Dream – Di zaman serba digital ini, teknologi bikin hidup kita lebih gampang. Saat mau beli barang, seringkali kita melihat review di e-commerce buat memastikan pilihan produk yang mau kita beli sesuai dengan yang diinginkan, baik dari segi harga dan kualitas.
Terutama jika belanja makeup dan skincare yang langsung menempel di kulit. Tentunya kita gak mau dong produk yang kita beli malah bikin kulit bermasalah. Nah, biar gak zonk saat beli produk-produk untuk wajah biasanya kita selalu mengandalkan review dari pembeli sebelumnya atau ulasan dari teman-teman dekat yang sudah pernah pakai.
Dream – Di zaman serba digital ini, teknologi bikin hidup kita lebih gampang. Saat mau beli barang, seringkali kita melihat review di e-commerce buat memastikan pilihan produk yang mau kita beli sesuai dengan yang diinginkan, baik dari segi harga dan kualitas.
Terutama jika belanja makeup dan skincare yang langsung menempel di kulit. Tentunya kita gak mau dong produk yang kita beli malah bikin kulit bermasalah. Nah, biar gak zonk saat beli produk-produk untuk wajah biasanya kita selalu mengandalkan review dari pembeli sebelumnya atau ulasan dari teman-teman dekat yang sudah pernah pakai.
Menurut laporan " Beauty Consumer Behavior and Trend Report" dari Insight Factory by SOCO rupanya ada kenaikan literasi konsumen Indonesia dalam belanja produk kecantikan. Ternyata, 77% konsumen selalu baca ulasan sebelum beli.
Gen Z, khususnya, lebih paham tentang kandungan dan efektivitas produk. Beberapa bahan yang paling dicari di 2023 antara lain centella, rice, salicylic acid, snail mucin, dan niacinamide.
“Literasi kecantikan di Indonesia meningkat pesat berkat kemudahan akses informasi yang semakin luas di dunia digital, terutama melalui media sosial. Hal ini telah mendorong brand dan pelaku industri lainnya untuk menjadi lebih kreatif, inovatif, dan relevan dengan preferensi beauty enthusiast yang semakin cerdas," kata Amanda Melissa, VP Data Management & Business Intelligence Social Bella, dalam press conference, 7 Agustus 2024.
Data dari report SOCO juga menyebutkan Gen Z memimpin secara signifikan dalam pertumbuhan penjualan produk yang trending dibandingkan Milenial selama 2023. Di kategori perawatan tubuh, pembelian body sunscreen oleh Gen Z tumbuh sebesar 175% dibandingkan 106% pada Milenial.
Untuk acne pimple patch, pertumbuhan pembelian Gen Z mencapai 69% dibandingkan 33% pada Milenial. Dalam kategori perawatan rambut, pembelian produk hair mist oleh Gen Z meningkat sebesar 227%, lebih tinggi dibandingkan Milenial yang sebesar 113%.
Beauty Consumer Behavior and Trend Report SOCO juga menyoroti perbedaan cara spending generasi Milenial dan Gen Z dalam berbelanja produk kecantikan. Hampir setengah dari total responden Gen Z (48%) mengeluarkan kurang dari Rp150 ribu per transaksi.
Sedangkan hanya sekitar sepertiga dari responden Milenial (34%) yang mengeluarkan jumlah yang sama. Sebanyak 28% dari Milenial mengeluarkan lebih dari Rp300 ribu per transaksi, sementara untuk Gen Z tercatat sebanyak 17%.
Beauty Report dari Insight Factory by SOCO ini disusun berdasarkan analisis terhadap big data dari Beauty Super App SOCO, diperkaya dengan survei konsumen, analisis tren kecantikan, dan publikasi eksternal yang relevan. Di SOCO, penggunanya memiliki beauty profile, memilih dan membeli produk, serta membaca dan menulis review.
Laporan: Mutiara Rachmah
Advertisement
Psikolog Ungkap Pentingnya Pengawasan Orangtua Saat Anak Main Game
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Tak Hanya di Indonesia, 7 Mitos Aneh di Berbagai Belahan Dunia
Kebiasaan Pakai Bra saat Tidur Berbahaya? Cari Tahu Faktanya