Konser Amal dan Virtual Bike 2020 Bareng BCL

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 28 September 2020 09:43
Konser Amal dan Virtual Bike 2020 Bareng BCL
Acara ini untuk memperingati Hari Jantung Sedunia 2020.

Dream - Penyakit jantung (kardiovaskular) masih merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia.

Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit jantung telah memakan korban sebanyak 17.9 juta orang setiap tahunnya.

Di Indonesia, penyakit jantung juga masih menjadi penyebab kematian tertinggi sehingga seluruh masyarakat perlu mengambil peran dalam upaya tindakan pencegahan.

Tiap 29 September diperingati sebagai Hari Jantung Sedunia. Diperingatinya Hari Jantung Sedunia ini, merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah.

1 dari 5 halaman

BCL© KLY

Turut memperingati, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) menyelenggarakan konser amal virtual Bunga Citra Lestari (BCL) Use Heart To Beat Heart Disease dan kegiatan funbike yang diberi tajuk Virtual Indonesia Heart Bike 2020: Use Heart To Beat Heart.

“ Penyakit jantung dan kardiovaskular masih menduduki peringkat paling atas sebagai penyebab kematian baik itu di Indonesia maupun di dunia. Tahun ini YJI menggelar kegiatan berupa konser amal BCL Use Heart To Beat Heart Disease dan Virtual Indonesia Heart Bike 2020: Use Heart To Beat Heart," ujar Esti Nurjadin selaku Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia dalam virtual press di Zoom, Jumat, 25 September 2020.

" Konser amal ini sendiri dibuat sebagai penggalangan dana untuk biaya operasi anak-anak dengan penyakit jantung bawaan dari keluarga yang tidak mampu," jelasnya.

2 dari 5 halaman

Ada 2 kategori tiket

BCL© KLY

Virtual Indonesia Heart Bike 2020 diselenggarakan sebagai ajakan untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara tetap beraktivitas fisik, seperti berolahraga di tengah pandemi tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan serta pembatasan sosial yang ketat.

Di acara ini, BCL akan membawakan 9 buah lagu serta akan menampilkan Vidi Aldiano dan Duta Yayasan Jantung Indonesia Mikha Tambayong. Donasi sekaligus pembelian tiket konser amal virtual BCL Use Heart To Beat Heart Disease mudah didapat. 

Ada dua kategori tiket donasi yaitu donasi reguler seharga Rp75 ribu dan donasi VIP seharga Rp250 ribu.

Selain itu, BCL juga akan menggalang donasi tambahan secara interaktif dan akan dibuka selama konser berlangsung.

3 dari 5 halaman

Acara tahun ini berbeda

Ilustrasi© Shutterstock

Masih dalam rangka menyambut Hari Jantung Sedunia, YJI akan menyelenggarakan kegiatan Virtual Indonesia Heart Bike 2020: Use Heart To Beat Heart.

Kegiatan ini adalah kegiatan funbike kali kedua setelah kegiatan Jakarta Heart Bike 2019 yang diselenggarakan sebagai puncak perayaan Hari Jantung Sedunia tahun 2019.

Jika tahun kemarin kegiatan funbike ini dilakukan secara massal dengan rute yang ditentukan sejauh 25 kilometer, tahun ini kegiatan Indonesia Heart Bike 2020 akan dilakukan secara virtual di seluruh Indonesia dan terdapat beberapa jenis kategori jarak tempuh yang dapat dipilih oleh peserta.

“ Meski dalam kondisi sudah diterapkan di era normal baru ini, olahraga merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Ada banyak sekali manfaat yang didapat jika tubuh kita tetap aktif selama masa pembatasan sosial ini salah satunya adalah mengurangi resiko penyakit jantung," ujar Mela Sabina selaku Ketua Penyelenggara Virtual Indonesia Heart Bike 2020.

 

4 dari 5 halaman

" Namun perlu diingat bahwa kita tetap harus dengan pembatasan sosial, protokol kesehatan yang ketat, juga dilakukan secara mandiri atau tidak dilakukan secara berkerumun," tambah Mela.

Diketahui, Virtual Indonesia Heart Bike 2020: Use Heart To Beat Heart merupakan salah satu komitmen YJI, untuk terus memberikan kampanye meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki dan mempertahankan gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah.

Tak ketinggalan sosok yang sangat menginspirasi semua kaum milenial yaitu Sandiaga Salahudin Uno yang juga hadir mengampanyekan acara ini.

" Saya yakin World Heart Day dan Virtual Bike akan menjadi satu milestone karena berlangsung ditengah pandemi, ini menjadi wakeup call juga bagi kita semua untuk bergaya hidup sehat," ujar Sandiaga.

 

5 dari 5 halaman

Yuk ikutan!

Kegiatan Virtual Indonesia Heart Bike ini didukung penuh oleh Raja Sapta Oktohari selaku Ketua Umum PB ISSI, Sandiaga Uno beserta Nur Asia Uno, Reza Pusponegoro selaku Founder IndoRunners, dan juga pembalap profesional kebanggaan Indonesia Rio Haryanto.

Informasi lebih lanjut dan pendaftaran kepesertaan dapat dilihat di www.indonesiaheartbike.com.

Seluruh peserta yang berhasil menyelesaikan jarak di tiap kategori yang diikuti akan mendapatkan berbagai hadiah menarik, di samping banyaknya hadiah hiburan lainnya yang juga akan diberikan kepada peserta Virtual Indonesia Heart Bike 2020.

Sebagai pemrakarsa kegiatan ini, YJI juga didukung PT Omron Healthcare Indonesia sebagai sponsor resmi.

(Laporan: Savina Mariska)

Beri Komentar