Tidak Harus Dilakukan, Ketahui Mitos dan Fakta Seputar Eksfoliasi Kulit

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 20 Juli 2022 09:36
Tidak Harus Dilakukan, Ketahui Mitos dan Fakta Seputar Eksfoliasi Kulit
Pahami cara mengeksfoliasi kulit yang tepat menurut dokter kulit.

Dream - Tren eksfoliasi kulit merupakan hal yang sering dibicarakan dan banyak dibicarakan berbagai platform belakangan ini. Bahkan cukup banyak merek skincare yang menghadirkan rangkaian eksfoliator kimiawi atau chemical exfoliator untuk berbagai jenis kulit.

Terlepas dari tren yang beredar, eksfoliasi merupakan tahapan penting dalam perawatan kulit. Manfaatnya pun beragam, mulai dari membersihkan hingga mencerahkan wajah. Sehingga, eksfoliasi bisa jadi kunci agar kulit tampak lebih mulus, cerah, ternutrisi, serta bebas dari beruntusan maupun komedo.

Itulah sebabnya banyak orang yang semakin gencar melakukan eksfoliasi dengan berbagai cara. Ada yang menggunakan eksfoliator setiap pagi atau seminggu sekali, menggunakan scrub, atau pergi ke klinik kecantikan untuk mendapatkan perawatan mikrodermabrasi.

Meski tampak sangat bermanfaat bagi kulit, terdapat beberapa mitos yang beredar seputar eksfoliasi kulit. Dikutip dari unggahan Dokter Kulit, Yessica Tania dan Nadia Wirantari, berikut mitos dan fakta seputar eksfoliasi.

1 dari 5 halaman

Merawat Kulit© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Mitos: Semua orang perlu melakukan eksfoliasi.
Fakta: Faktanya, kulit memiliki kemampuan untuk mengeksfoliasi secara natural. Namun, beberapa orang dengan kondisi kulit tertentu membutuhkan eksfoliasi tambahan. Jadi, tidak semua orang perlu melakukannya.

2 dari 5 halaman

Melakukan Eksfoliasi Kulit© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Mitos: Kondisi kulit akan semakin baik jika sering melakukan eksfoliasi.
Fakta: Tidak semua orang membutuhkan eksfoliasi terlalu sering. Bahkan, banyak orang yang sensitif terhadap eksfoliator. Sehingga, hanya bisa melakukannya seminggu atau sebulan sekali untuk mencegah iritasi maupun peradangan.

3 dari 5 halaman

Merawat Kulit© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Mitos: Peeling/eksfoliasi bisa membuat kulit menipis.
Fakta: Sebenarnya, eksfoliasi bisa membantu merangsang regenerasi kulit yang biasa terjadi setiap 28 hari sekali jika dilakukan dengan kadar serta frekuensi tepat.

4 dari 5 halaman

Melakukan Eksfoliasi Kulit© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Mitos: Eksfoliasi tidak boleh dilakukan ketika kulit berjerawat.
Fakta: Jika eksfoliasi dilakukan dengan memakai skincare yang mengandung eksfoliator seperti asam salisilat, langkah tersebut justru bisa membantu mengatasi jerawat. Pasalnya, eksfoliasi bisa mengurangi sel kulit mati dan penyumbatan pori-pori. Tapi jika dilakukan dengan memakai scrub, eksfoliasi justru bisa membuat jerawat semakin meradang.

5 dari 5 halaman
Beri Komentar