Cara Membuat Masker Kefir Rumahan yang Mudah

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Senin, 17 Juni 2019 17:43
Cara Membuat Masker Kefir Rumahan yang Mudah
Masker Kefir dikenal sebagai masker alami yang memiliki manfaat baik untuk kulit. Bagaimana cara membuatnya sendiri di rumah?

Dream - Kefir bukan hanya minuman yang menyehatkan, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Salah satu produk kecantikan yang bisa dibuat dari susu kefir adalah masker, facial scrub, hingga facial wash.

Kandungan probiotik dan AHA atau Alpha Hydroxy Acid dalam susu kefir efektif membantu menutrisi wajah dan berbagai jenis kulit.

AHA merupakan jenis zat kimia yang terdapat dalam berbagai bahan organik seperti buah, gula alami, dan susu.

Kunci utama untuk membuat produk kecantikan rumahan adalah menemukan bahan yang bisa membuat perubahan yang baik dan cocok bagi kulit kita. Cari bahan yang mampu mengangkat sel kulit mati dan menstimulasi produksi kolagen pada kulit seperti susu kefir.

Berikut ini ulasan singkat cara membuat masker kefir rumahan. Untuk membuat masker kefir, bahan utama yang diperlukan adalah susu kefir yang bisa dibeli di toko terdekat.

Pilihlah jenis susu plain lowfat kefir. Dan untuk membuat masker bisa disesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit kita seperti:

1 dari 2 halaman

Membuat Masker Kefir Berdasarkan Jenis Kulit

-    Masker Kefir untuk Kulit Normal

Untuk membuat masker kefir untuk kulit yang normal atau kombinasi, kita bisa menambahkan timun ke dalam susu kefir. Caranya, parut dan peras timun dan ambil air hasil perasannya. Kemudian campur perasan timun dengan susu kefir, dan masker kefir siap digunakan.

-    Masker Kefir untuk Kulit Berminyak
Sama seperti membuat masker kefir untuk kulit normal, bedanya tambahkan putih telur dan madu untuk membuat makser kefir kulit berminyak.

Campurkan kefir dan kedua bahan lainnya, dan kandungan dalam putih telur dapat mengecilkan pori-pori, sedangkan madu dapat membantu menyegarkan kulit.

 Ilustrasi

-    Masker Kefir untuk Kulit Kering
Sedangkan untuk membuat masker kefir bagi kulit kering, kita bisa menambahkan kuning telut dan minyak zaitun.

Sama seperti membuat masker sebelumnya, campurkan semua bahan dan aduk secara merata. Kuning telur dapat membantu memperbaiki dan melembutkan kulit.

2 dari 2 halaman

Tambahan Bahan Alami


Selain bisa digunakan untuk berbagai jenis kulit, masker kefir juga baik digunakan untuk kulit yang berjerawat. Untuk jenis kulit ini, cara membuat masker kefir tidak perlu menambahkan bahan lain, dan efektif hanya dengan kefir saja.

Jerawat akan berkurang apabila Sahabat Dream rajin dan rutin mengenakan masker ini setiap malam.

Caranya beberapa sendok kefir diaduk dan oleskan pada wajah, setela itu tunggu hingga semalaman. Kemudian cuci ketika bagun pagi dan lanjutkan dengan rutinitas perawatan kulit lainnya.

Kalau untuk kasus kulit berjerawat tidak memerlukan bahan tambahan lain, untuk kulit yang membutuhkan banyak nutrisi, masker kefir bisa ditambahkan dengan beberapa bahan alami lain, seperti:
-    Madu
-    Minyak Zaitun
-    Buah Alpukat
-    Kopi
-    Coklat
-    Dan berbagai bahan alami lainnya.

 Ilustrasi

Cara menambahkan bahan-bahan di atas sangat mudah, cukup campur denga kefir hingga halus dan lembut.

Dengan menambahkan berbagai jenis bahan alami sesuai dengan kebutuhan kulit, membuat hasil yang diperoleh dari pemakaian masker kefir menjadi maksimal.

Ada juga cara membuat masker kefir lain, bisa juga kita mengendapkan terlebih dahulu susu kefir sebelum mencampur dengan bahan lain.
Mudah kan Sahabat Dream? (ism, sumber: Life Way Kefir.)

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting