Eyelash Extension Bisa Bikin Kutu Bulu Mata Bersarang, Begini Pencegahannya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 27 Juni 2022 07:47
Eyelash Extension Bisa Bikin Kutu Bulu Mata Bersarang, Begini Pencegahannya
Tak hanya bulu mata asli mudah rontok, eyelash extension juga disebut bisa membuat kutu berkembang biak

Dream - Meski disebut bisa membuat bulu mata asli lebih mudah rontok, masih banyak wanita yang melakukan eyelash extension. Bahkan, figur publik dan content creator sering menggunakannya secara berulang kali ketika harus menghadiri acara penting.

Risiko pemakaian eyelash extension ternyata bukan hanya kerontokan bulu mata. Seorang dokter kulit bernama Arthur SImon menyebut pemakaian extension bulu mata jadi berbahaya bagi area di sekitarnya.

Menurut dokter Arthur, penumpukan keringat, minyak, dan sisa makeup di dekat akar bulu mata bisa menyebabkan munculnya serpihan hingga bersarangnya kutu.

Bulu Mata Kotor© Shutterstock

Foto: Shutterstock

1 dari 4 halaman

Walau begitu, sebenarnya setiap orang harus membersihkan bulu mata untuk memastikan tidak ada penumpukan minyak, sisa makeup, keringat, atau kotoran yang bisa menyebabkan hal tersebut.

Namun, orang yang menggunakan extension bulu mata lebih rentan mengalaminya. Pasalnya, pemakai extension bulu mata akan lebih hati-hati dan menjaga agar bulu matanya tidak mudah rontok saat dibersihkan.

Cara membersihkan bulu mata pun cukup mudah. Kamu bisa melakukannya menggunakan pembersih khusus area mata atau air bersih. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir dengan kondisi mata.

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh dr. Arthur S., SpKK, FINSDV (@dokterkulitkucom)

 

2 dari 4 halaman

Tidak Hanya di Kulit Kepala, Ketombe Juga Bisa Muncul di Wajah

Dream - Kulit kepala yang berketombe akan sangat mengganggu penampilan. Pasalnya, serpihan putih kulit kepala akan terlihat pada rambut maupun jatuh ke bahu atau permukaan di sekitarmu.

Hal yang sama bisa terjadi jika kamu memiliki ketombe pada wajah. Biasanya, ketombe pada wajah terjadi di sekitar kumis, alis, kelopak mata, di belakang telinga, maupun area hidung.

Tutorial Membuat Base Makeup Anti Badai Seperti Kim Kardashian

Munculnya ketombe pada wajah juga bisa bersamaan dengan di kulit kepala. Serpihannya pun berwarna serupa, yaitu putih atau sedikit kekuningan. Sekilas, teksturnya juga sedikit berminyak dan menyebabkan rasa gatal maupun sensasi terbakar atau perih.

3 dari 4 halaman

Dermatitis Seboroik dan Penyebabnya

Memiliki Ketombe Pada Wajah© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Konsumsi Makanan Ini Terlalu Banyak Bisa Sebabkan Beruntusan

Berdasarkan penuturan Dokter Kulit, Arthur Simon, kondisi tersebut bukanlah ketombe atau kondisi kulit biasa, melainkan dermatitis seboroik yang merupakan reaksi alergi terhadap minyak maupun jamur pada kulitmu.

Hal tersebut juga bisa disebabkan stres, udara dingin atau kering, pengaruh obat, mengidap penyakit tertentu, reaksi imunitas tubuh, serta pengaruh genetik.

Langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah mengontrol produksi minyak pada kulit agar jamur tidak tumbuh di sekitarnya. Ketika berkeringat, segera keringkan menggunakan tisu, sapu tangan, atau kertas minyak. Jika ketombe sulit hilang, segera konsultasikan pada dokter.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More