Penyebab Jerawat yang Jarang Disadari

Reporter : Shania Suha Marwan
Rabu, 7 Desember 2022 19:35
Penyebab Jerawat yang Jarang Disadari
Terkadang kita telah melakukan beragam perawatan wajah, namun jerawat tetap saja muncul.

Dream - Jerawat menjadi musuh banyak orang. Terkadang kita telah melakukan beragam perawatan wajah, namun jerawat tetap saja muncul.

Salah satu penyebab jerawat di wajah memang karena kulit yang kotor. Sehingga sangat penting untuk menjaa kebersihan kulit wajah sehingga bisa mengurangi jerawat.

Meski demikian, kita tidak cukup memerhatikan kebersihan wajah saja. Sebab, bagian tubuh lain dan benda-benda di sekitar kita bisa memicu munculnya jerawat di wajah. Terkadang, inilah yang sering tidak kita sadari.

Berikut ini, beberapa hal yang tanpa kamu sadari bisa memicu jerawat muncul pada kulit:

1 dari 3 halaman

  • Jarang Keramas 

Jarang keramas bisa menjadi penyebab jerawat muncul pada kulit. Kotoran di kulit kepala dan rambut dapat menumpukan bakteri yang bisa saja berpindah ke wajah dan menyebabkan jerawat muncul. 

  • Sarung Bantal Kotor 

Sarung bantal yang kotor dapat menjadi sarang untuk bakteri, minyak, debu, dan kotoran lainnya, menempel. Kotoran tersebut dapat menempel di wajah dan menyebabkan kulit wajah kamu berjerawat. 

© Ilustrasi/Shutterstock

2 dari 3 halaman

  • Pola Makan Tidak Sehat 

Penyebab lainnya muncul jerawat adalah saat kamu tidak memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Kulit sehat bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan dapat memberikan nutrisi pada kulit. 

© Ilustrasi/Shutterstock

Sebaliknya, saat kamu mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan berminyak bisa mengakibatkan wajah kamu memiliki banyak masalah. 

  • Stres

Banyak pikiran dan stres juga dapat memicu jerawat muncul. Bahkan, bukan hanya jerawat beragam permasalahan wajah lainnya, seperti penuaan dini dan garis halus bisa muncul. 

Hal tersebut terjadi karena saat kamu dalam keadaan stres produksi minyak di wajah tidak terkontrol, dan minyak kotor di kulit bisa menyumbat pori-pori. 

 

3 dari 3 halaman

  • Layar Ponsel 

Ponsel menjadi salah satu benda yang selalu kita gunakan, karena dapat mendukung kegiatan harian. Tentu digunakan setiap hari dapat membuat layar ponsel kotor, oleh sebab itu jika jarang dibersihkan layar ponsel kamu dapat membuat bakteri menempel. 

Kotoran yang ada di layar ponsel dapat menempel di wajah dan menyebabkan jerawat di wajah, saat layar tersebut tertempel dengan wajah. 

Sumber: Femina.in

Beri Komentar