Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

15 Manfaat Kemiri untuk Rambut, Bisa Mencegah Ketombe dan Uban di Usia Muda

15 Manfaat Kemiri untuk Rambut, Bisa Mencegah Ketombe dan Uban di Usia Muda Ilustrasi Rambut Kuat Dan Tebal Karena Perawatan Dengan Minyak Kemiri. (Foto: Shutterstock.com)

Dream – Manfaat kemiri untuk rambut memang sangat melimpah. Buah yang lebih dikenal sebagai rempah-rempah ini tak hanya cocok untuk bumbu masakan, tapi juga bagus untuk menjaga penampilan rambut agar tetap paripurna.

Kemiri atau Aleurites moluccanus merupakan buah dari pohon kemiri yang biasanya tumbuh di daerah iklim tropis seperti Indonesia. Buah kemiri yang bentuknya sangat mirip dengan kacang walnut ini dipercaya bisa mengatasi beberapa permasalah pada rambut.

Manfaat kemiri untuk rambut didapatkan dari protein, karbohidrat, mineral dan vitamin. Kandungan mineral yang ada di dalam kemiri di antaranya adalah fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Sementara vitamin yang ada di dalam kemiri adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B9. Kemiri juga mengandung beberapa zat lain yang bermanfaat seperti saponin, flavonoid, polifenol, dan fitosterol.

Manfaat kemiri untuk rambut ini sudah banyak dibuktikan dengan beragam testimoni masyarakat. Kemiri yang sudah diolah menjadi minyak diketahui memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk kulit kepala dan rambut.

Sudah sangat lama manfaat kemiri digunakan sebagai ramuan kesehatan rambut. Lantas apa saja manfaat kemiri untuk rambut? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini, dilansir Dream dari berbagai sumber.

Manfaat Kemiri untuk Rambut

1. Membantu Pertumbuhan Rambut

Biasanya bayi diberi sampo kemiri untuk menumbuhkan rambut si bayi. Karena manfaat kemiri untuk rambut memang bisa menumbuhkan rambut.

Hal ini juga bisa mengatasi bagi kamu yang mengalami rambut rontok atau mengarah pada kebotakan. Minyak kemiri memiliki sifat mencegah rambut rontok dan menstimulasi pertumbuhan rambut baru.

2. Mencegah Rambut Kering

Manfaat kemiri untuk rambut yang selanjutnya adalah mencegah rambut kering. Kandungan kemiri yang kaya akan asam amino dan asam lemak esensial mampu menembus hingga ke dalam lapisan kulit kepala. Hal inilah yang dapat membuat rambut terlihat lembab dan sehat.

3. Rambut Lebihh Berkilau

Manfaat kemiri untuk rambut juga bisa dibuktikan dengan kemampuannya mengatasi rambut dan membuatnya lebih berkilau.

Kandungan asam gamma-linoleic yang bisa berfungsi sebagai conditioner alami bagi rambut. Fungsinya yakni mengembalikan kelembapan rambut sehingga akan terlihat lebih berkilau.

Ilustrasi

4. Menguatkan Rambut

Manfaat kemiri untuk rambut yang selanjutnya adalah menguatkan rambut. Minyak kemiri bisa dijadikan masker rambut yang memiliki efek menguatkan rambut.

Hal ini karena kandungan asam linoleic dan linolenic pada minyak kemiri yang mampu melapisi, menutrisi dan melembapkan rambut serta memperbaiki rambut yang bercabang.

5. Mencegah Ketombe

Manfaat kemiri untuk rambut yang tak kalah penting adalah kemampuannya untuk mencegah ketombe. Sebab minyak kemiri mampu melembapkan rambut bukan hanya menyehatkan kulit kepala, namun juga mengatasi masalah ketombe.

6. Mengatasi Gejala Psoriasis

Gejala psoriasis adalah masalah rambut yang ditandai dengan munculnya kulit bersisik, gatal, dan rambut rontok.

Minyak kemiri dapat mengurangi gejala psoriasis tersebut karena bisa mengurangi peradangan dan gatal pada kulit kepala.

Manfaat Kemiri untuk Rambut

7. Aman Bagi Kulit Sensitif

Banyak produk kesehatan rambut yang memiliki efek samping yang merugikan. Namun minyak kemiri untuk rambut sangat aman untuk kulit sensitif. Karena minyak ini merupakan produk kecantikan rambut alami yang lansung diambil dari alam.

8. Mencegah Munculnya Uban di Usia Muda

Munculnya uban di usia muda juga menjadi masalah pada rambut. Manfaat kemiri untuk rambut salah satunya juga bisa mengatasi masalah uban di usia muda. Minyak kemiri diketahui memiliki kandungan vitamin E sebagai anti-oksidan yang berfungsi untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini, salah satunya rambut beruban.

9. Melembapkan Kulit Kepala

Manfaat kemiri untuk rambut yang bisa kamu dapatkan adalah kemampuannya melembapkan kulit kepala. Karena ia mengandung tannin yang merupakan antioksidan. Tannin di dalam minyak kemiri dapat membantu kulit kepala menjadi bersih dan terbebas dari bakteri.

Ilustrasi

10. Menjaga Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Kandungan vitamin E di dalam minyak kemiri mampu menjaga kerusakan rambut akibat paparan sinar matahari. Vitamin E bekerja menetralisir radikal bebas dan menjaga sel membrane dari kerusakan akibat sinat matahari.

11. Meluruskan Rambut

Manfaat kemiri untuk rambut juga bisa merangsang pertumbuhan rambut sehingga bisa lebih cepat Panjang. Selain itu juga bisa membantu meluruskan rambut. Rambut yang lurus karena pemakaian minyak kemiri tentulah tidak seperti hasil rebonding atau catok.

Akan tetapi rambut akan tampak lebih lurus alami dan terlihat indah. Gunakanlah minyak kemiri setelah keramas dengan mengoleskan mulai akar rambut hingga ujungnya.

12. Mengurangi Peradangan Akibat Ketombe

Manfaat kemiri untuk rambut juga bisa mengurangi peradangan karena ketombe. Asam linoleat pada kemiri merupakan jenis asam lemak tak jenuh Omega-6 yang memiliki manfaat sebagai antiinflamasi yang terkandung dalam minyak kemiri.

Selain bersifat sebagai antiinflamasi, kandungan tersebut juga dikenal efektif dalam mengurangi peradangan pada kulit kepala akibat ketombe.

Manfaat Kemiri untuk Rambut

13. Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat kemiri untuk rambut yang sayang untuk dilewatkan lainnya adalah dapat mengatasi rambut rontok. Selain memiliki kandungan omega, minyak kemiri juga memiliki kandungan thiamin atau vitamin B1 yang mampu meresap dengan baik ke dalam kulit kepala yang nantinya akan menutrisi akar rambut. Dengan begitu, rambutmu pun akan jauh lebih ternutrisi, sehingga rontok pun akan berkurang.

14. Menutrisi Rambut

Manfaat kemiri untuk rambut yang tak kalah penting adalah untuk menutrisi rambut. Dengan mengaplikasikan minyak kemiri secukupnya secara merata pada rambut dan kulit kepala, kamu sudah turut memenuhi kebutuhan nutrisi pada rambut.

Pijat secara perlahan pada kulit kepala dan biarkan semalaman. Esok hari bilas rambutmu dengan air dan sampo. Lakukan tindakan ini secara rutin agar rambutmu sehat dan semakin tebal.

15. Rambut Lebih Tebal dan Hitam

Ingin rambut lebih hitam secara alami? Minyak kemiri solusinya. Dengan mengaplikasikan minyak kemiri ke rambut secara rutin, kamu bisa mendapatkan rambut yang lebih tebal dan hitam.

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh, Penurun Gula Darah Hingga Anti-kanker

Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh, Penurun Gula Darah Hingga Anti-kanker

Inilah beberapa manfaat minum air rebusan ketumbar bagi kesehatan tubuh.

Baca Selengkapnya
Kulit Kepala Mudah Berbau Tak Sedap? Ini Cara Mengatasinya

Kulit Kepala Mudah Berbau Tak Sedap? Ini Cara Mengatasinya

Kulit kepala berbau bisa disebabkan kondisi medis tertentu dan gaya hidup. Cari tahu penyebab dan cara mengatasinya agar rambut tetap segar.

Baca Selengkapnya
Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut dengan Efektif Menggunakan Satu Bahan Alami

Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut dengan Efektif Menggunakan Satu Bahan Alami

Terdapat solusi yang simpel untuk menghilangkan kutu rambut tanpa perlu bahan kimia keras atau produk dengan harga tinggi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Masalah Kulit dan Rambut yang Bisa Terjadi Saat Berpuasa

5 Masalah Kulit dan Rambut yang Bisa Terjadi Saat Berpuasa

Berpuasa tidak hanya bermanfaat bagi kulit, tapi juga menyebabkan beberapa masalah seperti jerawat. Cari tahu masalah kulit lain dan cara mengatasinya.

Baca Selengkapnya
Rambut Makin Tebal di Tahun 2024, Ada 5 Cara yang Bisa Dicoba

Rambut Makin Tebal di Tahun 2024, Ada 5 Cara yang Bisa Dicoba

Sebaiknya, kurangi perawatan kimiawi agar rambutmu dapat tumbuh lebih baik.

Baca Selengkapnya
Potong Rambut Bikin Rambut Cepat Panjang, Benarkah?

Potong Rambut Bikin Rambut Cepat Panjang, Benarkah?

Memotong rambut dianggap bisa membuat rambut lebih cepat panjang, namun hal tersebut belum terbukti secara ilmiah. Dokter kulit pun memberikan penjelasannya.

Baca Selengkapnya
Tidur dengan Rambut Basah, Ini yang Akan Terjadi

Tidur dengan Rambut Basah, Ini yang Akan Terjadi

Apakah kebiasaan tidur dengan kondisi rambut yang basah setelah keramas itu tidak baik? Yuk, simak kebenarannya!

Baca Selengkapnya
Rambut Bisa Alami Penuaan, Cegah dengan Beberapa Bahan Aktif

Rambut Bisa Alami Penuaan, Cegah dengan Beberapa Bahan Aktif

Ternyata, rambut juga bisa mengalami penuaan. Tandanya pun sama seperti masalah rambut yang umum dialami. Cari tahu kandungan yang bisa mengatasinya.

Baca Selengkapnya
4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

Jangan sia-siakan malam tahun baru yang seru hanya karena perut tak nyaman akibat kembung, ikuti tips-tips ini.

Baca Selengkapnya