IDCreativeWeek: Perbedaan Bukan Kompetisi Tapi Kolaborasi

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 24 September 2019 20:19
IDCreativeWeek: Perbedaan Bukan Kompetisi Tapi Kolaborasi
Saksikan IDCreative Week ada Oktober nanti!

Dream - Sebagai upaya mendukung industri kreatif Indonesia, Jakarta Fashion Week (JFW), Brightspot, dan Ideafest meluncurkan gerakan Indonesia Creative Week (IDCWeek).

Tahun ini, gerakan IDCWeek muncul dengan sesuatu yang baru dengan mengajak Jakarta Culinary Festival (JCF) sebagai mitranya dan memberikan warna baru pada acara IDCWeek 2019.

Pada acaranya Oktober nanti, Jakarta Culinary Festival akan menampilkan puluhan tenant yang meliputi restoran, coffee shop, kafe dan booth alat memasak serta 49 figur ternama di industri kuliner Asia.

“ Jadi awalnya kami bertiga memiliki acara di bulan yang sama, lalu muncul ide kenapa tidak kita bikin jadi satu acara. Ini harusnya bukan jadi kompetisi, kita jadikan ini sebagai sebuah kolaborasi,” ujar Svida Alisjahbana, Chairwomen Jakarta Fashion Week dan CEO GCM Group pada acara Konfrensi Pers Indonesia Creative Week di Jakarta, Selasa, 24 September 2019.

1 dari 3 halaman

Tema JFW 2019

Tahun ini JFW sendiri akan mengusung tema #MerayakanIndonesia dalam gelarannya.

“ Maksud (dari tema tersebut) adalah kita angkat identitas negara melalui pengembangan potensi kreativitas, merayakan keberagaman talenta Indonesia, merayakan berbagai variasi intepretasi fusi antara warisan budaya Indonesia dengan kultur Indonesia," kata Svida.

" Sekarang Indonesia lagi banyak masalah rasis dan kecurigaan, melalui fashion kita rayakan kesatuan Indonesia,” tambahnya.

2 dari 3 halaman

Berbeda tapi Satu Tujuan

Sama dengan JFW, Brightspot juga memiliki visi sama yaitu mengembangkan industri kreatif Indonesia terutama dari segi promosi.

Platform ini telah terbukti dalam mengembangkan karya entrepreneur muda, industri bidang fashion, musik, seni, sampai mengadah pada bisnis produk lokal.

 IDCreative WeekIDCreative Week © dream.co.id/Anya

Foto: IDCreative Week/Dream.co.id-Anya

Lain halnya dengan IdeaFest yang merupakan platform pertukaran ide.

Acara ini terdiri dari puluhan kelas, seminar dan industri kreatif. Menurut Ben Soebiakto selaku Co-Chairman IdeaFest, tahun ini IdeaFest akan berbeda karena menambahkan musik festival dalam rangkain acaranya.

“ Pertumbuhan industri kreatif kian positif mendorong munculnya sumber daya manusia yang unggul dan sukses dalam mengharumkan nama Indonesia. Hal ini yang menginspirasi tema besar kami, yaitu Age of Pride,” ujar Ben.

3 dari 3 halaman

Catat Tanggal dan Tempatnya

Serentak, helatan ini Brightspot, IdeaFest dan Jakarta Culinary Festival dilakukan pada tanggal 3-6 Oktober 2019, sementara JFW akan berlangsujg pada 19-25 Oktober 2019.

 JCFJCF © Instagram.com/jakartaculinaryfeastival

Foto: Instagram.com/jakartaculinaryfeastival

Seluruhnya akan berlangsung di Senayan City, Jakarta. Sahabat Dream siap hadir?

Laporan: Razdkanya Ramadhanty

Beri Komentar
Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak