Doa Bangun Malam Semangat Melaksanakan Sholat Tahajud

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 15 Desember 2020 08:58
Doa Bangun Malam Semangat Melaksanakan Sholat Tahajud
Kadang, rasa malas datang membuat kita urung Sholat Tahajud.

Dream - Sholat Tahajud termasuk amalan sunah yang sangat dianjurkan. Sholat ini dapat menjadi perantara kita lebih dekat kepada Allah. Sebabnya, Sholat Tahajud dilaksanakan di sepertiga malam terakhir. Sedangkan waktu tersebut adalah saat dikabulkannya doa.

Tetapi, bangun malam bukan perkara mudah bagi sebagian dari kita. Rasa kantuk kerap menjadi penghalang kita melaksanakan sholat malam. Pun ketika terbangun, rasa malas langsung datang. Alhasil, kita urung melaksanakan sholat malam.

Agar ketika terbangun di malam hari muncul semangat melaksanakan Sholat Tahajud, dianjurkan membaca doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Bangun Malam

Doa Semangat Bangun Malam© Dream.co.id

Alhamdulillahil ladzi ahyani ba'da idz tawaffaani wa ilaihin nusyur.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah, Dzat yang telah menghidupkan aku setelah Dia mewafatkan aku, dan kepada-Nya tempat kembali."

Keutamaan Sholat Malam

Keutamaannya sangat luar biasa, yang membuat kita seharusnya termotivasi untuk membiasakan diri mengamalkannya. Berikut ini keutamaan dari Sholat malam atau tahajud.

1. Kedudukan Terpuji

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Isra ayat 79:

“ Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79)

2. Kunci Masuk Surga

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“ Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah)

3. Sholat Sunnah Paling Utama

Sholat tahajud yang juga disebut qiyamul lail atau sholat lail merupakan sholat sunnah yang paling utama. Sebagaimana sabda Rasulullah:

“ Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR. An Nasa’i)

4. Kemuliaan dan Kewibawaan

Selain mendapatkan kedudukan mulia di akhirat kelak, orang-orang yang ahli shalat tahajud juga akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia. Allah akan memberinya kemuliaan dan kewibawaan.

“ Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

5. Doanya Dikabulkan

Orang yang mengerjakan sholat tahajud kemudian berdoa, insya Allah doanya dikabulkan Allah. Apalagi jika ia melakukannya di sepertiga malam yang terakhir.

6. Kebiasaan Orang Shalih

Sholat ini merupakan kebiasaan orang-orang shalih terdahulu. Maka siapa yang saat ini senantiasa mengerjakannya, maka ia pun tercatat sebagai orang-orang yang shalih sebagaimana mereka.

“ Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang shalih sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad)

7. Penghapus dan Pencegah Dosa

Setiap orang pasti memiliki dosa. Dosa-dosa yang kecil bisa berguguran dengan menjalankan sholat sunnah ini sebagaimana hadits di atas. Yang lebih istimewa lagi, tahajud juga bisa mencegah seseorang dari perbuatan dosa.

Orang yang melazimkan tahajud akan mendapatkan taufiq dari Allah Subhanahu wa Ta’ala sehingga dirinya terjauhkan dari maksiat dan dosa.

8. Menolak Penyakit

Di antara keutamaan tahajud adalah menolak penyakit. Dengan izin Allah, orang-orang yang mengamalkan shalat sunnah ini akan dijaga kesehatannya dan dijauhkan dari penyakit. Keutamaan ini telah terbukti secara medis.

9. Menenangkan Hati

Al-‘Allamah Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan,

“ Cobalah renungkan bagaimana Allah membalas shalat malam yang mereka lakukan secara sembunyi dengan balasan yang Ia sembunyikan bagi mereka, yakni yang tidak diketahui oleh semua jiwa. Juga bagaimana Allah membalas rasa gelisah, takut dan gundah gulana mereka di atas tempat tidur saat bangun untuk melakukan shalat malam dengan kesenangan jiwa di dalam Surga.”

Dipelihara oleh Allah dari Segala Macam Bencana Rasulullah SAW, yang bersabda: “ Barangsiapa melaksanakan sholat tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan: 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”

Adapun lima keutamaan di dunia itu adalah akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana, tanda ketaatannya akan tampak kelihatan di mukanya, akan dicintai para hamba Allah yan shaleh dan dicintai oleh semua manusia, lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah dan akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama”.

10. Meningkatkan Takwa

Di antara beragam keutamaan sholat tahajud ialah melatih diri kita agar menjadi insan yang bertakwa. Dengan rutin menegakkan amalan sunah itu, insya Allah kita menjadi hamba-Nya yang saleh.

Rasul SAW bersabda, “ Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala penyakit dari tubuh.” Allah Ta’ala menjanjikan bermacam-macam nikmat yang menyenangkan hati sebagai balasan bagi orang yang melaksanakan shalat tahajud (QS as-Sajdah: 16-17). Pelaku amalan sunah tersebut juga akan diangkat derajatnya dalam pandangan Allah SWT (QS al-Isra’: 79).

11. Terkabulnya Doa

Rasulullah SAW menuturkan, “ Ketahuilah, sungguh Allah tertawa terhadap dua orang laki-laki: seseorang yang bangun pada malam yang dingin dari ranjang dan selimutnya, lalu ia berwudhu dan shalat. Allah SWT berfirman kepada para malaikat-Nya, ‘Apa yang mendorong hamba-Ku melakukan ini?’ Mereka menjawab, ‘Wahai Rabb kami, ia melakukan ini karena mengharap apa yang ada di sisi-Mu.’ Allah berfirman, ‘Sungguh Aku telah memberikan kepadanya apa yang ia harapkan dan memberikan rasa aman dari apa yang ia takutkan.’”

Nabi SAW juga bersabda, “ Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman, ‘Barangsiapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaannya. Dan barangsiapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.’”

13. Kebaikan di Dunia-Akhirat

Rasulullah SAW mengungkapkan, “ Sungguh pada malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang Muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan waktu tersebut ada pada setiap malam” (HR Muslim).

Demikianlah beberapa dari banyak keutamaan sholat tahajud. Ibadah ini dapat dilakukan di masjid ataupun rumah masing-masing. Terutama yang sudah berkeluarga, hendaknya membiasakan tahajud bersama-sama. Wahai para suami, ajaklah istri shalat! Jika ia menolak dengan alasan di luar uzur syar’i, percikkan air di tubuhnya. Para istri juga dapat melakukan hal yang sama kepada suami (HR Nasai dari Abu Hurairah).

© Dream
2 dari 5 halaman

Doa Agar Menjadi Golongan yang Menjaga Sholat

Dream - Sholat menjadi ibadah inti dalam Islam. Dalam satu hari, seorang Muslim diharuskan menjalankan sholat wajib lima kali.

Sayangnya, mungkin ada dari kita yang belum menjalankan secara penuh. Meski bukan hal yang dibenarkan, kebanyakan mereka beralasan lalai melaksanakan sholat karena kesibukan yang menyita waktu. Perintah sholat ditetapkan Allah SWT kepada Nabi sebelum Rasulullah Muhammad SAW. Tetapi, pelaksanaan serta gerakannya berbeda dengan apa yang diwajibkan kepada umat Islam.

Bagi umat Islam, ketentuan mengenai sholat ditetapkan lima kali dalam sehari. Gerakannya meniru apa yang diajarkan Rasulullah SAW. Apapun kondisinya, keputusan meninggalkan sholat karena kesibukan atau waktu tak bisa dibenarkan. Agar senantiasa kita terjaga dalam menunaikan ibadah utama ini dianjurkan membaca doa yang diajarkan Nabi Ibrahim AS agar kita dan keturunan kita menjadi orang-orang yang menjaga sholat.

 

3 dari 5 halaman

Doa Menjaga Sholat

Doa menjaga sholat© Dream.co.id

Rabbij'alni muqimash sholati wa min dzurriyati, rabbana wa taqabbal du'a.

Artinya,

" Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan sholat, ya Tuhan kami, kabulkanlah doaku."

© Dream
4 dari 5 halaman

Doa Mendapat Hantaran Makanan Dari Orang Lain

Dream - Silaturahmi menjadi tradisi umat Islam di bulan Syawal. Mereka berkunjung ke sanak saudara dan handai taulan untuk menguatkan ikatan persaudaraan. Ada tradisi lain yang juga dilakukan masyarakat untuk merayakan Idul Fitri. Tradisi tersebut yaitu berbagi kebahagiaan lewat hantaran makanan.

Pada masyarakat yang tinggal di daerah, terdapat hari khusus untuk menghantar makanan. Biasanya pada hari ketujuh setelah Idul Fitri. Hari itu biasa disebut dengan Lebaran Ketupat. Pada hari tersebut, masyarakat saling mengantarkan ketupat dan sayur lodeh kepada tetangga.

Hal ini menjadi kebahagiaan tersendiri, khususnya bagi umat Islam di daerah. Ketika menerima hantaran makanan dari orang lain, dianjurkan membalas kebaikannya dengan membacakan doa ini.

 

 

5 dari 5 halaman

Doa Menerima Hantaran Makanan

Doa Menerima Hantaran© Dream.co.id

Allahumma barik lahum fima rozaqtahum waghfirlahum warhamhum.

Artinya,

" Ya Allah, berilah keberkahan atas apa yang Engkau rezekikan pada mereka, ampunilah dan kasihanilah mereka."

© Dream
Beri Komentar