Benarkah Makanan Bisa Membawa Virus Corona?

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Senin, 23 Maret 2020 10:00
Benarkah Makanan Bisa Membawa Virus Corona?
Wabah Covid-19 membuat banyak orang khawatir.

Dream - Instruksi ketat untuk karantina diri telah disahkan di sebagian besar negara terjangkit virus corona (Covid-19). Hal itu guna mengendalikan angka kasus penularan yang semakin meningkat.

Sejumlah kekhawatiran turut hadir di tengah pandemi corona. Salah satunya kabar bahwa Covid-19 dapat menyebar melalui makanan.

Para peneliti di Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) mengatakan bahwa meskipun virus itu kemungkinan telah menyebar dari hewan, virus hanya menyebar melalui kontak manusia. Teptnya lewat percikan yang dikeluarkan mulut saat bersin atau batuk.

Selama makanan yang dikonsumsi tidak terpapar oleh percikan orang yang sakit, makanan tersebut aman untuk dikonsumsi. Oleh karena itu penting untuk menjaga jarak antar sesama terutama ketika makan.

1 dari 2 halaman

Kontaminasi Lewat Peralatan Makan

 Peralatan Makan© Foto: Shutterstock

Dilansir oleh Times of India, penularan juga dapat terjadi karena memakai peralatan makan yang digunakan oleh orang yang terinfeksi seperti sendok, gelas, piring, sumpit dan lainnya.

Seperti diketahui, gerbang termudah bagi virus ini untuk masuk ke tubuh adalah melalui mata, mulut dan hidung. Itulah sebabnya anjuran mencuci tangan secara teratur dan menjauhkan tangan dari wajah diprioritaskan oleh WHO.

2 dari 2 halaman

Konsumsi Daging Unggas

Direktur Institut Ilmu Kesehatan Seluruh India (AIIMS) juga telah berbicara mengenai konsumsi unggas. Jika dibuat dalam kondisi bersih dan higienis, unggas tidak akan membahayakan.

" Sebagai tindakan pencegahan kesehatan umum, semua jenis daging harus dicuci dan dimasak dengan benar, termasuk unggas." katanya.

 Masakan Ayam© Foto: Shutterstock

Banyak organisasi dan pusat penelitian seperti Otoritas Keamanan Pangan Eropa telah bekerja keras dalam hal ini. Mereka menyebutkan bahwa saat ini tidak ada bukti bahwa makanan adalah salah satu sumber penularan Covid-19.

Meski begitu para ahli menyarankan untuk tidak mengonsumsi makanan dari luar. Makanan yang dimasak di rumah biasanya jauh lebih higienis.

Disarankan juga untuk tidak pergi ke tempat keramaian. Menetap di dalam rumah adalah salah satu cara termudah untuk mencegah penularan virus corona.

Laporan: Raissa Anjanique

Beri Komentar