DIY Cara Mencegah Bulu Mata Rontok Sehabis Memakai Maskara

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 1 Juli 2022 17:47
DIY Cara Mencegah Bulu Mata Rontok Sehabis Memakai Maskara
Jangan sampai proses pengaplikasian dan pembersihan maskara membuat bulu matamu cepat rontok.

Dream - Kebiasaan sebagian dari kita mungkin akan memakai penjepit dan maskara untuk membuat bulu mata tampak lebih panjang, tebal, serta lentik. Sayangnya, kebiasaan tersebut bisa membuat bulu mata mudah rontok. Terutama, jika kamu melakukannya terlalu sering dan kasar.

Kerontokan terutama dipicu cara menjepit yang terlalu kencang atau kasar serta membersihkan maskara dengan menggosok bulu mata.

Selain memperlakukan bulu mata lebih lembut dan hati-hati, Makeup Artist, Ryan Ogilvy mengingatkan untuk membersihkan maskara secara perlahan. Menggunakan pembersih makeup berkualitas juga penting untuk menjaga kesehatan bulu mata.

" Makeup remover-nya ditaruh di kapas yang kualitasnya bagus. Bukan kapas yang gampang bredel," kata Ryan dalam peluncuran Maybelline Sky High Waterproof Mascara di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat 1 Juli 2022.

1 dari 5 halaman

Membersihkan Makeup© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Selain itu, gunakan pembersih makeup yang mengandung minyak agar lebih aman untuk area mata dan tidak menyebabkan munculnya tanda penuaan dini.

" Mata kan, bagian sensitif. Jadi, pakai pembersih yang ada oil-nya. Kalau liquid cuma buat bersihin full face aja," ujarnya. Setelahnya, mulai bersihkan maskara dengan menempelkan kapas pada bulu mata, diamkan selama beberapa saat, dan tarik ke bawah secara perlahan.

Dengan begitu, bulu matamu tidak mudah rontok dan proses membersihkan maskara tidak menyebabkan penuaan dini di sekitar mata.

2 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Face Oil untuk Kulit Berminyak

Dream - Kulit berminyak seringkali terasa lengket dan kurang nyaman. Apalagi, saat berada di tempat yang penuh debu atau polusi. Rasanya enggan untuk menggunakan pelembap atau face oil yang mampu meningkatkan kelembapan saat melakukan rutinitas pemakaian skincare di pagi maupun malam hari.

Tapi, sebenarnya kamu tetap harus menggunakan pelembap meski memiliki kulit berminyak. Pasalnya, pelembap berfungsi untuk menjaga dan mengunci kelembapan kulit.

Membersihkan Wajah Terlalu Sering Malah Sebabkan Jerawat, Ini Penjelasannya

Jadi jika tidak menggunakannya, wajah akan kekurangan hidrasi. Akhirnya, kulitmu akan memproduksi minyak alami lebih banyak dari biasanya untuk menutupi kekurangan kadar sebum.

Wajah pun akan semakin mudah berjerawat atau memiliki komedo. Jika dilakukan untuk jangka waktu lama, kulit akan lebih mudah iritasi dan mengalami masalah yang semakin sulit diatasi. Maka dari itu, kulit berminyak pun tetap harus menggunakan pelembap. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan face oil meski kulitmu berminyak.

Salah satu cara nyaman untuk menggunakan face oil adalah dengan menggabungkan produk makeup atau skincare lain. Berikut saran Dokter Kulit, Yessica Tania dalam menggunakan face oil pada kulit berminyak.

Menggunakan Skincare© Shutterstock

1. Face Oil dan Toner

Mencampur toner dan face oil bisa membuat manfaatnya semakin banyak dalam sekali pakai. Cara ini juga membuat konsistensinya lebih encer dan nyaman digunakan. Tapi, perhatikan kandungan kedua produk tersebut. Pasalnya, beberapa kandungan skincare tidak bisa digabungkan dan justru mengurangi fungsi produk.

3 dari 5 halaman

2. Face Oil dan Pelembap

Memakai Pelembap© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Wajah TikToker jadi Mirip Sisca Kohl Usai Dirias, Warganet Puji ‘Ciptaan yang Indah’

Selain toner, kamu juga bisa mencampurnya dengan pelembap untuk meningkatkan kandungan kelembapannya serta menghemat waktu pemakaian rangkaian skincare. Hal ini biasa dilakukan di malam hari agar wajah terasa kenyal saat bangun di pagi hari.

3. Face Oil dan Body Lotion

Meski wajah terasa lembap, terkadang kulit di area tubuh lainnya terasa kering. Campuran face oil dan body lotion bisa membantu melembapkan serta meningkatkan hidrasi kulit. Tekstur face oil maupun body lotion juga tidak terasa terlalu greasy dan lengket ketika dicampurkan.

4 dari 5 halaman

4. Face Oil dan Foundation

Memakai Foundation© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Tidak Perlu Lash Lift, Cara Ini Bisa Bikin Bulu Mata Lentik, Panjang, dan Tebal untuk Waktu Lama

Jika ingin menghemat pemakaian foundation, campurkan produk tersebut dengan face oil. Kamu bisa mencampurkan face oil dalam jumlah yang lebih sedikit agar tidak terlalu lembap.

Campuran keduanya akan lebih cocok jika kamu memakai foundation dengan hasil matte agar tidak terlalu kering dan lebih mudah menempel pada kulit.

5. Face Oil untuk Area Tubuh Lainnya

Selain dicampur, face oil juga bisa mencegah dan mengatasi tumit kering serta pecah-pecah. Produk tersebut pun mampu melembapkan kuku dan meningkatkan kesehatan kutikula.

Beri Komentar