Surga Tanaman Berkhasiat, Indonesia Kaya Bahan Baku Produk Kecantikan Skincare

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Jumat, 3 Desember 2021 18:36
Surga Tanaman Berkhasiat, Indonesia Kaya Bahan Baku Produk Kecantikan Skincare
Sudah bukan rahasia lagi bahwa Indonesia alam Indonesia sangat kaya

Dream - Dua tahun lalu bahan baku produk kecantikan Centella Asiatica atau Cica sempat menjadi populer setelah beberapa brand skincare ternama Korea membawanya ke Indonesia. Popularitas itu membuat banyak produsen lokal meluncurkan produk dengan kandungan serupa.

Cica diketahui memiliki khasiat mengurangi jerawat dan bekas jerawat serta kemerahan. Bahan produk kecantikan ini juga memiliki kandungan kaya antioksidan yang dapat menyembuhkan luka.

Di balik ketenaran Centella Asiatica, ternyata tanaman ini banyak tumbuh di Indonesia. Masyarakat mengenalnya sebagai daun pegagan. Bahan baku bahkan sudah digunakan produsen produk kecantikan Sariayu selama belasan tahun silam dan produksnya sudah lama diperkenalkan kepada masyarakat.

Sariayu© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Saat Centella asiatica hits di kalangan generasi sekarang, sebenarnya kami sudah ada produk dengan bahan baku yang sama, tapi di Indonesia dikenal dengan daun pegagan, dan manfaatnya baik untuk kulit,' jelas Kilala Tilaar, CEO Martha Tilaar Group pada acara Luncheon Martha Tilaar Group, 2 Desember 2021.

Tidak hanya daun pegagan, banyak kandungan terkenal lainnya yang sebenarnya banyak beredar di Indonesia. Sayangnya nama-nama tanaman tersebut masih asing di telinga masyarakat untuk menjadi bahan baku pembuatan skincare.

1 dari 2 halaman

Mendukung Dunia Kecantikan dengan Bahan Alam dari Tanah Air

Mendukung dunia kecantikan dengan bahan-bahan natural, Sariayu mendirikan lahan konservasi bagi tanaman obat, kosmetik, dan aromatik (TOKA) khas Indonesia. Langkah dr. Martha Tilaar terhadap lingkungan ini dinamakan KaDO.

KaDO memberikan Pelatihan Petani Organik Seluruh Indonesia dari seluruh provinsi Indonesia dan membekali petani dengan pendidikan dan praktik langsung mengenai organic farming, mulai dari pengolahan tanah, pembibitan, panen, hingga produksi dan pendistribusiannya.

Doc Sariayu© Doc Sariayu

" KaDO menjadi corporate flagship sebagai kepedulian Martha Tilaar Group pada lingkungan dan konservasi sumber daya hayati Indonesia. Saat ini, KaDO tidak lagi berada di Cikarang, tetapi dalam proses pengembangan di Daerah Sukabumi," tambah Kilala Tilaar.

Kilala Tilaar menambahkan bahwa KaDo ini, juga difokuskan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup para petani.

2 dari 2 halaman

Konsep Clean Beauty

Selain menggunakan bahan alami, Sariayu Martha Tilaar juga menerapkan filosofi Clean Beauty dalam setiap proses pengembangan produk di Indonesia sejak awal

produksi. Akan tetapi baru kemudian pada tahun 2011 konsep Clean Beauty ini diterapkan dan dikomunikasikan secara menyeluruh.

Sariayu© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Konsep Clean Beauty terdiri dari 3 filosofi yaitu Clean Ingredients, Clean Environment dan Clean Skin," tambah Kilala.

Clean ingredients maksudnya adalah tanpa bahan-bahan kontroversial yang berbahaya. Lalu Clean Environment yang dimaksud yakni proses pembuatannya yang ramah lingkungan dan no animal testing. Bahkan jelas sumber ingredients-nya dan 100% halal karena prosesnya terjaga bersama MTIC PT Martina Berto Tbk. Dan yang ketiga adalah Clean Skin yang berarti aman dan tidak iritasi di kulit.

Beri Komentar