Doa Saat Menghadapi Cobaan Hidup Sangat Sulit

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 30 September 2019 09:01
Doa Saat Menghadapi Cobaan Hidup Sangat Sulit
Kesulitan bisa datang kapan saja.

Dream - Hidup berjalan dengan kondisi yang silih berganti. Kadang sangat mudah dan menyenangkan namun bisa berubah 180 derajat dalam hitungan deti.

Acapkali situasi sulit datang secara tiba-tiba. Keadaan yang dulunya nyaman hilang, berganti menjadi segala kesusahan.

Sejatinya, kemudahan dan kesulitan datang karena ridha Allah semata. Kita dituntut untuk selalu siap menghadapi segala hal, termasuk kondisi yang sangat sulit.

Kesiapan itu dipupuk lewat berbagai amal sholeh dan kepekaan terhadap sesama. Termasuk pula ketenangan jiwa.

Ketika berhadapan dengan cobaan hidup yang sangat sulitm dianjurkan untuk membaca doa ini. Doa tersebut terdapat dalam hadis riwayat Thabarani, diajarkan Rasulullah Muhammad SAW kepada umat Islam jika menghadapi kesulitan yang berat.

1 dari 5 halaman

Doa Hadapi Cobaan Sulit

 Doa Hadapi Cobaan Sulit© dream.co.id

Allah, Allahu rabbuna la nusyrik bihi syai’a.

Artinya,

" Allah, Allah Tuhan kami, kami tidak menyekutukan-Nya dengan apapun."

2 dari 5 halaman

Doa Agar Dapat Menunaikan Tugas Sesuai Profesi

Dream - Dunia profesi membutuhkan skill yang memadai. Tidak heran jika seseorang rela menempuh berbagai pelatihan untuk meningkatkan kemampuan.

Saat menjalankan tugas dalam profesi tertentu, tentu yang diharapkan adalah kondisi yang bisa diselesaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Artinya tidak keluar dari koridor profesi yang dijalankan.

Tetapi, seringkali terjadi persoalan yang menuntut penyelesaian di luar bidang kita. Bahkan persoalan itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan profesi kita.

Tentu, kita berusaha menyelesaikan masalah tersebut. Kondisi ini menuntut kehati-hatian agar tidak menimbulkan masalah baru.

Agar dapat menyelesaikan tugas sesuai profesi, dianjurkan untuk menbaca doa ini. Doa tersebut tercantum dalam Surat Hud ayat 47.

 

3 dari 5 halaman

Doa Profesi

 Doa Profesi© dream.co.id

Rabbi inni a'udzubika an as alaka ma laysa liy bihi 'ilmun wa illa taghfir liy wa tarhamni akum minal khosirin.

Artinya

" Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkai dari perbuatanku yang memohon kepada Engkau atas sesuatu yang aku tidak mengetahui (hakekat)nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku termasuk orang-orang merugi."

(ism)

4 dari 5 halaman

Doa Diberi Kemudahan Bayar Utang

Dream - Utang kerap menjadi jalan pintas saat seseorang menemui kesulitan ekonomi. Transaksi ini dianggap sebagai penyelamat saat kondisi terdesak.

Sayangnya, membayar utang kerap menjadi masalah baru. Kondisi tidak menentu kerap membuat orang kesulitan. Apalagi mereka yang hidup pas-pasan.

Pendapatan yang didapat hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dalam kondisi ini, tentu sulit rasanya bisa membayar utang apalagi melunasinya.

Namun seorang muslim sudah diajarkan untuk tak lekas berputus asa. Selain ikhtiar, kita diwajibkan selalu berdoa. 

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengucapkan doa agar diberi kemudahan membayar utang berikut ini.

 

5 dari 5 halaman

Doa Mudah Bayar Utang

 Doa Mudah Bayar Utang© dream.co.id

Allahummak-fini bi halalika 'an haramika wa aghnina bi fadl-lika 'am man siwaka.

Artinya,

" Ya Allah, cukupkanlah aku dengan yang halal sehingga terhindar dari yang haram. Cukupkanlah aku dengan anugerah-Mu sehingga terhindar dari (meminta bantuan) selain-Mu."

Beri Komentar