Hukum Bacaan Idgham Mutamatsilain, Lengkap Pengertian dan Contohnya dari Al Quran

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 27 April 2022 13:47
Hukum Bacaan Idgham Mutamatsilain, Lengkap Pengertian dan Contohnya dari Al Quran
Mengetahui ilmu tajwid wajib dipelajari setiap muslim yang sedang mempelajari AlQuran. Dengan tajwid bacaan ayat-ayat suci Alquran akan sesuai maknanya.

Dream – Al Quran dianjurkan untuk dibaca dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwid. Setelah bisa membaca huruf dan rangkaian kata dalam bahasa Arab, setiap muslim sangat dianjurkan untuk menyempurnakan bacaan Quran dengan memahami tajwid. Al Quran yang dibaca tanpa menggunakan ilmu tajwid, akan menyebabkan perubahan makna yang tidak sesuai aslinya.

Salah satu hukum bacaan dalam ilmu tajwid yang perlu diketahui adalah idgham mutamatsilain. Idgham mutamatsilain merupakan hukum bacaan apabila terdapat huruf mati bertemu dengan huruf sejenis yang berharokat.

Idgham mimi juga merupakan bagian dari idgham mutamatsilain, karena terdapat huruf mim sukun bertemu dengan huruf mim yang berharokat. Idgham mimi juga disebut dengan nama idgham mitsli.

Dalam artikel kali ini Dream akan membahas secara khusus tentang pengertian, contoh dan cara membaca idgham mutamatsilain. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Pengertian dan Cara Baca Idgham Mutamatsilain

Idgham merupakan bahasa Arab yang artinya memasukkan. Sementara mutamatsilain artinya dua hal atau huruf yang kembar atau sejenis. Idgham mutamatsilain juga disebut dengan idgham mitsli dan idgham mimi.

Secara harfiah, pengertian Idgham mutamatsilain adalah hukum bacaan dalam ilmu tajwid yang mana memasukkan huruf mati ke dalam huruf hidup berikutnya yang serupa seperti terdapat tanda tasydid.

Secara lebih luas, hukum bacaan idgham mutamatsilain tidak hanya terdapat pada mim mati bertemu dengan huruf mim berharokat, melainkan juga ada huruf lain yang kembar atau semisal.

Cara membacanya yaitu dengan memasukkan bacaan huruf yang sejenis sekaligus berjejer, di mana huruf pertamanya dileburkan ke huruf kedua karena memiliki sifat sama. Akibatnya bunyi bacaannya seperti bertasydid.

Secara detail, cara membaca Idgham mutamatsilain yaitu dengan memasukkan huruf mim pertama ke huruf mim kedua, lalu dibaca ghunnah atau mendengung.

2 dari 3 halaman

Contoh Idgham Mutamatsilain dalam Al Quran

Setelah mengetahui pengertian dan cara baca idgham mutamatsilain di atas, selanjutnya Sahabat Dream akan melihat contoh-contoh hukum bacaan idgham mutamatsilain yang ada dalam al Quran. Dengan mengetahui contoh-contoh di bawah ini, diharapkan kamu bisa mempraktikkannya saat membaca al Quran. Selain itu juga diharapkan kamu bisa mengidentifikasi contoh lain dari idgham mutamatsilain.

Contoh Idgham Mutamatsilain

  • Al Baqarah ayat 10

فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌۙ فَزَادَهُمُ اللّٰهُ مَرَضًاۚ

Fii quluubihim marodhun fazaadahumullohu marodhoo

Huruf mim sukun bertemu dengan mim berharokat.

  • Al Baqarah ayat 16

 فَمَا رَبِحَتْ تِّجَارَتُهُمْ

Fama robihat tijarotuhum

Terdapat huruf ta' sukun bertemu dengan huruf sejenis yang berharokat.

3 dari 3 halaman

  • Al Maidah ayat 61

وَاِذَا جَاۤءُوْكُمْ قَالُوْٓا اٰمَنَّا وَقَدْ دَّخَلُوْا بِالْكُفْرِ

Wa idzaa jaa-uukum qooluu aamannaa wa qod-dakholuu bilkufri

Terdapat huruf dal sukun bertemu dengan hurus sejenis yang berharokat.

  • Al Isra ayat 33

 وَمَنْ قُتِلَ مَظْلُوْمًا فَقَدْ جَعَلْنَا لِوَلِيِّهٖ سُلْطٰنًا فَلَا يُسْرِفْ فِّى الْقَتْلِۗ

Wa man qutila mazluuman faqod ja'alnaa liwaliyyihi sulthonan falaa yusrif-fiilqotli

Terdapat huruf fa' sukun bertemu dengan huruf semisal yang berharokat.

  • Al Baqarah ayat 60

وَاِذِ اسْتَسْقٰى مُوْسٰى لِقَوْمِهٖ فَقُلْنَا اضْرِبْ بِّعَصَاكَ الْحَجَرَۗ

Wa idzis-tasqoo muusaa liqoumihi faqulnaadhrib-bi'ashookal hajar

Terdapat huruf ba' sukun bertemu dengan huruf semisal.

Beri Komentar