Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Terkuak! Ini Asal Video Viral Pembawa Peti Mati Sambil Joget

Terkuak! Ini Asal Video Viral Pembawa Peti Mati Sambil Joget Penari Di Ghana (Instagram @makassar_iinfo)

Dream - Setiap masyarakat punya prosesi pemakaman masing-masing. Prosesi itu termasuk bagian dari budaya yang mereka pegang.

Belakangan, viral video menunjukkan aksi sekelompok pria berjoget seru sembari memanggul peti mati berisi jenazah. Video tersebut bahkan menjadi meme unik.

Ternyata, aksi para pria itu merupakan bagian dari tata cara penghormatan kepada orang yang meninggal di Ghana. Bagi masyarakat Ghana, mengisi prosesi pemakaman dengan tarian yang menunjukkan kebahagiaan termasuk bagian dari menghormati jenazah.

Berbagai video tarian upacara pemakanan ini banyak di unggah di social media. Menurut salah satu akun instagram @makassar_iinfo, tarian ini disebut Dancing Pallbearsers.

"Dancing Pallnearsers adalah tarian asal Ghana di mana para penari berdanasa sambil mengangkat peti mati yang berisikan seseorang yang meninggal," jelas akun tersebut.

Jadi Mata Pencaharian

Menurut akun tersebut, masyarakat Ghana memeiliki adat untuk merayakan kematian seseorang. Hal tersebut merupakan wujud rasa hormat dan agar pihak yang ditinggal tetap bisa semangat menjalani hidup.

Banyak netizen yang memenuhi kolom komentar unggahan tersebut.

"Ini toh yg bnyk dibikin meme," ujar @db.amante996

"Akhirnya bisa tidur nyenyak bisa tau asal tarian ini," ujar @elly.pf

"Bukannya sedih, malah senang," ujar @23febyyy

Ghana merupakan salah satu negara dengan angka pengangguran yang tinggi. Profesi Pallbearers bahkan menjadi salah satu mata pencaharian pemuda Ghana.

 

Ini Videonya

      Lihat postingan ini di Instagram

Dancing Pallbearsers adalah tarian asal Ghana dimana para penari berdansa sambil mengangkat peti mati yang berisikan seseorang yang meninggal. . Mereka beranggapan bahwa merayakan seseorang yang meninggal dengan kesenangan adalah suatu kehormatan dan menunjukkan bahwa mereka yang ditinggal tetap bisa semangat menjalani hidup. . Capt : 5COG Video : BBC

Sebuah kiriman dibagikan oleh OFFICIAL MAKASSAR INFO (@makassar_iinfo) pada

Pocong Purworejo Viral di Media Korea: `Indonesia Takut Pocong Daripada Corona`

Dream- Berbagai eleman masyarakat menggunakan berbagai metode untuk memastikan masyarakat tak keluyuran saat imbauan jaga jarak (social distancing) wabah virus corona Covid-19. Salah satu cara paling nyeleneh adalah menggunakan pocong untuk menakuti warga yang masih keluar rumah. 

Metode pocong ini dibuat warga Kampung Tuk Songo, Kabupaten Purworejo. Dua orang berpakaian ala pocong akan berpatroli untuk mengingatkan masyarakat akan bahaya wabah corona. 

Tak disangka cara yang dilakukan masyarakat itu menjadi sorotan media di Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Netizen di negara lain jug ramai-ramai mengunggah video tersebut. 

Salah satu negara yang menjadikan video pocong sebagai pemberitaannya adalah di Korea Selatan. Sejumlah saluran TV dan media online Korea Selatan seperti SBS, MBC dan juga JTBC, ikut memberitakan dengan menyebut "pocong anti corona" tersebut.

Artikel yang dirilis di media online SBS misalnya, mereka menggunakan judul "Pencegahan Covid-19, Desa di Indonesia Sampai Dijaga Hantu Pocong".

Dibahas di Situs Berita Korea

viral hantu pocong

Dalam artikel tersebut, dijelaskan apa itu pocong untuk memberikan gambaran kepada masyarakat Korea Selatan yang membacanya.

"Prosedur pemakaman Islam di Indonesia  adalah dengan membungkus tubuh dari atas sampai bawah dengan selembar kain dan mengikat enam tempat dari kepala hingga kaki. Tubuh yang diikat itu disebut pocong," kutipan artikel tersebut.

Mereka menambahkan, “Sebelum dimakamkan, petugas pemakaman harus melepas talinya dulu. Jika tidak dilepas, maka jiwa orang yang meninggal itu tak ingin meninggalkan tubuhnya yang sudah dimakamkan dan menjadi gentayangan atau jadi hantu pocong.”

“Pocong itu dianggap bisa teleportasi dan terbang. Orang Indonesia takut dengan pocong. Jadi tampaknya dengan adanya pocong itu, orang-orang jadi takut untuk keluar,” demikian tambahan kutipan artikel tersebut.

 

Ditayangkan di Media Televisi

Tak hanya di media online, berita pocong itu juga banyak diberitakan di saluran TV Korea Selatan, seperti MBC, dengan judul “Kemunculan hantu Indonesia di masa covid-19”.

Dalam tayangannya, presenter menggambarkan ilustrasi tentang video yang sedang dilaporkannya. "Ada kejadian apa ya? Hantu Pocong. Ada anak-anak lewat gang gelap, tapi disebelahnya tiba-tiba muncul sesuatu putih-putih tak ada muka, anak-anak itu buru-buru kabur gara-gara lihat itu," ungkap presenter berita MBC.

“Untuk mencegah penyebaran virus corona, Pocong berjaga. Di tengah corona di Indonesia hantu tradisional pocong berjaga di gerbang desa dan menghalangi anak-anak untuk keluar,” imbuh presenter MBC.

Kepada masyarakat Korea Selatan saluran TV itu juga menggambarkan arti pocong, “Pocong adalah hantu Indonesia berbentuk jasad yang dibalut kain berdasarkan pemakaman secara islam. Alasan pocong berkeliaran untuk melindungi desa adalah karena orang-orang lebih takut ada pocong daripada corona”  tambah presenter itu.

Pemberitaan itu menjadi perbincangan warganet di laman twitter. Mengetahui pemberitaan itu, banyak warganet Indonesia di laman Twitter yang cukup kaget namun tergelitik karena pocong yang merupakan hantu lokal bisa debut di Korea Selatan.

Merekapun membagikannya di laman twitter mereka dengan berbagai caption unik, seperti “terharu pocong Indonesia masuk tipi Korea, semoga Lee Min Ho diprank juga, tulis akun twitter @Foldmay.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Viral Video Bocah Cewek Diam-Diam Kepo Lihat Isi Chat Daus Mini Saat Sandaran di Kaca

Viral Video Bocah Cewek Diam-Diam Kepo Lihat Isi Chat Daus Mini Saat Sandaran di Kaca

Heboh video Daus Mini mainan Hp diintip oleh anak kecil.

Baca Selengkapnya
Viral Video Kakak Azani Ari-ari Adik yang Akan Dikubur karena Sang Ayah Tak Bisa Pulang

Viral Video Kakak Azani Ari-ari Adik yang Akan Dikubur karena Sang Ayah Tak Bisa Pulang

Ia juga mengazani adiknya yang masih merah. Suaranya begitu merdu.

Baca Selengkapnya
Viral Video Detik-Detik Anies Kena Tampar Pria Berkaus AMIN Saat Kampanye di Pontianak

Viral Video Detik-Detik Anies Kena Tampar Pria Berkaus AMIN Saat Kampanye di Pontianak

Pria itu terlihat melayangkan tangannya ke arah depan, dan mengenai wajah mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Viral! Dua Pemuda Nangis Kejer Saat Menghadiri Acara Prosesi Akad Nikah, Ternyata Karena Ini...

Viral! Dua Pemuda Nangis Kejer Saat Menghadiri Acara Prosesi Akad Nikah, Ternyata Karena Ini...

sebuah video memperlihatkan dua orang pemuda menangis tersedu-sedu saat menyaksikan prosesi akad nikah.

Baca Selengkapnya
Viral Video Anies Dipeluk Paksa di Tasikmalaya, Kacamata Patah Terinjak

Viral Video Anies Dipeluk Paksa di Tasikmalaya, Kacamata Patah Terinjak

Aksi pria misterius tersebut membuat kacamata Anies sampai terlepas dan patah akibat terinjak-injak ribuan warga

Baca Selengkapnya
Video Viral Sosok Misterius Disebut Hantu Kuyang di Bogor, Asli atau Khayalan?

Video Viral Sosok Misterius Disebut Hantu Kuyang di Bogor, Asli atau Khayalan?

Viral Video Penampakan Diduga Hantu Kuyang, Bikin Heboh Netizen

Baca Selengkapnya
Viral Video Surat Suara Sudah Tercoblos Sebelum Digunakan Pemilih di Jeddah

Viral Video Surat Suara Sudah Tercoblos Sebelum Digunakan Pemilih di Jeddah

Idham mengatakan bahwa pemilih dapat meminta surat suara pengganti apabila mendapatkan surat suara yang telah tercoblos atau rusak.

Baca Selengkapnya