Tips Puasa Nyaman Tanpa Takut Berat Badan Naik

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 15 Mei 2019 11:15
Tips Puasa Nyaman Tanpa Takut Berat Badan Naik
Pasti hal ini jadi idaman semua orang.

Dream - Banyak orang menganggap bahwa bulan puasa merupakan kesempatan untuk menurunkan berat badan. Memang, beberapa penelitian menyebut bahwa puasa menjadi salah satu cara jitu untuk memangkas bobot.

" Menurut penelitian di Iran, profil kolesterol darah bisa lebih baik. Puasa juga bikin lebih sehat. Tapi, tergantung apa yang dimakan. Enggak semua orang makannya benar dan malah bisa overeating," ujar Astri Kurniati, Head of Nutrifood Research Center di Menteng, Jakarta Pusat, Senin 13 Mei 2019.

Sebenarnya, saat puasa kamu bisa mengonsumsi jumlah kalori yang sama dengan membagi porsinya ketika sahur dan berbuka. Namun ketika memilih jenis makanan yang salah, kamu bisa merasa sangat lapar, haus, sakit kepala, maupun konstipasi. Itulah yang menyebabkan overeating dan beribadah jadi kurang nyaman.

Maka dari itu, kamu perlu memilih dan menakar asupan yang tepat untuk menahan nafsu makan maupun memberikan energi selama beraktivitas seharian.

1 dari 2 halaman

Asupan Makanan Saat Sahur

Idealnya, saat sahur konsumsilah karbohidrat kompleks yang memiliki banyak serat dan sulit dicerna, seperti nasi merah atau roti gandum.

Jenis makanan tersebut akan memperlambat proses pengolahan makanan jadi energi, sehingga kamu tetap kuat beraktivitas seharian.

 shutterstock

Tambahkan dengan sumber protein seperti segelas susu, tahu, tempe atau telur. " Efeknya sama seperti sayur, membuat kita kenyang lebih lama," kata Astri.

Jangan lupa mengonsumsi sumber vitamin dan mineral, yaitu sayur serta buah untuk memperkuat daya tahan tubuh.

2 dari 2 halaman

Asupan Makanan Saat Berbuka Puasa

Pertama-tama, penuhi dulu asupan cairan untuk mengatasi dehidrasi. Lalu, isi perut dengan semangkuk buah segar yang tinggi vitamin dan mineral.

Buah juga metupakan bentuk karbohidrat sederhana yang mampu mengembalikan energi. Kurangi gorengan dan santan yang mengandung lemak tinggi serta sulit dicerna lambung.

" Hindari penggunaan gula. Cukup banyak yang minum es teh manis. Padahal sebenarnya manis itu bikin tambah haus karena efek sensori rasa gula di mulut," ungkapnya.

 shutterstock

Setelah salat Maghrib, kamu bisa mengonsumsi karbohidrat sederhana dan protein seperempat piring serta sayur setengah piring untuk memenuhi asupan nutrisi.

Agar tidak kelebihan gula, garam maupun lemak, kamu bisa menakar jumlahnya. " Batasan gula harian itu 50 gram atau 12 sendok teh. Garam maksimalnya 5 gram atau 1 sendok teh. Sedangkan lemak maksimal 67 gram atau 5 sendok makan."

Dengan menakar jumlah gula, garam dan lemak, kamu bisa menghindari risiko terkena diabetes, hipertensi serta obesitas. Kamu pun bisa lebih lega dan nyaman saat berpuasa.

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya