Jangan Sembarang Menyimpan Sunscreen, Ini Cara yang Tepat

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 21 Juli 2021 17:35
Jangan Sembarang Menyimpan Sunscreen, Ini Cara yang Tepat
Penyimpanan yang tepat membuat produk bekerja efektif.

Dream – Dari sekian banyak produk perawatan kulit wajah ada satu yang wajib dimiliki dan digunakan setiap hari, terutama saat keluar rumah, yaitu sunscreen atau tabir surya. Mungkin Sahabat Dream memiliki banyak produk sunscreen, tapi apakah sudah disimpan dengan tepat?

Sunscreen merupakan salah satu skincare yang tidak bisa ditimbun terlalu lama. Fungsi utamanya adalah sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari, mencegah flek hitam dan memperlambat munculnya keriput pada wajah.

Formula pada produk skincare bisa bekerja efektif jika disimpan dengan tepat. Agar tak salah dalam menyimpannya, pastikan Sahabat Dream mengetahui hal-hal berikut.

Umur simpan sunscreen
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menjelaskan sebaiknya produk sunscreen digunakan dalam jangka waktu 3 tahun sejak pertama kali dibuka. Dokter Brooke Jeffy, spesialis kulit di Pore House mengatakan, apabila pada kemasan tertera tanggal kedaluwarsa, pastikan produk digunakan sebelum tanggal tersebut.

" Namun, bila tidak ada tanggalnya, dapat diasumsikan efektivitasnya selama tiga tahun setelah tanggal pembelian. Sebagai catatan, produk wajib disimpan pada suhu ruangan," ujar Jeffy dikutip dari Real Simple.

Bila merasa tekstur sunscreen lebih cair atau warnanya menggelap yang menunjukkan oksidasi, segera buang tersebut. Perubahan konsistensi produk bisa jadi indikasi filter UV yang ada dalam kandungan sunscreen tersebut tidak lagi melindungi lapisan kulit dari paparan sinar matahari.

 

1 dari 4 halaman

Cara terbaik menyimpan sunscreen

Hal yang paling penting tentunya simpan di tempat yang sejuk dan terhindar dari paparan sinar matahari. Jangan simpan di tempat yang panas seperti dalam mobil atau tempat yang lembap dan rentan menyebabkan penumpukan jamur seperti kamar mandi.

Sunscreen© Shutterstock

" Panas dan lembap yang berlebih akan menghilangkan efektivitas sebotol sunscreen," kata Jeffy.


Laporan: Elyzabeth Yulivia/ Sumber: Real Simple

2 dari 4 halaman

Ingat! Wajib Pakai Sunscreen Meski di Rumah Saja

Dream - Penggunaan sunscreen sangat penting, terutama untuk kamu yang sering beraktivitas di luar rumah. Sebab, sunscreen mampu menjaga kulit dari paparan sinar matahari secara langsung, menjaga warna kulit tetap merata, mencegah munculnya komedo, serta mencegah penuaan dini.

Dalam webinar Rahasia Kulit Cerah, Glowing dan Bebas Kusam, yang dilaksanakan Dream.co.id dan Nouria, Selasa, 25 Mei 2021, Dr. Novia Ardiani membagikan beberapa informasi mengenai penggunaan sunscreen yang baik dan treatment apa saja yang bisa kamu lakukan untuk masalah kulit.

Webinar Nouria & Dream.co.id© Dream.co.id/Radhika Nada

3 dari 4 halaman

Gunakan sunscreen setiap hari

Sebagian orang memahami penggunaan sunscreen hanya digunakan saat bepergian ke luar rumah saja, atau ke tempat outdoor yang memiliki pancaran sinar matahari langsung, tidak untuk berada seharian di dalam ruangan.

Namun ternyata itu sebuah anggapan salah, penggunaan sunscreen harus dilakukan setiap hari, baik kamu akan keluar ruangan ataupun tidak.

Karena nyatanya, di rumah pun pasti ada celah untuk sinar matahari masuk, walau tidak secara langsung terkena wajah. Untuk itu penggunaan sunscreen sangat disarankan untuk menjaga kulit kita tetap baik.

4 dari 4 halaman

Penggunaan sunscreen dua kali dalam sehari

Webinar Nouria & Dream.co.id© Dream.co.id/Radhika Nada

Setiap orang biasanya menggunakan sunscreen di pagi hari sebelum melakukan aktivitas, dan penggunaannya hanya dilakukan sekali saja karena dirasa sudah cukup.

Padahal, penggunaan sunscreen yang baik itu ternyata harus 3-4 jam sekali. Misal penggunaan pertama pada jam 8 pagi, kamu bisa gunakan kembali di jam 12 siang.

Jadi total penggunaan sunscreen yang baik adalah dua kali dalam sehari, karena setelah pemakaian sunscreen yang kedua akan tahan hingga sore hari setelah beraktivitas seharian.

Reporter: Radhika Nada

Beri Komentar