Doa Naik Kendaraan Seperti Tercantum Dalam Alquran

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 12 September 2021 18:00
Doa Naik Kendaraan Seperti Tercantum Dalam Alquran
Sangat disarankan berdoa ketika naik kendaraan karena adanya potensi gangguan.

Dream - Menaiki kendaraan bukan hal baru bagi kehidupan masyarakat saat ini. Kendaraan bermotor, baik mobil ataupun sepeda motor, memudahkan kita dalam bepergian.

Dengan kendaraan, jarak jauh dapat ditempuh dalam waktu relatif lebih cepat sehingga kita tak terlalu kelelahan.

Pun untuk menempuh jarak dekat, kita kerap memanfaatkan kendaraan. Seperti pergi ke masjid, pasar, toko, sekolah, dan lain sebagainya.

Ketika berkendara, sangat dianjurkan untuk memanjatkan doa karena potensi gangguan selalu ada, yang bahkan bisa membahayakan.

Doa berikut ini dapat diamalkan ketika naik kendaraan. Doa tersebut merupakan petikan dari Alquran yaitu Surat Hud ayat 41.

 

1 dari 5 halaman

Doa Berkendara Dalam Alquran

بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرٰ۪ىهَا وَمُرْسٰىهَا ۗاِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Bismillahi majreha wa mursaha inna rabbi laghofurur rahim.

Artinya,

" Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Sumber: NU Online.

2 dari 5 halaman

Baca Doa Sebelum Bepergian Ini Agar Selamat dari Bahaya Kecelakaan

Dream - Potensi kecelakaan selalu ada dalam setiap perjalanan. Tak ada yang mengetahui apa yang akan terjadi ketika kita menggunakan modal transportasi darat, laut, maupun udara. Yang bisa dilakukan adalah senantiasa waspada dan memanjatkan doa sebelum bepergian.

Kecelakaan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para pengguna kendaraan. Tidak hanya kendaraan pribadi namun juga kendaraan umum.

Kasus kecelakaan juga kerap menghiasi halaman pemberitaan. Terlebih jika kecelakaan yang terjadi tergolong berat sampai memakan korban jiwa.

Dengan mengucapkan doa sebelum bepergian, kita setidaknya telah memohon perlindungan kepada Allah SWT. Kita telah menyerahkan hidup kita sepenuhnya atas takdir dan keputusan terbaik dari Yang Esa.

Sahabat Dream yang besok hendak bepergian jauh, atau sekadar berangkat kerja menggunakan kendaraan pribadi atau umum, yuk membaca doa sebelum bepergian ini sambil berikhtiar senantiasa hati-hati saat berkendara.

 

3 dari 5 halaman

Doa Selamat dari Kecelakaan

Doa terhindar dari kecelakaan© Dream.co.id

Allahumma inni a'udzu bika minat taraddi wal hadami wal gharqi wal hariqi, wa a'udzu bika an yatakhobbathonis syaithon 'indal mauti, wa a'udzu bika an amuta fi sabilika mudbiran, wa a'udzu bika an amuta ladighon.

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari terjatuh dari tempat yang tinggi, dari tertimpa bangunan (termasuk terkena benturan keras dan tertimbun tanah longsor), dari tenggelam, dan dari terbakar. Aku juga berlindung kepada-Mu dari campur tangan setan ketika akan meninggal. Aku juga berlindung kepada-Mu dari meninggal dalam keadaan lari dari medan perang. Aku juga berlindung kepada-Mu dari meninggal karena tersengat hewan beracun."

4 dari 5 halaman

Doa Perlindungan dari Kesukaran di Perjalanan

Dream - Jangan pernah berpikir bepergian itu mudah. Karena sebenarnya, kita akan mengalami banyak kesukaran selama dalam perjalanan.

Misalnya, tidak adanya makanan yang mudah diakses. Selain itu, rasa lelah datang yang membuat tubuh melemah.

Belum lagi jika kita mengalami sesuatu yang tidak diinginkan. Misalnya kecelakaan atau jadi korban kejahatan.

Tentu kita semua ingin agar perjalanan kita berlangsung aman dan nyaman. Meski kita sadari sesuatu yang buruk bisa saja terjadi.

Untuk itu, dianjurkan membaca doa ini ketika menempuh perjalanan agar terlindungi dari kesukaran.

 

5 dari 5 halaman

Doa Terlindungi dari Kesukaran Perjalanan

Doa Dilindungi dalam Perjalanan© Dream.co.id

Allahumma inni a'udubika min wa'tsais safari wa kabatil mundhori wa suil munqolabi fil mali wal ahli.

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga."

Beri Komentar