Bilik Transparan di Kampung Mandar, Spot Kuliner Seru di Banyuwangi

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 28 Juli 2020 11:12
Bilik Transparan di Kampung Mandar, Spot Kuliner Seru di Banyuwangi
Mereka yang datang bisa duduk di bilik transparan dengan kapasitas tempat duduk untuk satu keluarga,

Dream - Menyantap hidangan spesial sambil menikmati pemandangan indah saat ini memang sulit untuk dilakukan. Pandemi membuat kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan memesan makanan.

Bagi kamu pemburu kuliner istimewa ada spot baru yang bisa didatangi di Banyuwangi, yaitu Ikan Bakar Pondok Terawang, Kampung Mandar, Kecamatan Kota Banyuwangi. Tempat makan ini membangun bilik khusus yang transparan sehingga para pengunjung bisa sambil menikmati pemandangan muara sungai Pantai Boom yang menjadi tempat perahu perahu nelayan bersandar.

Bilik Kuliner Transparan Banyuwangi© Merdeka.com

Konsep tempat makan dengan bilik transparan ini terinspirasi dari restoran ikonik di Belanda, Mediamatic Eten. Bilik ini diterapkan dengan physical distancing protokol kesehatan pencegahan Corona (Covid-19)

 

1 dari 4 halaman

Resto Pinggir Sungai

Mereka yang datang ke pondok Ikan Bakar bisa duduk di bilik transparan dengan kapasitas tempat duduk untuk satu keluarga, 2 sampai 4 orang. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, konsep rumah rumah kaca transparan tersebut merupakan langkah baru di era new normal yang meniru model restoran di Belanda.

Bilik Kuliner Transparan Banyuwangi© Merdeka.com

" Tren orang ke Banyuwangi tinggi meski di tengah Covid-19, tapi risikonya tinggi kalau risikonya tidak dijaga. Ini adalah contoh restoran di pinggir sungai di Belanda, sekarang di-copy di Kampung Mandar. New normal orang bisa makan ikan bakar, sekaligus bisa mendapatkan tempat untuk pengalaman ya, new normal tapi keren," kata Anas, dikutip dari Merdeka.com.

 

2 dari 4 halaman

Physical Distancing

Sementara itu, Camat Kota Banyuwangi, Muhammad Lutfi mengatakan, berdirinya rumah makan Pondok Terawang merupakan hasil kerjasama antara Kecamatan Kota, Bank Jatim dan masyarakat Kampung Mandar.

Ikan Bakar Banyuwangi© Merdeka.com

Langkah tersebut kata Lutfi bakal menjadi model untuk warung-warung makan yang ada di Kampung Mandar agar turut menerapkan disiplin physical distancing. Saat ini di Kampung Mandar masih terdapat 10 bilik transparan steril untuk menikmati ikan bakar dengan aman dan nyaman.

" Insyaallah dari pagu indikatif (perkiraan pagu anggaran) kecamatan, warung-warung ini sudah sama semua. Alhamdulillah semakin hari semakin ramai di tempat ini, tentunya kita jaga dengan protokol Covid-19 agar tidak ada penularan," jelasnya.

Laporan Muhammad Ulil/ Sumber: Merdeka.com

3 dari 4 halaman

Wah, Ayu Dewi Buka Restoran Oriental di Masa New Normal

Dream - Pandemi covid-19 sangat berdampak pada bisnis, termasuk kuliner dan restoran. Banyak tempat makan yang akhirnya tutup karena kondisi ekonomi masyarakat sedang turun karena pandemi.

Rupanya Ayu Dewi mengambil langkah nekat. Bersama sang suami, Regi Datau, ia malah membuka restoran oriental. Hal ini diketahui dari unggahan Ayu di akun Instagram pribadinya @mrsayudewi.

Restoran Ayu Dewi© Instagram

" Welcoming all of you to our NEW RESTAURANT. Walaupun buka-nya di era new normal, smoga tetep bisa memberikan kebahagiaan buat orang banyak daan jadi sarana lapangan kerja utk yang membutuhkan. Yuuuk , mampir ke restoran kita-kita @twelvejkt,"  tulisnya.

 

4 dari 4 halaman

Hidangan Oriental

Restoran bernama Twelve Jakarta yang berlokasi di Menteng Jakarta Pusat berdesain mewah dan kental dengan nuansa oriental. Didominasi warna merah dan emas, tampaknya berkonsep restoran keluarga.

Bebek Peking Twelve Jakarta© Instagram

(Foto: Twelve Jakarta)

Menu-menunya juga berupa hidangan oriental, seperti dimsum dan bebek peking. Terlihat sangat menggoda, Sahabat Dream. Mungkin kamu penasaran mencicipinya.

Semoga sukses bisnis kulinernya, bu Ayu Dewi!

Beri Komentar