Bingung Memilih Jenis Masker? Ketahui Manfaat dan Cara Pakainya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 17 Oktober 2022 19:34
Bingung Memilih Jenis Masker? Ketahui Manfaat dan Cara Pakainya
Berbagai jenis masker memiliki fungsi utama yang dimaksimalkan dengan beragam bahan aktif. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan kulitmu.

Dream - Masker wajah telah menjadi tren sejak lama. Cara pakainya yang menyenangkan dan unik membuat semua orang tertarik untuk menggunakannya. Bahkan, masker wajah seringkali digunakan ketika menikmati quality time bersama keluarga atau teman.

Selain cara pakai yang menyenangkan, masker wajah juga diperkaya bahan aktif bermanfaat. Apalagi, kini semakin banyak jenis bahan aktif dengan konsentrasi cukup tinggi yang digunakan pada masker.

Sebelum menggunakannya, ketahui manfaat serta cara pakai berbagai jenis masker. Berikut informasinya dikutip dari Skincare.com.

1 dari 5 halaman

Jenis-jenis Masker Wajah

Clay Mask

Memakai Clay Mask© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Clay mask bertekstur kental dan biasa diaplikasikan menggunakan kuas ke seluruh wajah. Pemakaian masker ini dapat mengontrol produksi minyak dan membersihkan wajah secara maksimal.

Charcoal Mask

Sesuai dengan namanya, charcoal mask merupakan masker yang terbuat dari arang dan berfungsi untuk mendetoks serta membersihkan permukaan kulit.

2 dari 5 halaman

Sheet Mask

Jika ingin lebih praktis, gunakan sheet mask. Kamu pun tidak perlu membilasnya dengan air dan hanya perlu digunakan selama 10-20 menit. Biasanya, sheet mask memiliki manfaat serupa dengan serum yang mengandung bahan aktif untuk focused treatment.

Overnight Face Mask

Sebagian orang lebih suka menggunakan masker sepanjang malam agar tidak lupa untuk membilasnya setelah digunakan 10-15 menit. Jika kamu salah satunya, masker ini sangat cocok untukmu. Biasanya, masker ini ditujukan untuk memaksimalkan proses regenerasi kulit yang terjadi di malam hari.

3 dari 5 halaman

Waktu Terbaik untuk Memakai Masker

Saat Spa

Memakai Masker© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Maksimalkan perawatan tubuh saat spa dengan menggunakan masker. Kamu bisa relaksasi sambil menyalakan lilin, menonton tv, mendengarkan musik, atau menghirup essential oil untuk membuat suasananya lebih nyaman serta perawatannya maksimal.

Saat Menonton Acara Favorit

Saat menonton acara TV atau film favorit, cobalah sambil menggunakan masker wajah agar kulitmu mendapatkan perawatan ekstra di waktu luang.

4 dari 5 halaman

Selama Meditasi

Menggunakan wasker majah sambil bermeditasi dapat membantu menenangkan pikiran dan kulit. Kamu pun tidak akan bergerak banyak selama meditasi, sehingga akan lebih nyaman menggunakan masker wajah.

Saat Berendam

Berendam dalam bak mandi adalah salah satu cara terbaik melepas lelah. Untuk memaksimalkannya, gunakan masker wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Ketika di Pesawat

Melakukan perjalanan dengan pesawat adalah waktu yang sangat pas untuk memakai masker. Udara di dalam pesawat dapat membuat kulit kering. Kamu bisa menjaga kulit tetap lembap, tenang, dan segar dengan menggunakan masker wajah.

5 dari 5 halaman

Setelah Beraktivitas di Bawah Matahari

Setelah berpanas-panasan, gunakanlah masker wajah untuk menenangkan kulit. Meski tidak terlihat tanda iritasi akibat paparan matahari, namun hal tersebut masih bisa berdampak buruk. Apalagi, jika kamu terus-terusan beraktivitas di bawah matahari.

Sebelum dan Setelah Bepergian

Masker wajah bisa menjadi salah satu rutinitas baru di pagi maupun malam hari. Tapi, pastikan pemakaian masker tidak membuat wajahmu jenuh akibat terlalu banyak menggunakan skincare.

Ketika Stres

Ketika stres, kulit pun juga ikut merasakannya. Gunakanlah masker wajah untuk membuat kulit lebih tenang. Biasanya, sensasi dingin dari masker juga bisa membuatmu lebih tenang.

Sebelum Tidur

Memakai masker sebelum tidur bisa memaksimalkan perawatan kulit di malam hari. Sehingga, kulitmu akan terlihat lebih glowing dan sehat di pagi hari. Pemakaian masker juga akan membuat perawatan kulit lebih maksimal serta pemakaian makeup lebih mudah.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita

Beri Komentar