Cara Dapatkan Rambut Sehat dan Bervolume dengan Pemakaian Hot Brush yang Tepat

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 26 September 2022 09:12
Cara Dapatkan Rambut Sehat dan Bervolume dengan Pemakaian Hot Brush yang Tepat
Jangan sampai rambutmu bermasalah akibat cara pakai alat penata rambut yang salah.

Dream - Bagi para perempuan yang sering mengubah gaya rambut, heated styling atau hot brush merupakan alat praktis untuk digunakan sehari-hari. Kamu bisa mempersingkat waktu saat menata rambut karena tidak perlu menggunakan pengering dan alat penata lain seperti catokan untuk memaksimalkan penampilan.

Kamu hanya perlu menggunakan hot brush untuk mengeringkan sekaligus menata rambut. Rambut pun akan langsung terlihat bervolume ketika kering. Tapi, pemakaian hot brush akan lebih mudah membuat rambut kering dan bercabang karena aliran panas yang semakin dekat dengan rambutmu.

Maka dari itu, kamu harus memperhatikan cara pemakaiannya agar tetap aman untuk rambut. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut saat menggunakan hot brush dilansir dari Martha Stewart.

1 dari 5 halaman

Cara Pakai Hot Brush

Hot Brush© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Untuk menghindari dampak buruk pemakaian alat penata rambut bersuhu panas, pastikan kamu tidak menggunakannya setiap hari. Jika ingin mempertahankan tekstur rambut, kamu bisa menggunakan scarf, headband, atau aksesoris lainnya.

Kamu juga bisa menggunakan dry shampoo jika rambut terasa berminyak agar tidak perlu memakai sampo dan harus menata rambutmu kembali.

Ketika menggunakan hot brush, pastikan juga suhunya tidak terlalu tinggi. Semakin rendah suhu hot brush atau alat penata rambut lainnya, akan semakin kecil juga dampak buruk yang bisa dialami rambutmu.

2 dari 5 halaman

Cara Mempersiapkan Rambut Sebelum Menggunakan Heated Styling Brush

Mulai dengan Rambut Lembap

Sebaiknya, gunakan hot brush ketika rambut lembap menuju kering. Pasalnya, menggunakan hot brush saat rambut kering akan membuat rambutmu tampak kusam dan tidak bervolume.

Tapi, kamu pun harus menghindari pemakaian hot brush ketika rambut masih basah. Apalagi, jika suhu hot brush cukup panas. Hal ini akan membuat rambutmu rapuh, bercabang, dan rusak.

3 dari 5 halaman

Gunakan Heat Protectant

Memakai Serum Rambut© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Sebelum menggunakan hot brush atau alat penata rambut bersuhu panas, aplikasikan heat protectant ke seluruh batang rambutmu. Sehingga, rambutmu akan terlindungi dari suhu panas hot brush, hairdryer, maupun alat penata rambut lainnya.

Pemakaian conditioner setiap keramas juga membantu mencegah masalah rambut ketika menggunakan hot brush. Tapi, pastikan kamu hanya menggunakan conditioner pada batang rambut.

Belah Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Untuk mempermudah menata rambut, bagi rambut menjadi beberapa bagian. Kamu bisa membaginya menjadi 4 bagian, bagian atas, belakang, dan samping kiri maupun kanan.

4 dari 5 halaman

Cara Aman Menggunakan Hot Brush

Mulailah proses menata dan mengeringkan rambut dari bagian atas. Lalu, keringkan dan tata rambutmu menggunakan hot brush dari dekat akar hingga ke ujung rambut.

Bila perlu, pastikan hot brush tidak terlalu dekat kulit kepala dan jangan tarik rambut terlalu kencang untuk mencegah kerontokan. Lakukan hal yang sama pada rambut bagian belakang dan samping kiri maupun kanan.

Kunci tekstur rambut menggunakan hairspray jika ingin lebih tahan lama. Terutama, jika kamu menghadiri acara formal yang memakan waktu cukup lama.

5 dari 5 halaman

Kesalahan yang Harus Dihindari

Untuk menghindari kerusakan rambut, pastikan tidak memegang hot brush terlalu dekat dengan rambut untuk waktu lama agar kulit kepala tidak terbakar. Selain itu, jangan menggunakan hot brush dari ujung hingga mendekati akar rambut.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita

Beri Komentar