Ketentuan Cadar dalam Pandangan 4 Mazhab Ulama

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 13 Maret 2019 20:00
Ketentuan Cadar dalam Pandangan 4 Mazhab Ulama
Menutup aurat adalah perintah wajib bagi setiap Muslim, bagaimana dengan cadar?

Dream - Niqab atau cadar tengah menjadi tren di kalangan Muslimah kekinian. Tren ini muncul berbarengan dengan meningkatnya pemahaman untuk hidup dengan lebih patuh pada perintah agama.

Tidak hanya di kalangan biasa, sejumlah artis wanita juga mengenakan cadar sebagai indikator hijrah. Dalam pandangan mereka, hijrah dimaknai sebagai perubahan diri mulai fisik dan tingkah laku.

Tetapi, pada sebagian Muslim, cadar malah dijadikan semacam indikator tinggi rendahnya keimanan. Dengan bercadar, seorang perempuan sudah memutuskan untuk hidup dengan sepenuhnya patuh para perintah agama.

Ustazah Diana Manzila membuat artikel yang menarik untuk disimak mengenai bagaimana sebenarnya status cadar dalam syariat Islam. Dalam artikelnya, Ustazah Diana membuat ulasan mengenai bagaimana sebenarnya pandangan ulama mengenai cadar.

Dikutip dari NU Online, setiap Muslim baik laki-laki maupun perempuan terkena kewajiban untuk menutup aurat. Perintahnya ada dalam Surat An Nur ayat 31.

" Katakanlah kepada wanita yang beriman, ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) tampak darinya. Dan hendaklah mereka menutup kain kerudung pada dadanya."

Para ulama menggunakan ayat ini sebagai dasar dalam menetapkan batasan aurat bagi wanita. Tetapi, terjadi perbedaan tafsir dalam memahami petikan ayat yang bermakna " Kecuali yang biasa terbuka" .

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 3 - 4G: Gercep - Gila - Gubrak - Go