Atasi Bekas Jerawat Kecokelatan dengan 3 Hal Ini

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 27 Oktober 2021 06:34
Atasi Bekas Jerawat Kecokelatan dengan 3 Hal Ini
Buat wajah lebih flawless dengan cara ini.

Dream - Bekas jerawat identik dengan warna kemerahan. Namun, tidak sedikit orang yang memiliki bekas jerawat atau hiperpigmentasi berwarna kecokelatan. Terutama, jika kulitmu berwarna lebih gelap.

Kedua jenis bekas jerawat tersebut sama-sama sulit dihilangkan. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa menghilangkan atau menyamarkan bekas jerawat berwarna kecokelatan. 

Dermatologis Listya Paramita mengungkapkan tiga cara mengatasi bekas jerawat kecokelatan.

1. Rajin memakai tabir surya

Memakai Tabir Surya© Shutterstock

" Harus mau rajin pakai sunscreen. Pokoknya gini, kalau ada bekas jerawat yang warnanya berubah, mau merah mau cokelat, maka nomor satu, harus mau rajin pakai sunscreen," ujar Mita dalam video di akun TikToknya.

Pemakaian tabir surya dapat mencegah pembentukan melanin yang bisa memperburuk hiperpigmentasi. Bahkan, menimbulkan jerawat yang bisa memperparah kondisi kulit.

Sehingga, kamu perlu menggunakan tabir surya dan mengaplikasikannya setiap 3-4 jam sekali untuk mengoptimalkan perlindungan kulit dari paparan sinar matahari.

1 dari 3 halaman

2. Memakai produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif tertentu

Memakai Produk Perawatan Kulit© Shutterstock

Produk perawatan kulit yang mengandung niacinamide, vitamin C, retinol, arbutin, tranexamat C acid, kojic acid, hidroxy acid, green tea, serta licorice bisa membantu menyamarkan bekas jerawat.

Umumnya, produk dengan bahan aktif tertentu perlu diperhatikan pemakaiannya agar tetap aman untuk kulit. Pemakaian yang kurang tepat bisa memperparah jerawat maupun bekasnya.

© Dream
2 dari 3 halaman

3. Berkonsultasi pada dokter kulit

Berkonsultasi ke Dokter Kulit© Shutterstock

" Tidak kunjung membaik juga? Yuk, konsultasi ke dokter supaya kita bisa kasih krim yang lebih kuat untuk memudahkan (penyembuhan) hiperpigmentasi atau bercak-bercak cokelat bekas jerawat kamu. Atau bisa juga, kita tambah tindakan (perawatan peeling, mikrodermabrasi, microneedling, atau laser) biar lebih cepat (sembuh)," tutupnya.

Beri Komentar