Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kondisi Jerawat Parah, Perlukan Konsumsi Obat Minum?

Kondisi Jerawat Parah, Perlukan Konsumsi Obat Minum? Perawatan Wajah

Dream - Masalah jerawat kerap membuat kaum Hawa kehilangan kepercayaan diri. Terutama jika kondisinya parah, sepertii berukuran besar, menumpuk, kemerahan dan memicu rasa gatal serta perih.

Dalam kondisi ini, jika berlangsung cukup lama, biasanya penggunaan skincare biasa yang banyak bereda di pasaran tak memampan untuk mengatasi. Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Tak hanya itu, bisa jadi penderita jerawat membutuhkan asupan obat oral. Obat tersebut hanya bisa diresepkan oleh dokter dan tak boleh diminum sembarangan tanpa pemeriksaan lebih dulu.

Dokter Arthur S. Simon, SpKK dalam akun Instagramnya @dokterkulitku memberi penjelasan kapan kondisi jerawat yang membutuhkan obat minum. Hal ini penting untuk diketahui.

"Perlu obat minum nggak? Tergantung. Pada dasarnya jerawat terjadi karena penyumbatan pori-pori yang disebabkan oleh penumpukan minyak dan kotoran. Ada saat-saat kemudian datanglah para bakteri yang kemudian menyebabkan peradangan dan infeksi," ungkap dr. Arthur.

Bila jerawat yang muncul dipicu bakteri dan mengalami peradangan, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik. Kondisi jerawat yang dipicu bakteri dan mengalami peradangan memiliki kekhasan. Berikut fotonya.

Jerawat meradang

"Kalau sudah kaya gitu penampakannya, ketika kamu berobat mungkin akan diberikan antibiotik untuk meredakan peradangannya dan membantu tubuh melawan bakteri tersebut dari dalam," tulis dr. Arthur.

 

Sementara jika jerawat yang muncul dipicu kondisi hormon yang tak stabil, dokter bisa memberikan pil KB. "Kalau jerawat disebabkan oleh hormon, kondisinya berbeda lagi. Tak seperti jerawat karena peradangan bakteri Kamu mungkin akan dikonsulkan ke SpOG untuk diberikan pil KB demi membantu merelegulasi hormon," ungkap dr. Arthur.

Ia mengingatkan jangan mengonsumsi sembarang obat untuk meredakan jerawat. Pastikan konsultasi dengan dokter lebih dulu, karena minum obat sembarangan tanpa resp bisa berdampak buruk.

Awas! Cream Blush Bisa Sebabkan Jerawat dan Beruntusan

Dream - Menggunakan makeup memang bisa membuat wajahmu terlihat lebih menarik dan cantik. Tapi, bukan berarti kamu bisa menggunakannya sembarangan.

Jika salah menggunakan makeup, kamu bisa mengalami berbagai masalah kulit. Salah satu masalah kulit yang paling sering dialami adalah jerawat dan beruntusan.

Jerawat dan beruntusan tidak hanya terjadi akibat makeup yang tidak dibersihkan dengan tepat ketika membersihkan riasan. Tapi, juga bisa diakibatkan oleh jenis dan formula produk itu sendiri.

Blush bisa menyebabkan jerawat dan beruntusan

Dilansir Byrdie, pemakaian cream blush ternyata dapat menyebabkan jerawat dan beruntusan. Dermatologis, Alexandra Snodgrass, mengungkapkan bahwa hal tersebut disebabkan oleh jenis cream blush yang memiliki kandungan bersifat non-comedogenic dan bisa menyebabkan jerawat.

Memakai Cream Blush

Biasanya, kandungan tersebut bertujuan untuk membuat blush lebih mudah diratakan pada kulit. Maka dari itu, kamu harus selalu memerhatikan kandungan pada blush dan pilih produk yang bersifat non-comedogenic. Terutama, jika ingin memakai cream blush.

Di samping memerhatikan produk kosmetik yang digunakan, perhatikan juga kondisi tubuhmu. Mulai dari perubahan atau keseimbangan hormonal, peradangan, perkembangan bakteri, serta sel kulit mati. Sehingga, kamu bisa mengetahui penyebab jerawat dan beruntusan yang sedang dialami.

Kandungan kosmetik yang perlu dihindari

Memakai Blush

Berhati-hatilah ketika menggunakan kosmetik yang memiliki kandungan coconut, flaxseed, palm, dan soybean oils. Keempat kandungan tersebut diklaim bersifat non-comedogenic dan bisa menyebabkan jerawat maupun beruntusan.

Pastikan juga produk yang digunakan tidak mengandung banyak minyak. Jika ingin mengurangi kandungan minyak pada produk makeup, aplikasikanlah menggunakan kuas yang bersih. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan wajah sebelum dan setelah makeup agar bisa lebih efektif mencegah beruntusan maupun jerawat.

Tips memilih blush yang lebih aman pada kulit

Terlepas dari memerhatikan kandungan produk, kamu juga bisa memilih formula yang lebih cocok untuk jenis kulitmu. Kulit yang kering lebih cocok menggunakan cream blush. Sedangkan, kulit berminyak lebih cocok menggunakan powder blush untuk meminimalisir potensi beruntusan atau jerawat.

Laporan: Anzila Riskia Putri

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Konsumsi Telur Bisa Bantu Jaga Berat Badan, Coba Yuk!

Konsumsi Telur Bisa Bantu Jaga Berat Badan, Coba Yuk!

Namun, perlu diingat bahwa konsumsi telur harus seimbang dan sesuai dengan kebutuhan individu.

Baca Selengkapnya
Lebih Sehat Cokelat Hitam atau Cokelat Putih? Cari Tahu Faktanya

Lebih Sehat Cokelat Hitam atau Cokelat Putih? Cari Tahu Faktanya

Cokelat putih sering dijadikan bahan dalam berbagai hidangan pencuci mulut, mulai dari kue hingga es krim.

Baca Selengkapnya
Saat Jerawat Muncul Minumlah Teh Hijau, Biar Kulit Cepat Mulus Kembali

Saat Jerawat Muncul Minumlah Teh Hijau, Biar Kulit Cepat Mulus Kembali

Bukan hanya perawatan dari luar, kulit juga butuh asupan nutrisi dari dalam.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

Perawatan kulit setelah berolahraga sedikit berbeda daripada biasanya. Jangan sampai salah pakai produk dan cari tahu cara tepat merawat kulit usai berolahraga.

Baca Selengkapnya
Buah Tak Disarankan Dibikin Jadi Jus, Konsultan Gizi dengan 324 Ribu Follower Punya Alasan Ilmiahnya

Buah Tak Disarankan Dibikin Jadi Jus, Konsultan Gizi dengan 324 Ribu Follower Punya Alasan Ilmiahnya

Minum jus kerap jadi solusi saat diet, namun ternyata konsumsinya tidak disarankan pakar. Intip alasannya.

Baca Selengkapnya
Jangan Sepelekan Kaki Terasa Dingin, Bisa jadi Tanda Penyakit Berbahaya

Jangan Sepelekan Kaki Terasa Dingin, Bisa jadi Tanda Penyakit Berbahaya

Tubuh yang terasa dingin sering disepelekan. Padahal, hal itu bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan serius yang perlu dikontrol secara intens.

Baca Selengkapnya
Biar Hemat, Ada 3 Produk Makeup yang Sebenarnya Tak Perlu Dibeli

Biar Hemat, Ada 3 Produk Makeup yang Sebenarnya Tak Perlu Dibeli

Tidak semua produk makeup harus dimiliki. Cari tahu produk yang tidak harus kamu miliki jika kondisi kulit wajah cukup sehat.

Baca Selengkapnya
Kulit Kemerahan Akibat Jerawat?  Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kulit Kemerahan Akibat Jerawat? Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kemerahan atau peradangan akibat jerawat dapat dihilangkan dengan melakukan perawatan kulit tertentu.

Baca Selengkapnya
Siapkan Tubuh Biar Fit Saat Mudik, Cek Kesehatan dan Konsumsi Vitamin

Siapkan Tubuh Biar Fit Saat Mudik, Cek Kesehatan dan Konsumsi Vitamin

Perjalanan mudik bisa dibilang sangat melelahkan, apalagi jika jaraknya sangat jauh. Pastikan tubuh selalu fit.

Baca Selengkapnya