Cara Mengupas Nangka Biar Tak Lengket, Layak Dicoba

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 4 Februari 2021 13:14
Cara Mengupas Nangka Biar Tak Lengket, Layak Dicoba
Buah ini cukup sulit untuk dipotong karena getahnya yang sangat lengket.

Dream - Buah nangka memiliki rasa yang begitu nikmat. Manis, legit dengan tekstur yang kenyal. Bisa dimakan langsung atau dicampur dengan makanan lain seperti es, kue atau camilan.

Bila mendapati nangka masih dalam kondisi utuh, kita cenderung malas untuk mengolahnya. Pasalnya, buah ini cukup sulit untuk dipotong karena getahnya yang sangat lengket dan seratnya yang tebal.

Ada berapa cara memotong buah nangka tanpa membuat tangan lengket. Mungkin bisa Sahabat Dream terapkan saat harus mengolah nangka utuh. Ikuti saja triknya.

1. Taruh beberapa kertas maupun kertas tisu di meja agar getah yang dikeluarkan tak mengotori meja dapur. Oleskan minyak secukupnya pada tangan dan pisau untuk menghindari getah menempel

2. Potong buah nangka dari tengah jadi dua bagian. Bersihkan getah lengket yang menempel pada pisau dan tangan menggunakan tisu

3. Potong buah nangka jadi empat bagian. Jangan lupa untuk selalu mengoleskan minyak di tangan ataupun pisau. Kalau getah lengket nangka keluar berlebih, bersihkan dengan kertas tisu

 

1 dari 4 halaman

4. Ambil seperempat bagian, cari bagian yang busuk atau lunak kemudian potong dan sisihkan

5. Bagian tengah buah nangka tak bisa dimakan. Jadi, bisa langsung memotong dan membuangnya

Nangka© Shutterstock

6. Pegang dan putar bagian penutup biji yang berdaging, potong bagian dasar kulit. Proses ini akan membuat biji nangka terlihat dengan mudah. Biji nangka sendiri bisa diolah kembali jadi makanan lezat. Bisa dengan direbus atau dipanggang.

7. Jika buah nangka sudah matang, perlu memotong bagian tengah buah nangka. Hal itu untuk mempermudah mengambil daging buah dan menghilangkan serat-serat yang menempel

Laporan Melia Setiawati/ Sumber: Liputan6.com

2 dari 4 halaman

Uniknya Sajian Kopi Latte dalam Buah, Mau Coba?

Dream - Coffee latte bukan hanya terkenal dengan rasanya yang nikmat, tapi juga tampilannya yang memikat. Biasanya, campuran krim susu dibuat berbagai bentuk menarik oleh barista.

Latte lalu disajikan dalam cangkir kopi berukurang sedang. Pernah membayangkan kalau kopi yang dicampur dengan krim susu ini disajikan dalam gelas buah asli? Locals Corner, salah satu restoran di Australia membuat terobosan unik.

Wortel Latte© Instagram Locals Corner

Kopi latte mereka bukan hanya bisa disajikan di gelas tapi juga bisa dalam wortel, apel hingga jeruk. Rasa dan aroma kopi latte pasti akan bercampur dengan buah tersebut dan memunculkan keunikan.

Latte jeruk© Instagram Locals Corner

Locals Corner ini memang cukup terkenal dengan sajian hidangannya yang menggunakan bahan-bahan pangan organik. Terlihat dari akun Instagram @locals_corner, makanan-makanan yang disajikan selalu menggunakan sayuran dan buah sebagai bahan utamanya.

Selengkapnya baca Diadona.id

3 dari 4 halaman

Bekukan Kopi Jadi Es Batu, Sajikan dengan Berbeda

Dream - Kopi dingin memang jadi minuman yang paling pas untuk menemani waktu bekerja saat di rumah. Terutama saat cuaca panas, dan kita harus tetap fokus menyelesaikan pekerjaan.

Jika selama ini Sahabat Dream biasanya membuat kopi dingin yang dicampur susu seperti biasa, bagaimana kalau menyajikannya dalam bentuk es batu. Kopi hitam yang dibentuk es batu lalu dimasukkan ke dalam susu, rasanya akan sangat berbeda.

Cocok bagi kamu yang ingin minuman ala kafe di rumah. Untuk membuatnya sangat mudah. Bikin saja kopi hitam seperti biasa, bisa ditambah gula, perisa karamel, hazelnut, vanila atau hanya kopi saja, tergantung selera.

Kopi es batu© Shutterstock

Setelah kopi dingin, masukkan dalam cetakan es batu. Lebih baik membuatnya dalam jumlah banyak. Masukkan dalam 2 atau 4 cetakan. Keesokan harinya, tinggal menikmati es kopi tersebut.

Caranya, dengan menuang susu lebih dulu. Akan lebih baik susu tawar atau plain, baru kemudian masukkan 3-4 es batu dari kopi. Bisa juga tambahkan bubuk cokelat atau karamel untuk menambah rasa.

Mudah, bukan? Sajian kopi jadi lebih segar dan terasa karena sensasi dinginnya berasal dari kopi yang dibekukan.

4 dari 4 halaman

Charcoal Latte, Versi Cantik dari Kopi Joss

Dream - Bagi Sahabat Dream yang suka makan di angkringan, pasti sudah tak asing lagi dengan minuman Kopi Joss. Kopi hitam yang dicampur dengan arang membara. Rasa kopinya memang jadi sangat berbeda.

Ada smokey flavor yang unik dan memperkaya rasa asli kopi. Ada juga nih, versi cantik dari Kopi Joss yaitu Charcoal Latte. Jadi tren di Inggris beberapa tahun lalu, Charcoal Latte merupakan minuman yang merupakan campuran dari espresso, arang, milk foam dan sedikit gula.

Charcoal Latte, Versi Cantik dari Kopi Joss© MEN

Warnanya hitam pekat dengan aroma asap yang kuat. Minuman ini terlihat apik dengan hiasan dari foam berbentuk bunga di atasnya. Rasanya cukup unik, ada rasa kopi, smokey dari arang dan sentuhan creamy dari milk foam.

Charcoal Latte rupanya mencuri perhatian karena dianggap bisa memiliki manfaat bagi kesehatan. 

Beri Komentar