Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

4 Kebiasaan Buruk Pemicu Kerusakan Rambut

4 Kebiasaan Buruk Pemicu Kerusakan Rambut Ilustrasi/ Foto: Shutterstock

Dream - Kondisi rambut yang rusak bagi perempuan tentunya sangat berdampak pada rasa percaya diri. Beberapa keluhan yang sering muncul adalah rambut kering, kusam, rontok bahkan hingga menipis.

Untuk mengatasinya, dibutuhkan perawatan intensif dan harus disesuaikan dengan kondisi. Terutama bagi hijaber yang rambutnya selalu tertutup.

Sebelum merawat rambut dengan tepat, kamu harus tahu dulu penyebab rambut bisa rusak. Pada beberapa kondisi, rambut yang rusak bisa terjadi karena kebiasaan buruk kita sehari-hari dan hal ini tak disadari.

Apa saja kebiasaan buruk tersebut?

 1. Mengeringkan Rambut dengan Handuk 

2. Keringkan Rambut dengan Benar

Handuk biasa kita gunakan untuk mengeringkan tubuh setelah mandi. Walaupun memang bisa digunakan untuk tubuh, penggunaan handuk untuk mengeringkan rambut bisa dihindari. 

Jika digunakan untuk mengeringkan rambut, handuk yang kasar dapat menyerap minyak alami di rambut, dan membuatnya jadi rapuh. Untuk itu gunakanlah handuk khusus untuk rambut atau kaus untuk mengeringkan rambut, atau bisa juga membiarkan rambut kering secara alami. 

 

Alat Penata Bersuhu Panas

Ketika menata rambut dengan alat penata yang memiliki pemanas, rambut juga dapat rusak. Rambut yang tekena panas dari alat penata rambut bisa kering, terbakar, dan minyak alami di rambut juga hilang.

Penggunaan alat penata rambut dengan sumber panas, dapat menjadi penyebab rambut rusak, cobalah untuk menghindarinya. Gunakan pada saat tertentu saja.

 

Menguncir Rambut Terlalu Kuat

Menguncir rambut terlalu keras dapat membuat tekanan di akar rambut, yang jika dilakukan secara berulang kali dapat membuat rambut rapuh. Untuk itu, hindari menguncir rambut terlalu kuat, dan pilihlah ikat rambut yang sesuai. 

Gunakan 5 Hal Ini untuk Mengatasi Rambut Berbau Tak Sedap

Tidur dan berkualitas
Ketika tubuh beristirahat dengan tidur, waktu ini menjadi waktu yang pas untuk rambut ikut beristirahat. Menguncir rambut saat tidur, dan mengenakan sarung bantal yang kasar, dapat menyebabkan rambut rusak. Biarkan rambut terurai saat kamu tidur, dan ganti sarung bantal dengan bahan satin yang aman untuk rambut. 

 

Sumber: Femina.in

 

Coba 5 Cara Biar Rambut Tumbuh Lebih Cepat

Dream ─ Seiring dengan perkembangan dunia kecantikan, semakin banyak gaya rambut yang bisa membuat para wanita terlihat lebih menarik. Rambut yang panjang cenderung membuat wanita terlihat elegan dan feminin.

Maka dari itu, banyak wanita yang ingin rambutnya lebih cepat panjang dan kuat untuk menunjang penampilan. Biasanya, rambut akan tumbuh setengah inci setiap bulan.

Melakukan Perawatan Rambut

Lain halnya jika rambutmu lebih bertekstur. Rambut yang bertekstur bisa memakan waktu lebih lama untuk tumbuh. Kamu masih bisa mengoptimalkan pertumbuhan rambut dengan banyak cara. Cobalah dari Cnet.com, untuk membuat rambut lebih cepat memanjang.

1. Menggunakan sampo dan serum yang tepat

Menggunakan Serum

Sampo merupakan kunci utama perawatan rambut. Sampo menjaga kesehatan kulit kepala yang merupakan sumber tumbuhnya rambut.

Jika kulit kepala kurang sehat, begitu pula dengan pertumbuhan serta kekuatannya. Jadi, kamu harus menunjang kesehatan rambut dengan memilih sampo yang tepat.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengoptimalkan kesehatan rambut dengan memakai produk perawatan lainnya, seperti conditioner dan serum yang sesuai kebutuhan kulit kepala maupun rambutmu.

Jangan lupa untuk memilih produk yang bisa membersihkan sekaligus menjaga kelembapan kulit kepala. Terapkan juga gaya hidup sehat agar kesehatan rambutmu tetap terjaga dan pertumbuhannya pun lebih optimal.

2. Memotong rambut secara berkala

Memotong Rambut

Memotong rambut secara berkala akan menjaga batang rambutmu tetap kuat. Jika tidak dipotong, rambut yang mulai kering dan bercabang akan patah. Rambut pun akan semakin sulit untuk memanjang. Jadi, potonglah rambutmu setiap 8-12 minggu untuk mencegah dampak buruk dari cabang rambut.

3. Menghindari pewarnaan rambut

Mewarnai Rambut

Proses mengecat rambut bisa merusak rambutmu serta menghambat pertumbuhannya. Rambutmu juga akan lebih rapuh. Terutama, jika kamu sering melakukan bleaching dan tidak melakukan perawatan yang lebih intens.

Lakukanlah pewarnaan rambut tanpa bleaching jika ingin tampilan yang berbeda dan tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan rambutmu.

4. Hindari suhu panas

Menggunakan Hairdryer

Suhu yang panas dari alat penata rambut bisa membuat rambutmu lebih kering, mudah bercabang, dan rusak. Bahkan, pemakaian heat protector sebelum menggunakan alat penata rambut juga tidak bisa melindungi rambutmu sepenuhnya.

Bilaslah rambut dengan air dingin ketika keramas jika ingin menggunakan alat bersuhu panas. Sehingga, dampaknya tidak terlalu buruk bagi kesehatan rambut.

Bila perlu, gunakan sarung bantal berbahan sutra untuk mengurangi gesekan pada rambut yang menyebabkan kusut serta masalah lainnya.

5. Mengonsumsi suplemen

Mengonsumsi Suplemen

Beberapa kondisi rambut memerlukan suplemen untuk menunjang kesehatannya. Terutama, jika kamu ingin rambut tumbuh lebih sehat, cepat, dan kuat. Pastikan kamu berkonsultasi pada dokter kulit terlebih dulu untuk mendapatkan suplemen dan perawatan yang tepat. (mut)

Laporan: Abinsha Nurmaulida

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Rambut Mudah Berminyak? Tenang, Ada 5 Cara Mengatasinya

Rambut Mudah Berminyak? Tenang, Ada 5 Cara Mengatasinya

Rambut berminyak bisa mengganggu penampilan dan membuatmu merasa tidak nyaman. Atasi dengan menerapkan 5 kebiasaan sederhana.

Baca Selengkapnya
Terapkan 5 Kebiasaan Simpel Agar Rambut Tak Mudah Rontok

Terapkan 5 Kebiasaan Simpel Agar Rambut Tak Mudah Rontok

Rambut rontok bisa diatasi dengan menerapkan 5 hal sederhana yang direkomendasikan dokter kulit agar rambutmu lebih kuat dan tidak mudah patah.

Baca Selengkapnya
Tidur dengan Rambut Basah, Ini yang Akan Terjadi

Tidur dengan Rambut Basah, Ini yang Akan Terjadi

Apakah kebiasaan tidur dengan kondisi rambut yang basah setelah keramas itu tidak baik? Yuk, simak kebenarannya!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Masalah Kulit dan Rambut yang Bisa Terjadi Saat Berpuasa

5 Masalah Kulit dan Rambut yang Bisa Terjadi Saat Berpuasa

Berpuasa tidak hanya bermanfaat bagi kulit, tapi juga menyebabkan beberapa masalah seperti jerawat. Cari tahu masalah kulit lain dan cara mengatasinya.

Baca Selengkapnya
4 Langkah Keringkan Rambut yang Tak Bikin Rusak

4 Langkah Keringkan Rambut yang Tak Bikin Rusak

Jangan sampai rambut jadi mudah patah dan kusam karena dikeringkan dengan cara yang salah.

Baca Selengkapnya
Trik Biar Rambut Tak Rontok Setelah Pakai Hijab Seharian Saat Lebaran

Trik Biar Rambut Tak Rontok Setelah Pakai Hijab Seharian Saat Lebaran

Memakai hijab terlalu lama atau rutin bisa mempengaruhi kondisi rambut. Jaga kesehatan rambutmu dan cegah hijab berbau dengan tips dari dokter kulit.

Baca Selengkapnya
Jangan Sepelekan Telat Makan, Banyak Dampak Buruknya

Jangan Sepelekan Telat Makan, Banyak Dampak Buruknya

Kebiasaan telat makan ini dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Intip beberapa dampak buruknya.

Baca Selengkapnya
Kulit Kepala Mudah Berbau Tak Sedap? Ini Cara Mengatasinya

Kulit Kepala Mudah Berbau Tak Sedap? Ini Cara Mengatasinya

Kulit kepala berbau bisa disebabkan kondisi medis tertentu dan gaya hidup. Cari tahu penyebab dan cara mengatasinya agar rambut tetap segar.

Baca Selengkapnya
Rambut Tumbuh Uban di Usia Muda? Mungkin Ini Penyebabnya

Rambut Tumbuh Uban di Usia Muda? Mungkin Ini Penyebabnya

Keberadaan uban di usia yang terbilang muda seringkali menimbulkan pertanyaan mengenai penyebabnya.

Baca Selengkapnya