Webinar adalah Seminar Online Sebagai Alternatif Saat Pandemi, Inilah Manfaatnya

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 13 Oktober 2020 15:08
Webinar adalah Seminar Online Sebagai Alternatif Saat Pandemi, Inilah Manfaatnya
Seminar online atau webinar adalah suatu kiat untuk memberikan kesempatan percakapan secara interaktif antara audiens dengan pemateri.

Dream – Akhir-akhir ini kita sering menderang istilah webinar. Sejak pandemi Covid-19 menyerang dunia, webinar adalah fasilitas yang digunakan sebagai salah satu sarana pertemuan tatap muka secara daring yang bisa dilakukan dengan melibatkan banyak orang.

Kita bisa memahami webinar adalah situs seminar online yang digunakan untuk pertemuan tatap muka satu orang dengan orang lain yang lebih banyak dengan membahas topik tertentu.

Seminar online atau webinar adalah suatu kiat untuk memberikan kesempatan percakapan secara interaktif antara audiens dengan pemateri. Jadi meskipun tidak bertemu secara langsung, diskusi antara pembicara dengan audiens tetap bisa difasilitasi.

Webinar adalah sarana yang berbentuk video interaktif yang juga mendukung tampilan power point yang bisa dibagikan ke setiap peserta saat mengikuti seminar. Sehingga audiens bisa menyimak materi dengan baik dan lebih detail.

Webinar bisa diakses menggunakan computer maupun ponsel pintarmu, Sahabat Dream. Dengan kemudahan yang diberikan, webinar menjadi salah satu solusi praktis untuk menyelenggarakan pertemuan banyak orang. Dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan tentang webinar, jenis-jenisnya serta manfaatnya bagi masyarakat.

1 dari 8 halaman

Pengertian Webinar

Ilustrasi© Merdeka.com

Webinar adalah singkatan dari web seminar atau lebih mudah kita kenal dengan istilah seminar online. Saat ini webinar menjadi program andalan sebagai upaya berbagi informasi.

Seminar berbasis web ini bisa diakses melalui web dan aplikasi dengan menggunakan koneksi internet yang stabil dan lancar.

Webinar adalah seminar online yang memungkinkan pembicara bisa membagikan materi melalui media elektronik yang tersambung dengan koneksi internet. Jadi meskipun tidak dilakukan secara tatap muka, namun webinar ini bisa membuat antusias para peserta tetap sama dengan seminar yang digelar offline.

Webinar juga bisa dilakukan untuk proses mengajar dan berbagi informasi tanpa perlu membutuhkan ruang besar. Sebab bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dengan menggunakan computer, laptop, ataupun ponsel pintar.

2 dari 8 halaman

Jenis-Jenis Webinar

Webinar adalah seminar online yang memiliki beberapa jenis. Terdapat tiga jenis webinar yang bisa dilakukan untuk berbagi informasi menggantikan pertemuan tatap muka.

Jenis-jenis webinar adalah sebagai berikut:

1. The Lead-Generation or Sales Webinar

Webinar jenis ini biasanya dipakai untuk proses marketing atau para pemasar. Tujuannya adalah untuk meningkatkan leads. Peserta dalam webinar ini juga bisa langsung mendaftarkan diri dan emailnya melalui website yang telah disediakan khusus.

Jika sudah terdaftar, peserta biasanya akan diberi akses untuk masuk ke webinarnya. Peserta juga akan mendapatkan materi  atau modul yang disampaikan dalam seminar online tersebut. Webinar jenis ini cocok untuk peserta yang ingin mencari banyak informasi dan pemahaman baru.

3 dari 8 halaman

2. The One-off for Profit-Webinar

Jenis webinar yang satu ini ditujukan untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya terutama bagi sales atau pemasar. Bagi para peserta pastikan sudah memiliki biaya untuk turut serta dalam seminar online ini. Sebab biasanya peserta dipungut biaya untuk mengikuti webinar semacam ini.

Namun biasanya webinar yang dipungut biaya akan memberikan informasi yang lebih berkualitas. Pembicara dalam seminar online jenis ini dipastikan sudah professional dan bisa diandalkan.

Biaya yang dikeluarkan oleh peserta akan sepadan dengan ilmu yang didapatkan. Akan tetapi tetaplah berhati-hati dengan adanya aksi penipuan yang mengatasnamakan webinar.

3. The Multi-Module Webinar or Webinar Series

Webinar yang ketiga ini termasuk golongan webinar yang paling baik. Seluruh topik yang akan dijelaskan dalam webinar akan dijelaskan oleh pembicara seminar online dijamin berkualitas.

Penjelasannya lebih komprehensif dari biasanya karena materi disampaikan dengan gamblang dan jelas. Bahkan jika peserta ingin mengajukan pertanyaan juga dipersilahkan.

4 dari 8 halaman

Fungsi Webinar

Ilustrasi© Merdeka.com

Selain jenis-jenisnya, webinar juga memiliki fungsi yang membuatnya menjadi populer saat ini. Terdapat tiga fungsi webinar yang menjadi tujuan para pembuat acara dalam webinar yaitu:

1. Mengumpulkan Leads

Fungsi webinar adalah mengumpulkan leads, layaknya mengumpulkan anggota yang memiliki tujuan yang sama. Webinar akan mempermudah penonton dan peserta yang memiliki keinginan yang sama. Bagi pemasar, mereka akan lebih dipermudah melancarkan informasi yang disampaikan.

2. Mengumpulkan Feedback

Webinar juga berfungsi untuk mengetahui hasil dari promo atau campaign yang dilakukan dengan kuesioner melalui webinar.

Bagi yang menginginkan inovasi bisa mulai menyiapkan pertanyaan. Usahakan pertanyaan yang diajukan relevan dan akan menguntungkan, alias jangan asal-asalan karena kesempatan tak datang dua kali.

3. Promosi Produk atau Jasa

Fungsi webinar yang ketiga adalah untuk memberikan informasi campaign terbaru atau peluncuran produk bisa dilakukan melalui webinar. Meskipun memudahkan tetap pastikan informasi mengenai produk dan jasanya bagus.

Jika webinar berkualitas, biasanya menyajikan informasi yang kaya dan bermanfaat bagi banyak orang. Termasuk jika webinar itu hanya khusus bagian dari promosi produk dan jasa, juga harus menyajikan informasi berkualitas pula.

5 dari 8 halaman

6 Manfaat Webinar bagi Penggunanya

Ilustrasi© freepik.com

Webinar adalah seminar online yang memiliki manfaat luar biasa bagi para penggunanya, termasuk peserta dan pemasar.

Dengan mengetahui manfaat webinar di bawah ini, akan membaut para peserta menempatkan diri tanpa ragu untuk mulai mengikutinya. Mengingat saat pandemi, pertemuan tatap muka dengan banyak orang belum boleh digelar.

6 dari 8 halaman

1. Bagi Pemasar

Bagi para pemasar, sudah pasti webinar ini akan mendapat manfaat luar biasa. Apalagi bagi pemasar yang ingin menjaring leads, wajib menggelar webinar.

Kemudian bagi yang hendak mempromosikan sebuah produk, dijamin aka nada banyak keuntungan yang didapat dan tak mengecewakan. Pemasar akan lebih mudah membagikan informasi kepada segmentasi pasarnya.

2. Bagi Peserta

Selain pemasar, webinar juga bermanfaat buat para peserta yang mengikutinya. Peserta bisa mendapatkan ilmu yang banyak dari webinar yang diikutinya. Informasi akan lebihc epat didapat dari seminar online ini. Tentunya kamu tak perlu keluar rumah dan menghabsikan banyak waktu serta tenaga, sebab dengan di rumah saja, kamu bisa bertemu dengan pembicara dan orang-orang hebat di luar sana.

7 dari 8 halaman

3. Seminar Interaktif

Ilustrasi© freepik.com

Selain itu, manfaat webinar adalah seminar interaktif, artinya setiap peserta bisa bisa mengajukan pertanyaan ke pembicara maupun ke peserta lain untuk mendiskusikan topik yang sedang dibahas.

Dengan webinar, komunikasi dua arah masih tetap bisa terjalin tanpa bertemu secara langsung. Menarik sekali bukan?

4. Dapat Disaksikan Kembali

Tak kalah menarik, manfaat webinar adalah bisa disaksikan lagi meskipun sudah selesai. Kamu bisa menemukan dengan mudah acara webinar yang dicari hanya dengan menggunakan Google. Sebab webinar dirancang dengan optimalisasi SEO yang bisa memudahkan pencarian. Kamu bisa menyimak kembali topik seminar, diskusi, serta konklusi yang bisa didapat dari seminar tersebut.

8 dari 8 halaman

Beragam Fitur dan Lebih Hemat

5. Beragam Fitur

Manfaat webinar adalah tersedianya beragam fitur yang bisa digunakan selama acara seminar berlangsung. Mulai dari pertanyaan inetrakfit, fitur polling untuk jajak pendapat, survey, tes, hingga fasilitas power poit yang dapat menampilkan materi selama seminar.

Dengan banyaknya fitur tersebut dijamin acara seminar akan lebih terasa seperti halnya digelar tatap muka.

6. Hemat Waktu dan Biaya

Manfaat webinar yang juga bisa kamu dapatkan adalah bisa menghemat waktu lebih banyak. Jika biasanya orang harus meluangkan waktu dan menempuh perjalanan ke luar kota untuk menghadiri acara seminar, hal itu lain lagi dengan webinar.

Webinar atau seminar online lebih mudah dijangkau sehingga bisa menghemat waktu dan biaya dan tidak mengurangi esensi dari seminar itu sendiri. Webinar lebih hemat waktu, biaya, tenaga, dan sumber daya lainnya.

(Dilansir dari Berbagai Sumber)

Beri Komentar