Coba Dua Metode untuk Kenali Jenis Kulitmu

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 8 Maret 2022 19:36
Coba Dua Metode untuk Kenali Jenis Kulitmu
Biar kita tak salah memilih produk perawatan sehari-hari.

Dream - Kunci melakukan perawatan kulit yang tepat adalah dengan menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit. Untuk itu Sahabat Dream jangan sampai salah menganalisis jenis kulit.

Selalu ingat, jenis kulit kita dapat berubah seiring waktu. Bisa karena perubahan hormon, kehamilan, obat-obatan, masalah medis atau usia. Pada umumnya, kulit manusia terbagi menjadi 5 jenis, yaitu normal, kering, berminyak, kombinasi, sensitif.

Lalu yang mana jenis kulitmu? Untuk mengetahuinya, terdapat 2 metode yang bisa dilakukan yaitu cara bare face dan metode menggunakan oil blotting sheet.

Metode Bare Faced
Untuk menerapkan metode ini, mulailah dengan membersihkan wajah dengan pembersih yang lembut. Buat kulit bersih tanpa menyebabkan iritasi atau mengelupas terlalu banyak. Sekitar 40 menit kemudian periksa kembali kondisi kulit.

Oil Blotting Sheet
Metode menggunakan oil blotting sheet, yaitu menggunakan kertas penyerap minya. Caranya, setelah cuci muka, tunggu satu jam. Gunakan kertas tersebut ke berbagai bagian wajah. Lembaran ini menyerap minyak di permukaan kulit, yang berguna untuk tahu seberapa banyak minyak yang di area wajah

 

1 dari 5 halaman

Setelah menggunakan salah satu metode tersebut kamu bisa menentukan jenis kulit kamu. Berikut hasil jenis kulit kamu saat menggunakan 2 metode ini:

Barang Wajib untuk Pemilik Kulit Berminyak!© MEN

Kulit berminyak

Untuk metode bare-faced, kamu memiliki kulit berminyak jika pipi, hidung, dahi, dan dagu mengkilap atau berminyak. Bila menggunakan kertas, jika kertas sangat berminyak di semua bagian termasuk pipi.

Minyak berlebih dapat menyumbat dan memperbesar pori-pori pada mereka yang memiliki kulit berminyak, serta membuatnya cukup terlihat. Selain itu akan memunculkan komedo dan jerawat.

 

2 dari 5 halaman

Kulit Kering

Jika kulit kamu terasa kencang, kering, dan mengelupa saat tersenyum, kamu memiliki kulit kering. Saat menggunakan metode sheet blotting oil hampir tidak ada atau sangat sedikit minyak pada lembaran.Perbanyak minum air putih. Gunakan pelembap secara rutin dan hydrating toner untuk memaksimalkan hidrasi.

Kulit kombinasi
Jika kamu memiliki jenis kulit kombinasi, kulit akan berminyak pada zona-T yang meliputi hidung, dahi dan dagu tetapi pipi normal atau sedikit kering. Saat kamu menggunakan sheet oil pada area itu akan menyerap banyak minyak.

Dalam hal perawatan kulit, memang harus memadukan keduanya. Sesuaikan produk dengan kondisi kulit. Hindari produk yang menyebabkan kulit kamu menghasilkan terlalu banyak minyak atau menjadi terlalu kering.

 

3 dari 5 halaman

Kulit Sensitif

Gejala dan indikator kulit sensitif tidak dapat didiagnosis dengan benar dengan 2 metode ini, tetapi sangat jelas dan mudah dikenali. Kamu mungkin memiliki kulit sensitif jika kulit terkadang menjadi merah, mudah terbakar sinar matahari, berjerawat karena produk krim, atau kulit meradang dan gatal.

Perawatan Kulit Wajah Tergantung dengan Kondisi Wajah© MEN

Kulit Normal
Metode bare-faced pada kulit normal akan ada sedikit kilau pada zona-T yang tampak lebih bercahaya daripada minyak. Tidak ada kulit kering dan kulit terasa lembut dan halus. Metode sheet blotting oil ada sedikit minyak pada lembar penyerap, tetapi tidak berlebihan.

Laporan Amanda Putri Ivana/ Sumber: Fustany

4 dari 5 halaman

4 Cara Mudah Manjakan Kulit, Hasilnya Bikin Pangling

Dream - Memiliki kulit yang sehat menjadi idaman semua kaum Hawa. Demi mendapatkannya, tentu ada ada proses yang harus dijalani untuk mewujudkannya. 

Kulit yang sehat dapat dimiliki dengan melakukan perawatan yang tepat. Selain itu, penting untuk menerapkan kebiasaan yang baik agar kulit tampak glowing dan sehat.

Untuk memiliki kulit yang lebih sehat, pastikan kamu sudah mengenal kulit kamu secara menyeluruh, dan melakukan perawatan yang tepat untuk kulit. 

Apa pun jenis kulit, pastikan membeli produk perawatan yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit. Tak harus selalu ke klinik kecantikan, perawatan berikut dengan produk yang banyak beredar di pasaran secara rutin juga bisa menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tampak glowing. 

1. Menggunakan Serum Vitamin C

Serum vitamin C tak hanya dapat bermanfaat untuk bantu mencerahkan wajah, melainkan juga dapat bantu tangkal radikal bebas. Kandungan vitamin C memiliki antioksidan yang tinggi, yang bagus untuk membuat kulit sehat, dan terlindung dari polusi. 

 

 

5 dari 5 halaman

2. Toner
Pengunaan toner dalam merawat wajah sering dilewatkan, padahal dengan menggunakan toner kamu bisa bantu mengecilkan pori-pori, dan membuat kulit lebih halus. Toner juga dapat membantu membersihkan kotoran, minyak, dan debu, sekaligus melembapkan kulit. 

3. Menggunakan Sunscreen 

Menggunakan sunscreen wajib banget dilakukan. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari, harus dilakukan untuk mencegah dampak buruknya kamu alami. Dengan menggunakan sunscreen setiap hari, kulit kamu bisa terlindungi dari paparan sinar matahari, dan membuat kulit menjadi lebih sehat. 

4. Membersihkan Alat Makeup 
Menggunakan makeup setiap hari pasti membuat alat riasan wajah kamu kotor, baik dari debu atau pun sisa-sisa makeup. Jika tak rajin dibersihkan, alat makeup bisa menjadi sumber permasalahan kulit wajah kamu. 

 

Sumber: Femina.in

 

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More