Suntik Jerawat Cepat Bikin Kempes, Seberapa Aman?

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 7 Desember 2021 08:48
Suntik Jerawat Cepat Bikin Kempes, Seberapa Aman?
Perawatan tetap harus dilakukan setelah suntikan diberikan.

Dream - Jerawat bisa muncul kapan saja, terkadang kondisinya langsung besar dan memerah. Hal ini tentunya sangat menggangu penampilan. Terutama jika Sahabat Dream harus menghadiri acara resmi di mana penampilan wajah jadi pusat perhatian.

Beberapa orang akhirnya memilih untuk mengatasi jerawat membandel dengan cepat yaitu konsultasi ke dokter kulit dan melakukan suntik jerawat. Seberapa aman prosedur ini?

Suntik jerawat, dikutip dari KlikDokter, dikenal sebagai injeksi steroid intralesi. Merupakan prosedur memberikan steroid encer dosis rendah dengan cara disuntikkan secara dangkal pada jerawat yang meradang. Prosedur suntik jerawat membantu mengurangi pembengkakan jerawat hampir seketika.

Untuk jarum yang disuntikkan berukuran kecil. Jauh lebih kecil dibandingkan dengan jarum yang digunakan untuk imunisasi pada umumnya.

“ Prosedur suntik jerawat terbilang aman jika sesuai prosedur dan dilakukan oleh ahli profesional," kata Adeline Jaclyn

Dokter Adeline mengingatkan bahwa bukan berarti jerawat akan langsung hilang usai prosedur suntik jerawat dilakukan. Pasalnya, suntik jerawat tidak menghilangkan bakteri yang menyebabkan jerawat. Mereka yang berjerawat tetap perlu melakukan langkah pencegahan agar jerawat tak bolak-balik muncul.

 

 

1 dari 6 halaman

Perhatikan hal-hal ini sebelum suntik jerawat

Ada beberapa hal yang sebaiknya diketahui sebelum memutuskan untuk mendapatkan suntik jerawat. Menurut dr. Adeline, prosedur ini harus dilakukan oleh tenaga profesional. Ia menegaskan untuk tidak mencoba melakukannya sendiri di rumah.

Perlu diketahui, tidak semua jerawat dapat dilakukan prosedur suntik jerawat. Dokter spesialis kulit akan memeriksa dan menilai terlebih dahulu jenis jerawat apa yang dialami pasien. Suntik jerawat biasanya dilakukan pada jerawat yang memang memiliki ukuran sedang hingga besar, dan terlihat sudah mulai meradang.

Kulit sehat© Shutterstock

“ Pada awal mula prosedur, biasanya dokter akan memeriksa jenis jerawat Anda. Kemudian, area tersebut akan dibersihkan dengan menggunakan alkohol atau cairan antiseptik lainnya yang juga berfungsi untuk membunuh kuman sekitar jerawat,” kata dr. Adeline.

Lalu, sejumlah steroid yang sangat minimal akan disuntikkan pada lesi menggunakan jarum yang sangat kecil. Dibutuhkan teknik yang tepat dalam melakukan hal ini, yaitu kedalaman yang tepat dan pengenceran yang sesuai.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

 

2 dari 6 halaman

Amankah Memakai Scrub Saat Kulit Berjerawat?

Dream - Eksfoliasi merupakan tahapan perawatan kulit yang seringkali diabaikan. Padahal aktivitas ini sangat penting untuk kesehatan kulit. Tidak hanya dapat membuat kulit lebih sehat, Rutin melakukan eksfoliasi bisa membuat wajah terlihat lebih cerah.

Perawatan dengan metode eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati penyebab komedo, jerawat, beruntusan, maupun kekusaman. Sehingga, wajah yang bermasalah dan kusam bisa menjadi lebih sehat serta cerah.

Sayangnya, perawatan ini tidak selamanya aman untuk wajah. Terutama, jika wajahmu sensitif dan berjerawat. Maka dari itu, kamu harus berhati-hati ketika ingin melakukannya.

3 dari 6 halaman

Cara melakukan eksfoliasi ketika wajah berjerawat

Memiliki Wajah Berjerawat© Shutterstock

Berdasarkan penuturan Dermatologis, Listya Paramita, kamu harus melihat kondisi jerawat terlebih dulu. Jika peradangan jerawat cukup parah, jangan melakukan eksfoliasi hingga jerawat mereda.

" Harus dilihat dulu radang jerawatnya. Kalau (peradangannya) berat banget, 50 pustula, dilarang scrubbing karena bisa memperburuk reaksi peradangan," katanya dalam peluncuran ElsheSkin The Acne Series, Kamis 11 November 2021.

Namun jika kondisi peradangan jerawat cukup ringan, kamu masih bisa melakukan eksfoliasi atau scrubbing. " Kalau yang dominan hanya komedo dan peradangannya ringan, scrubbing atau eksfoliasi masih diperbolehkan" .

Perlu diingat, eksfoliasi yang dilakukan dengan pemakaian scrub atau produk berbahan kimia tertentu hanya dapat dilakukan 1-2 kali seminggu.

Jika dilakukan lebih sering atau bahkan setiap hari, eksfoliasi dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti kering, beruntusan, dan kekusaman akibat pengikisan kelembapan alami. Temukan juga formula eksfoliator yang tepat untuk kulitmu agar tidak menyebabkan iritasi atau efek samping buruk lainnya.

4 dari 6 halaman

Serum yang Tepat Bisa Bantuk Percepat Penyembuhan Jerawat

Dream - Jerawat menjadi salah satu permasalahan paling umum pada wajah. Bagi sebagian orang, jerawat kerap sulit diatasi, padahal sudah memakai obat jeraway.

Biasanya jerawat bisa muncul karena dipengaruhi oleh produksi minyak berlebihan pada wajah. Selain itu, penumpukan sel kulit mati juga dapat membuat pori-pori kulit tersumbat. 

Atasi Bekas Jerawat Kecokelatan dengan 3 Hal Ini

Permasalahan satu ini tak boleh dianggap remeh, karena sering kali jerawat menimbulkan bekasyang sulit hilang apabila tidak dirawat dengan benar.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat, mulai dari cara alami hingga berbagai jenis produk perawatan kulit. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengurangi jerawat adalah dengan menggunakan rangkalan perawatan yang sesual dengan kondisi kulit. 

5 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat

Menghilangkan jerawat tidak cukup dengan mencuci muka kemudian menggunakan pelembab dan tabir surya. Diperlukan produk lainnya yang berfungsi sebagai booster seperti serum. Serum merupakan produk perawatan kulit wajah yang kaya akan nutrisi atau bahan aktif tertentu. 

Memakai Serum Wajah© Shutterstock

Penyebab Jerawat yang Sering Diabaikan

Teksturnya yang ringan, serum sangat efisien diserap oleh kulit wajah. Hal ini menjadikan serum sebagai produk yang ideal untuk mengatasi masalah kulit tertentu, salah satunya adalah jerawat. Kulit wajah berjerawat membutuhkan produk perawatan yang tepat, khususnya untuk pemilihan serum. 

Menggunakan serum wajah untuk kulit berjerawat dapat secara efektif mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan untuk mencegah jerawat.

Banyaknya pilihan produk serum wajah untuk kulit berjerawat kadang akan membingungkan konsumen dan memicu masalah kulit baru jika mereka tidak tahu cara memilih serum yang tepat. 

Bukannya memilih produk perawatan kulit yang dapat menyembuhkan jerawat memilih produk perawatan kulit yang salah justru membuat kulit semakin berjerawat. 

6 dari 6 halaman

Serum untuk Jerawat yang Tepat

Ada banyak pilihan serum di pasaran. Salah satunya adalah rangkaian dari ERHA Acneact. Terdiri dari Anti Acne Serum, Blemish Soothing Serum, dan Post Acne Spot Serum. 

  • Anti Acne Serum

Serum yang ditormulasikan khusus untuk kullt berminyak dan berjerawat. Dengan kombinasi 2% BHA dan Niacinamide,  dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat, mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menyumbat pori, dan mengurangi sebum berlebih sehingga kulit terasa nyaman, jerawat teratasl, dan bebas minyak tanpa terasa kering

Kenali Jenis Bekas Jerawat Sebelum Kamu Mulai Mengatasinya

  • Blemish Soothing Serum

Serum yang ditormulasikan Khusus untuk menenangkan kemerahan pada kulit kering dan sensitif dengan kondisi berjerawat. Mengandung Cica dan Prebiotic, serum ini berfungsi untuk melawan bakteri penyebab jerawat, menenangkan kemerahan, menjaga pertananan kulit dengan menyeimbangkan mikrobioma kulit, dan tetep membuat kulit terasa nyaman dan lembap.

  • Post Acne Spot Serum

Diformulasikan khusus untuk bekas jerawat. Kombinasi 5% Niacinamide, 3% Tranexcamic Acid, dan PAD (Potassium Azeloyl Diglycinate) secara aktif membantu mencerahkan kulit agar noda hitam dan kemerahan bekas jerawat pudar. Diperkaya dengan kandungan Calamine vang memberikan warna natural meran muda dan membantu menenangkan kulit.

Beri Komentar