Waspada Virus Zika, Ibu Hamil Dilarang Traveling ke Negara Ini

Reporter : Ratih Wulan
Kamis, 21 Januari 2016 14:34
Waspada Virus Zika, Ibu Hamil Dilarang Traveling ke Negara Ini
Para wanita hamil disarankan untuk mempertimbangkan dan menunda perjalanan mereka ke negara-negara tempat penularan virus Zika.

Dream - Pusat Pengontrol dan Pencegahaan Penyakit Amerika Serikat, akhir pekan lalu mengeluarkan 'travel warning' untuk para wanita hamil. Dalam waktu dekat, mereka disarankan untuk menunda perjalanan ke Meksiko, Puerto Rico, dan negara-negara lain yang menjadi bagian dari Amerika Tengah serta Amerika Selatan karena adanya virus Zika.

Kantor pusat kesehatan ini telah melakukan tes yang menemukan Zika, seekor nyamuk yang membawa penyakit pada janin dan jaringan bayi di Brasil. Bayi terjangkit dengan microcephaly.

Microcephaly adalah gangguan neurologis yang menyebabkan bayi terlahir dengan kepala kecil. Bahkan beberapa kabar menyebutkan, penyakit ini dapat mengakibatkan kematian.

Beberapa tempat yang masuk dalam daftar berbahaya untuk dikunjungi antara lain Brasil, Kolombia, El Salvador, Guyana Prancis, Guatemala, Haiti, Honduras, Martinique, Meksiko, Panama, Paraguay, Suriname, Venezuela dan Puerto Rico.

Kepala pusat kesehatan mengatakan para wanita hamil harus hati-hati. Ia juga menyarankan agar mereka mempertimbangkan dan menunda perjalanan ke daerah-daerah penularan virus Zika.

Mereka menyarankan agar wanita hamil yang ingin ke negara-negara tersebut, berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Serta mengikuti langkah-langkah untuk mencegah gigitan nyamuk. Wanita yang mengikuti usaha program kehamilan juga diharuskan waspada mengenai hal ini.

Sebelumnya, telah ditemukan empat kasus serupa di Ekuador. Orang-orang yang terinfeksi diyakini baru saja kembali dari perjalanan ke daerah-daerah yang dicurigai menimbulkan virus Zika.

Tapi, departemen kesehatan kembali mengumumkan ada dua kasus baru hari Jumat lalu. Dan orang yang terinfeksi tidak meninggalkan negara mereka.

Selain itu, wisatawan juga diminta lebih waspada termasuk dalam penggunaan pakaian dan peralatan-peralatan traveling mereka. Serta saat tinggal di dalam kamar-kamar berpendingin atau AC.

(Sumber: Cnn.com)

Beri Komentar