Tren Kecantikan 'Face Roller', Seberapa Ampuh?

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 21 Juli 2021 07:12
Tren Kecantikan 'Face Roller', Seberapa Ampuh?
Apakah kamu juga pengguna face roller?

Dream – Ketika kamu search " Face roller" di tagar Instagram, ada lebih dari 60 ribu postingan tentang beauty item satu ini.

Dibuat dari batu permata (gemstone) seperti batu giok (jade), batu kecubung (amethyst), atau batu kuarsa mawar (rose quartz), face roller jadi item yang nampaknya wajib dimiliki para beauty enthusiast.

Dilansir Abc.net.au, alat kecantikan yang berbentuk alat cat ini memiliki klaim dapat mengurangi pembengkakan wajah dan melancarkan peredaran darah.

Biasanya penggunaan roller face ini dilakukan ketika kamu tengah menjalankan 'skincare time' dengan rangkaian perawatan kulit seperti sheet mask, serum, pelembap, atau lainnya dengan gerakan menggulung secara merata di kulit wajah.

Tapi, bagaimana keefektifan dan risiko penggunaan face roller? Berikut ulasannya!

1 dari 6 halaman

Bagaimana cara kerja face roller?

Ilustrasi© Shutterstock

Batu giok dan kuarsa adalah batu yang dingin ketika disentuh, bahkan pada suhu ruangan. Ketika batu ini digulung ke wajah terdapat efek dingin. Untuk mendapatkan efek maksimal, beberapa orang menyimpang rol mereka di lemari es.

Rol ini diklaim dapat meningkatkan sirkulasi dan drainase limfatik, mengurangi peradangan, bengkak dan kemerahan, sampai menghilangkan stres karena membuat wajah kita lebih baik.

2 dari 6 halaman

Seberapa efektif?

Menurut Dokter Saxon Smith, dokter kulit di Gosford dan Sydney, tidak ada bukti klinis yang menunjukkan bahwa rol wajah bisa melakukan klaim tersebut.

Ia mengakui bahwa benar rol wajah menawarkan efek dingin dan dapat meringankan seseorang terutama pada hari yang panas.

" Ini adalah solusi jangka pendek tanpa manfaat yang bersifat menyembuhkan dari waktu ke waktu," ujarnya.

Namun, Dokter Adam Sheridan, dokter kulit di Melbourne percaya ada sesuatu yang bisa dikatakan untuk pijatan dingin pada wajah.

“ Manfaat nomor satu adalah ada pengikatan perhatian dan wawasan tentang kulit serta suasana hati kamu saat menggulung dan memijat terdengar sedikit dibuat-buat. Tapi kemudian ada beberapa manfaat di mana orang mulai berperilaku berbeda,” jelasnya.

Ia menambahkan contohnya orang akan mulai menggunakan pelembab, menggunakan sun protection atau mengobati jerawat mereka.

Dokter Sheridan juga percaya ada peningkatan sementara dalam kulit meski tidak ada bukti klinis yang mendukung. Ia juga diberi tahu bahwa rol wajah yang digunakan membuat suasana hati jadi rileks dan tidak cemas.

3 dari 6 halaman

Apa risikonya?

Ilustrasi© Shutterstock

Bagi kamu yang menggunakan filler atau botox, jangan gunakan rol wajah dalam waktu 48 jam setelah injeksi. Menurut Dokter Sheridan, memijat ke area filler atau botox berisiko mengubah bentuk area tersebut.

Penting untuk dicatat, di masa pandemi COVID-19 ini kamu tidak boleh menggunakan rol wajah orang lain. Permukaan yang dingin memungkinkan virus tetap ada dan bisa menular.

4 dari 6 halaman

Face roller seperti apa yang bagus?

Harga rol wajah sangat bervariasi mulai dari puluhan ribu untuk ukuran kecil, sampai jutaan rupiah dengan merek tertentu.

Mengingat tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim face roller, batu apapun yang dingin seperti giok atau kuarsa akan memiliki efek dingin serupa terlepas dari harganya.

Namun, bagi kamu yang memiliki alergi nikel harus berhati-hati saat membelinya.

Menurut Dokter Smith, sensasi dingin dari batu permata yang menyentuh wajah juga bisa dirasakan dengan menyimpan pelembab kamu di kulkas dan mengoleskannya ke wajah saat dingin.

Dengan demikian kamu tidak perlu membeli face roller. Namun bila kamu ingin membelinya, perhatikan hal-hal di atas, ya!

Laporan: Elyzabeth Yulivia

5 dari 6 halaman

Trik Perawatan Wajah yang Efektif

Dream - Sama seperti tubuh, kulit wajah juga memerlukan nutrisi yang maksimal. Sebab, wajah jadi hal pertama yang ditatap seseorang ketika berkomunikasi langsung.

Pastinya tiap orang ingin memberikan penampilan terbaiknya di setiap kesempatan, kan?

Nutrisi untuk kulit bisa didapatkan dari dalam dan luar. Kuncinya adalah melakukan perawatan secara rutin dan hidrasi tubuh dengan minum air yang cukup.

Enggak perlu mengeluarkan budget besar untuk mendapatkan kulit yang diharapkan, cukup sesuaikan kondisi kulit Sahabat Dream dengan produk-produk perawatan yang ramai dijajakan produsen skincare.

Balik lagi, jika dilakukan secara rutin dan konsisten pastinya kulit idaman dapat kamu nikmati dengan rasa bahagia.

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar perawatan kulit kamu lebih efektif, simpel namun sering terlewatkan segelintir orang:

1. Pembersih muka

Langkah awal saat ingin merawat kulit wajah adalah membersihkannya. Apalagi jika kamu merupakan pengguna makeup, pastikan kamu double cleansing setiap harinya, agar kulit tetap terjaga kebersihannya.

Ilustrasi© Shutterstock

2. Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah juga sangat penting. Kamu dapat mengeksfoliasi kulit wajah 2-3 kali dalam satu minggu agar produk perawatan kulit dapat diserap wajah dengan baik.

6 dari 6 halaman

3. Serum

Serum merupakan perawatan wajah yang lebih paten, tapi tak boleh sembarang pakai karena serum dikhususkan untuk kondisi wajah tertentu.

Pilihlah serum yang dapat membantu kamu mengatasi permasalahan kulit wajahmu.

Ilustrasi© Shutterstock

4. Pelembap

Menggunakan pelembap juga jadi salah satu kunci perawatan wajah agar efektif. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, gunakan pelembap dengan tekstur gel ringan.

Jangan lupa, pakai pelembap di pagi dan malam hari untuk mengunci kelembapan wajah.

5. Suncreen

Ilustrasi© Shutterstock

Paparan sinar matahari yang terlalu siang tidak baik untuk kulit, oleh sebab itu sangat penting untuk menggunakan sunscreen setiap hari. Penggunaan sunscreen dapat melindungi kulit kita dari paparan sinar UVA dan UVB.

Sumber: Hijab fashion inspiration

Beri Komentar