berbagai bukti arkeologi seputar kerajaan Firaun, Mesir yang merupakan negara terbesar ke-30 di dunia juga terkenal karena gurun Sahara dan Sungai Nil-nya.

Kekayaan budaya, sejarah, didukung dengan beraham penemuan peninggalan zaman kerajaan Firauan membuat Mesir masuk salah satu wish list destinasi wisata yang ingin dikunjungi traveler. 

Meski berada di negara Afrika yang pastinya membutuhkan biaya tiket yang tak murah, ada lho trik untuk membuat kamu lebih hemat ketika traveling ke negeri satu ini.

1 dari 4 halaman

Jangan Memulai Tujuan dengan Kairo

Kamu sebaiknya tidak memulai traveling ke Mesir dengan membeli tiket penerbangan langsung ke Kairo, ibukota negara tersebut. Sebagai destinasi internasional, pasti banyak orang yang berfokus memulai perjalanan di Mesir dari Kairo. 

Buat kamu yang punya budget pas-pasan, ada lho harga tiket pesawat yang lebih murah untuk bisa sampai di Kairo, Mesir. Kamu bisa memilih penerbangan menuju kota-kot ayang berada di sekitar Kairo. 

Kamu bisa coba cek harga tiket pesawat dari bandara internasional lainnya yang ada di Mesir, untuk menemukan tiket termurah.

2 dari 4 halaman

Pilih Akomodasi Murah 

© Ilustrasi/Shutterstock

Tak hanya ke Mesir, salah satu trik untuk menghemat budget saat traveling ke negara lain adalah memilih penginapan yang murah. Tentu saja tempat menginap ini tak menyediakan fasilitas yang serba ada.

Lagi pula kamu tak mau dong menghabiskan waktu hanya dengan acara tidur di kamar penginapan selama traveling. 

Kamu bisa memilih hostel, dan hotel budget, dengan harga kurang dari $50 permalamnya. 

Menginap di Tengah Kota

Agar bisa memiliki waktu lebih banyak ketika mengeksplorasi kota Kairo, sebaiaknya kamu memilih penginapan di tengah kota. 

Walaupun berada di tengah kota, banyak lho akomodasi murah yang ditawarkan di negeri ini. Kalaupun agak lebih mahal, setidaknya kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan seperti menyewa kendaraan ketika ingin menjelajahi Kairo.

3 dari 4 halaman

Makanan Lokal

Pilihlah makanan lokal yang mudah kamu temukan di jalanan yang ada di Mesir untuk menghemat budget.  Apalagi Mesir adalah negara mayoritas muslim sehingga Sahabat Dream tak perlu ragu memilih menu makanan halal di negara ini.

Dengan rasanya yang lezat, kamu bisa membeli makanan lokal seharga US$5-US12 saja. Dengan harga relatif murah kamu sudah bisa mengisi perut dengan makanan lezat khas mesir. 

Kamu juga bisa belanja bahan masakan, jika tempat penginapan menyediakan dapur untuk memasak sendiri. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

4 dari 4 halaman

Transportasi Umum

Tentu saja berjalan-jalan di Mesir menggunakan transportasi umum lebih murah dibandingkan menyewa mobil bersama sopir pribadinya. 

Mesir menyediakan beragam transportasi umums eperti bus, trem, dan metro yang bisa kamu coba. Selain itu, kamu bisa memesan taksi online menggunakan Uber kalau takut tersesat jika menggunakan transportasi umum. 

Jika berencana ke luar dari kota Kairo, kamu juga bisa cek akomodasi berupa kereta atau bus antar-kota. 

Sebagai traveler sejati tentu kamu ingin merasakan pengalaman berbeda saat traveling ke Mesir yang kelak diceritakan kepada sahabat atau anak-anak.

Beli Kairo Pass Saat Ingin Menjelajahi Museum di Kairo 

Sebagai negara para Firaun, Mesir tentu saja memiliki banyak museum yang bisa kamu kunjungi. Apalagi banyak mumi Firaun yang tersimpan di sejumlah museum dan selalu menjadi tujuan utama dari traveler dunia.

Jika kamu berencana mengunjungi banyak museum di sana, jangan lupa beli Kairo Pass seharga $100, yang menawarkan tiket masuk unlimited selama 5 hari, untuk kamu gunakan di banyak situs dan museum di Kairo dan Giza. 

(Sah, Sumber: Lonely Planet

Beri Komentar