Mengulik Perbandingan Uang yang Dikeluarkan Gen Z vs Milenial Saat Belanja Skincare dan Makeup

Reporter : Editor Dream.co.id
Kamis, 8 Agustus 2024 15:12
Mengulik Perbandingan Uang yang Dikeluarkan Gen Z vs Milenial Saat Belanja Skincare dan Makeup
Ada kenaikan literasi konsumen Indonesia dalam belanja produk kecantikan.

Dream – Di zaman serba digital ini, teknologi bikin hidup kita lebih gampang. Saat mau beli barang, seringkali kita melihat review di e-commerce buat memastikan pilihan produk yang mau kita beli sesuai dengan yang diinginkan, baik dari segi harga dan kualitas.

Terutama jika belanja makeup dan skincare yang langsung menempel di kulit. Tentunya kita gak mau dong produk yang kita beli malah bikin kulit bermasalah. Nah, biar gak zonk saat beli produk-produk untuk wajah biasanya kita selalu mengandalkan review dari pembeli sebelumnya atau ulasan dari teman-teman dekat yang sudah pernah pakai.

1 dari 9 halaman

Dream – Di zaman serba digital ini, teknologi bikin hidup kita lebih gampang. Saat mau beli barang, seringkali kita melihat review di e-commerce buat memastikan pilihan produk yang mau kita beli sesuai dengan yang diinginkan, baik dari segi harga dan kualitas.

Terutama jika belanja makeup dan skincare yang langsung menempel di kulit. Tentunya kita gak mau dong produk yang kita beli malah bikin kulit bermasalah. Nah, biar gak zonk saat beli produk-produk untuk wajah biasanya kita selalu mengandalkan review dari pembeli sebelumnya atau ulasan dari teman-teman dekat yang sudah pernah pakai.

2 dari 9 halaman

© Dream Di zaman serba digital ini, teknologi bikin hidup kita lebih gampang. Saat mau beli barang, seringkali kita melihat review di e-commerce buat memastikan pilihan produk yang mau kita beli sesuai dengan yang diinginkan, baik dari segi harga dan kual

Menurut laporan " Beauty Consumer Behavior and Trend Report" dari Insight Factory by SOCO rupanya ada kenaikan literasi konsumen Indonesia dalam belanja produk kecantikan. Ternyata, 77% konsumen selalu baca ulasan sebelum beli.

3 dari 9 halaman

© Although often overlooked, it cannot be denied that a good exfoliation routine can provide various benefits for your skin. 2024 maverick

Gen Z, khususnya, lebih paham tentang kandungan dan efektivitas produk. Beberapa bahan yang paling dicari di 2023 antara lain centella, rice, salicylic acid, snail mucin, dan niacinamide.

4 dari 9 halaman

“Literasi kecantikan di Indonesia meningkat pesat berkat kemudahan akses informasi yang semakin luas di dunia digital, terutama melalui media sosial. Hal ini telah mendorong brand dan pelaku industri lainnya untuk menjadi lebih kreatif, inovatif, dan relevan dengan preferensi beauty enthusiast yang semakin cerdas," kata Amanda Melissa, VP Data Management & Business Intelligence Social Bella, dalam press conference, 7 Agustus 2024.

5 dari 9 halaman

Data dari report SOCO juga menyebutkan Gen Z memimpin secara signifikan dalam pertumbuhan penjualan produk yang trending dibandingkan Milenial selama 2023. Di kategori perawatan tubuh, pembelian body sunscreen oleh Gen Z tumbuh sebesar 175% dibandingkan 106% pada Milenial.

6 dari 9 halaman

© Efektivitas acne patch dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor. Shutterstock

Untuk acne pimple patch, pertumbuhan pembelian Gen Z mencapai 69% dibandingkan 33% pada Milenial. Dalam kategori perawatan rambut, pembelian produk hair mist oleh Gen Z meningkat sebesar 227%, lebih tinggi dibandingkan Milenial yang sebesar 113%.

7 dari 9 halaman

Berapa Uang yang Dikeluarkan Gen Z dan Milenial Saat Belanja Skincare/ Makeup?

Beauty Consumer Behavior and Trend Report SOCO juga menyoroti perbedaan cara spending generasi Milenial dan Gen Z dalam berbelanja produk kecantikan. Hampir setengah dari total responden Gen Z (48%) mengeluarkan kurang dari Rp150 ribu per transaksi.

8 dari 9 halaman

© Ada kenaikan literasi konsumen Indonesia dalam belanja produk kecantikan. 2024 dream.co.id

Sedangkan hanya sekitar sepertiga dari responden Milenial (34%) yang mengeluarkan jumlah yang sama. Sebanyak 28% dari Milenial mengeluarkan lebih dari Rp300 ribu per transaksi, sementara untuk Gen Z tercatat sebanyak 17%.

9 dari 9 halaman

Beauty Report dari Insight Factory by SOCO ini disusun berdasarkan analisis terhadap big data dari Beauty Super App SOCO, diperkaya dengan survei konsumen, analisis tren kecantikan, dan publikasi eksternal yang relevan. Di SOCO, penggunanya memiliki beauty profile, memilih dan membeli produk, serta membaca dan menulis review.

Laporan: Mutiara Rachmah

Beri Komentar