Waktu Paling Mustajab Menyampaikan Doa, Insya Allah Terkabul

Reporter : Ulyaeni Maulida
Jumat, 19 Juni 2020 16:48
Waktu Paling Mustajab Menyampaikan Doa, Insya Allah Terkabul
Perbanyaklah berdoa di waktu-waktu tersebut.

Dream – Betapa banyak kemuliaan yang diterima hamba yang senantiasa berdoa kepada Rabb-nya. Allah juga sangat mencintai orang-orang yang berdoa kepada-Nya. Bahkan diberikan ampunan atas segala dosa.

“ Wahai manusia, selagi engkau berdoa dan berharap kepada-Ku, aku mengampuni dosamu dan tidak aku pedulikan lagi dosamu” (HR. At Tirmidzi)

Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Allah selalu mendengar setiap doa yang dipanjatkan oleh hamba-hambaNya.

“ Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS. Ghafir: 60)

Berikut adalah waktu yang paling mustajab untuk berdoa. Semoga kita sebagai seorang hamba dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

1 dari 5 halaman

Sepertiga Malam

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Disaat kebanyakan orang sedang tertidur, sepertiga malam inilah yang menjadi waktu paling mustajab untuk berdoa. Karena doa yang diucapkan tersebut bagaikan anak panah yang melesat lurus langsung kelangit.

Rasulullah SAW bersabda, “ “ Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Seperti yang dijelaskan dalam hadis diatas, bahwa waktu akhir di sepertiga malam adalah waktu yang paling dianjurkan. Karena doa yang diminta ada waktu tersebut akan dikabulkan oleh Allah SWT.

2 dari 5 halaman

Hari Jumat

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “ Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.” Dan beliau berisyarat dengan tangannya akan sebentarnya waktu tersebut. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Abu Burdah bin Abi Musa Al Asy’ari, ia berkata, “ Abdullah bin Umar bertanya padaku, Apakah engkau pernah mendengar ayahmu menyebut suatu hadits dari Rasulullah mengenai waktu mustajabnya do’a di hari Jum’at?” Abu Burdah menjawab, “ Iya betul, aku pernah mendengar dari ayahku (Abu Musa), ia berkata bahwa Rasulullah bersabda, “ Waktu tersebut adalah antara imam duduk ketika khutbah hingga imam menunaikan shalat Jum’at.” (HR. Muslim)

Dari Jabir bin Abdillah, Rasulullah bersabda, “ (Waktu siang) di hari Jum’at ada 12 (jam). Jika seorang muslim memohon pada Allah sesuatu (di suatu waktu di hari Jum’at) pasti Allah akan mengabulkannya. Carilah waktu tersebut yaitu di waktu-waktu akhir setelah ashar.” (HR. Abu Daud dan An-Nasa’i)

Itulah beberapa waktu di hari jumat yang mustajab untuk berdoa. Semoga kita dapat memanfaatkannya dengan baik.

3 dari 5 halaman

Doa Antara Adzan dan Iqomah

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Dari Anas bin Malik ia berkata bahwa bersabda, “ Sesungguhnya do’a yang tidak tertolak adalah do’a antara adzan dan iqomah, maka berdo’alah (kala itu).” (HR. Ahmad)

Ketika mendengarkan adzan, kita dianjurkan untuk berhenti sejenak. Karena saat itu adalah saat yang mustajab untuk berdoa. Selain itu, menjelang iqomah juga perbanyaklah membaca doa. Karena merupakan waktu yang mustajab.

4 dari 5 halaman

Ketika Sedang Sujud Dalam Shalat

Sujud© Shutterstock

Rasulullah bersabda, “ Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu.” (HR. Muslim)

Saat bersujud, terdapat pengakuan atas kelemahan diri. Juga sebagai bentuk kepasrahan kepada Allah SWT. Untuk itu sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa karena saat itulah seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-Nya.

5 dari 5 halaman

Saat Berbuka Puasa

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Waktu berbuka puasa adalah salah satu waktu yang paling membahagiakan bagi seorang muslim.

Rasulullah SAW bersabda, “ Orang yang berpuasa memiliki 2 kebahagiaan: kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-Nya kelak.” (HR. Muslim)

Selain itu waktu berbuka adalah waktu yang dipenuhi oleh keberkahan. Sehingga menjadi waktu sangat mustajab untuk berdoa.

Sebagaimana sabda Rasulullah, “ Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban)

 

(Diambil dari berbagai sumber)

Beri Komentar