Jenazah akan Dapat Siksa Kubur karena Tangisan Keluarganya?

Reporter : Puri Yuanita
Selasa, 15 Desember 2015 15:01
Jenazah akan Dapat Siksa Kubur karena Tangisan Keluarganya?
Benarkah jenazah akan disiksa di alam kubur karena tangisan keluarganya? Apakah ada dalil yang mendasarinya dalam ajaran Islam?

Dream - Sering kita dengar ada sebagian masyarakat yang mengatakan, sebaiknya tak perlu menangisi dan meratapi kepergian seseorang yang berpulang atau meninggal dunia.

Hal ini diyakini dapat memberatkan atau mempersulit perjalanan arwahnya di alam kubur. Bahkan adapula yang mengatakan, jenazah akan disiksa di alam kubur karena tangisan keluarganya.

Lantas apakah hal tersebut benar? Apakah ada dalil yang mendasarinya dalam ajaran Islam? Berikut ulasannya.

Terdapat beberapa hadis yang membahas tentang hal itu. Berikut di antaranya:

Hadis Umar bin Khatab RA, Rasulullah SAW bersabda, " Mayit disiksa karena tangisan orang yang hidup untuknya." (HR. Bukhari 1292 & Muslim 930).

Kemudian, hadis dari Aisyah RA, bahwa Rasulullah SAW pernah melewati wanita Yahudi yang meninggal dan ditangisi keluarganya. Kemudian Nabi SAW bersabda, " Mereka menangisi wanita itu, sementara si wanita itu disiksa di kuburnya." (HR. Bukhari 1289)

Lalu, tangisan seperti apakah yang menyebabkan jenazah disiksa?

Ada hadis lain yang menjelaskannya, dari Mughirah bin Syu'bah RA, Rasulullah SAW bersabda, " Siapa yang diratapi maka dia disiksa karena ratapan yang ditujukan kepadanya." (HR. Bukhari 1291 & Muslim 927).

Selengkapnya baca di sini.     (Ism) 

 

Beri Komentar