Ketahui Jenis Laser yang Tepat untuk Mengatasi Bekas Jerawat

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 12 Maret 2022 14:00
Ketahui Jenis Laser yang Tepat untuk Mengatasi Bekas Jerawat
Cari tahu juga efek sampingnya.

Dream ─ Menyembuhkan jerawat saja belum cukup. Kamu juga harus menghilangkan bekasnya agar kulit wajah kembali mulus. Jika tidak, bekas jerawat akan meninggalkan noda kemerahan, kecokelatan, bahkan mengubah tekstur kulit.

Terutama, jika kamu sering memencet atau memegang jerawat dan tidak mengatasinya dengan cara yang tepat. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan berbagai perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Salah satu cara yang dianggap paling efektif adalah perawatan laser. Laser untuk menyembuhkan bekas jerawat terdiri dari berbagai jenis dan harus dicocokkan dengan kebutuhan kulit serta jenis bekasnya.

Dilansir Byrdie, berikut beberapa jenis perawatan laser yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan bekas jerawat.

1 dari 4 halaman

1. Fractionated Resurfacing Laser

Melakukan Perawatan Kulit© Shutterstock

Jika bekas jerawatmu cukup tebal dan bertekstur tidak rata, kamu bisa melakukan perawatan ini agar kulitmu kembali mulus. Tidak hanya mengembalikan tekstur kulit, kamu juga bisa melakukan perawatan ini untuk mengatasi hiperpigmentasi berwarna kecokelatan akibat munculnya jerawat.

Melakukan perawatan ini juga dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit yang berfungsi untuk menghaluskan serta meratakan tekstur wajah.

2 dari 4 halaman

2. Pulsed-Dye Laser (PDL)/Intense-Pulsed Light Laser (IPL)

Perawatan ini cukup sering dilakukan untuk mengatasi bekas jerawat. Terutama, jika kamu memiliki bekas jerawat yang bertekstur tebal, halus, dan mengalami hiperpigmentasi berwarna kemerahan, kecokelatan, atau bahkan kehitaman.

3. Microneedline Radio-Frecuency with Blue Light Technology

Kamu bisa melakukan hal ini jika kedua jenis perawatan sebelumnya tidak cocok atau tidak bisa menyembuhkan bekas jerawatmu.

Perawatan ini dilakukan dengan menusukkan jarum kecil pada wajah untuk mempermudah masuknya kandungan atau bahan kimia yang bermanfaat sebagai solusi bekas jerawat.

Sementara blue-light technology digunakan untuk mengurangi bakteri penyebab jerawat.

3 dari 4 halaman

Melakukan Perawatan Kulit© Shutterstock

Ketiga perawatan tersebut tidak hanya bermanfaat untuk menyembuhkan bekas jerawat. Perawatan tersebut jga bisa meratakan tekstur serta warna kulit dan mencegah penuaan dini. Sehingga, kulitmu tampak lebih flawless dan halus.

Tapi, beberapa orang akan merasakan efek samping setelah perawatan laser, seperti sensasi terbakar, kulit memerah, membengkak, bahkan mengelupas. Sebagian orang juga bisa mengalami perubahan warna kulit serta kondisi jerawat semakin parah akibat laser.

Kamu pun perlu melakukan perawatan bertahap untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal. Jadi, kamu harus berhati-hati dan berkonsultasi pada dokter kulit sebelum melakukan perawatan tersebut.

4 dari 4 halaman

Melakukan Perawatan Kulit© Shutterstock
Perhatikan juga beberapa hal setelah melakukan perawatan laser untuk menghindari efek samping buruk pada wajah. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah menggunakan tabir surya karena kulit bisa menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari.

Hindari beberapa jenis perawatan atau produk yang tidak dianjurkan dokter kulit. Kurangi intensitas berolahraga. Terutama, jika dokter kulit pun melarangnya.

Jangan lupa juga untuk menggunakan perawatan kulit yang berformula ringan bagi kulit agar lebih aman dan tidak menyebabkan kemerahan maupun iritasi.

Laporan: Abinsha Nurmaulida

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More