Berpuasa Sunah dengan Tujuan Diet, Bagaimana Hukumnya?

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 6 Desember 2018 20:00
Berpuasa Sunah dengan Tujuan Diet, Bagaimana Hukumnya?
Puasa merupakan salah satu jalan efektif untuk diet.

Dream - Puasa sudah diakui khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antarannya adalah mengurangi berat badan namun dengan cara yang sehat.

Mungkin banyak di antara saudara kita punya kebiasaan berpuasa sunah. Sebagian dari mereka ada juga yang menjalankannya dengan tujuan diet.

Sebabnya, puasa sangat efektif menekan nafsu makan. Sehingga, makanan yang dikonsumsi terbatasi dan metabolisme tubuh bekerja dengan baik.

Lantas, bagaimana hukum puasa itu sendiri jika diniatkan untuk diet?

Dikutip dari bincangsyariah, puasa sunah dengan tujuan diet berarti melaksanakan ibadah dengan mencampurnya bersama urusan duniawi. Imam As Suyuthi dalam kitab Alasybah wan Nadzir menjelaskan ada dua pendapat ulama terkait hal ini.

Sebagian ulama menyatakan puasanya tidak sah. Tetapi, kebanyakan ulama menyatakan sah.

" Bagian dari menggabungkan niat adalah jika niat berpuasa, niat diet atau berobat. Dalam masalah ini terjadi perbedaan ulama sebagaimana telah disebutkan."

 

1 dari 1 halaman

Puasanya Sah, Tapi...

Meski kebanyakan ulama menyatakan sah, namun apabila tujuan untuk dietnya lebih dominan maka puasanya tidak mendapatkan pahala. Jika sebaliknya, pahala puasa sunah dapat diraih oleh orang yang menjalankan.

Jika antara niat ibadah dengan diet sama-sama kuatnya, maka keduanya saling menggugurkan.

Ini seperti penjelasan Imam As Suyuti.

" Jika tujuan duniawi lebih dominan, maka ibadahnya tidak mendapatkan pahala. Jika tujuan agamanya (ibadahnya) lebih dominan, maka akan mendapatkan pahala sesuai kadar niatnya. Jika sama-sama kuat, maka keduanya saling menggugurkan."

Sumber: bincangsyariah.com

Beri Komentar
Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival